Macam-Macam Penyakit Kulit yang Harus Anda Ketahui


Macam-Macam Penyakit Kulit yang Harus Anda Ketahui
Macam-Macam Penyakit Kulit. Ada macam-macam jenis penyakit kulit yang bisa saja menyerang kita semua. Tingkat keganasannya pun beragam satu sama lainnya, dari yang biasa sampai yang mematikan. Contohnya mulai dari penyakit panu sampai penyakit kulit lainnya yang sulit disembuhkan. Seperti yang kita ketahui kebanyakan orang menganggap penyakit kulit itu biasa, kita pun tidak mungkin percaya penyakit kulit dapat mematikan penderitanya. Mengapa demikian? Kulit merupakan lapisan pertahanan pertama ketika bakteri dan virus menyerang tubuh kita. Sebagai contoh yang sangat sederhana, coba anda perhatikan ketika berada dibawah sinar natahari dan kulit terkena sinar matahari dalam waktu cukup lama maka biasanya kulit tersebut akan melakukan reaksi dan mempengaruhi organ tubuh yang lainnya juga.
 
Fungsi kulit selain sebagai pertahanan tubuh pertama dari bakteri dan virus, kulit juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil walau diwilayah yang ekstrim dan merupakan alat untuk mengeluarkan kotoran-kotoran melalui keringat. Gangguan yang dapat terjadi pada kulit  bisa sangat merepotkandan menghambat kegiatan kita. Gangguan seperti ini pun dapat terjadi karena berbagai macam sebab contohnya seperti cuaca yang tak menentu, kebiasaan hidup yang kurang sehat, lingkungan tempat tinggal kita sendiri, alergi dan masih banyak lagi penyebab kita terkena penyakit kulit. Berikut ini adalah beberapa macam penyakit kulit yang mungkin anda telah mengetahuinya.

  

Macam Penyakit Kulit

Dermatitis
Penyakit dermatitis atau bisa disebut juga eksim memiliki gejala utama jika yang dirasakan penderita adalah pada kulit terasa gatal yang berlebihan. Setelah hal itu terjadi penderita akan merasakan kulit mulai memerah, pecah-pecah, dan kulit menjadi kasar/bersisik serta timbulnya gelembung-gelembung kecil dan mengandung air dan nanah. Kebanyakan orang yang paling sering terkena penyakit dermatitis adalah pada bagian telinga, tangan, kaki, dan lipatan paha.

Penyakit seperti ini lebih sering disebabkan oleh alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu yang bisa jadi penyebab timbulnya penyakit kulit tersebut. Contoh zat-zat yang bisa jadi penyebab timbulnya penyakit dermatitis antara lain ditemukan di detergen, obat-obatan, kosmetik, dan sabun serta kepekaan terhadap makanan tertentu seperti, ikan laut, udang, vetsin, dan telur. Dan bisa juga berasal dari serbuk sari tamanan, rangsangan, iklim, debu, dan gangguan emosi.

Bisul
Bisul adalah penyakit  kulit berupa benjolan, berwarna merah dan akan terus membesar. Benjolan bisul tersebut berisikan nanah, yang penderitanya akan merasa berdenyut didaerah bisul tersebut, terasa panas, dan bisul bisa tumbuh di hampir semua kalangan usia dan di semua bagian tubuh. Tetapi umumnya lebih sering tumbuh di bagian tubuh yang lembab seperti  di daerah sela bokong, lipatan paha, leher, kepala dan ketiak.

Bisul bisa terjadi disebabkan karena infeksi bakteri Stafilokokus Aureus dikulit lewat Folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak,yang bisa menimbulkan infeksi lokal. Factor ang bias mempegaruhi tingkat risikonya terkena bisul adalah kebersihan yang buruk, pelemahan diabetes, infeksi luka, kosmetik yang membuat pori tersumbat dan bahan kimia.

Campak
Campak merupakan penyakit yang mudah menular, penyakit yag ditularkan oleh virus ini mudah terinfeksi pada anak-anak. Gejala awal yang akan dirasakan oleh para penderita campak ialah demam, bersin yang berlebihan, pilek, pusing, lesu, nafsu makan hilang serta peradangan pada mata. Setelah merasakan gejala-gejala tersebut gejala selanjutnya adalah muncul bintik atau ruam merah yang terasa gatal dan menyebar keseluruh tubuh.

Melanoma
Melanoma dikaegorikan sebagai penyakit serius karena melanoma atau kanker kulit. Bisa beresikko menimbulkan kematian jika tidak di tanggulangi secara serius. Salah satu gejala melanoma adalah adanya tahi lalat yang membesar. Di samping mengalami perubahan warna pada kulit disekitar tahi lalat.

Kudis/Scabies
Kudis adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh parasit tungau yang gatal. Yang lebih beresiko tinggi terkena penyakit kudis adalah mereka yang tinggal didaerah kumuh dan tidak menjaga kebersihan tubuh. Gejalanya bisa terlihat dari rasa gatal yang hebat pada malam hari di daerah sekitar jari kaki, bawah ketiak, tangan, alat kelamin, pinggal dan lainnya.

Demikian adalah uraian beberapa macam penyakit pada kulit. Semoga dapat memberikan manfaat yang positif dan memberikan inspirasi untuk kalian agar dapat menjaga kesehatan dan manjalani pola hidup yang sehat. Agar terhindar dari segala penyakit, karena sehat itu mahal harganya. Baca apa sih penyebab gusi bengkak?

Berlangganan untuk email update gratis: