Macam-Macam Penyakit Tulang


Macam-Macam Penyakit Tulang
Macam-Macam Penyakit Tulang. Tulang adalah alat vital yang berfungsi sebagai pembentuk tubuh dan merupakan alat gerak pasif bagi tubuh. Apabila terjadi kelainan pada tulang maka kita akan mengalami disfungsi seperti tidak bisa berjalan, tidak bisa tegap dan lain sebagainya. Tulang juga mempunyai peranan penting untuk melindungi organ vital seperti otak yang dilindungi tulang tengkorak, jantung dan paru paru yang dilindungi oleh tulang rusuk dan dada.

Penyakit pada tulang biasanya tidak terdeteksi sebelum pada tingkat akut. Rasa sakit yang ditimbulkan sering disangka sebagai akibat kelelahan. Saat terdeteksi, penyakit tulang tersebut sudah berada pada tahap lanjut. Menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat adalah penting karena tanpa tulang kita tidak bisa bergerak. Berikut adalah macam macam penyakit tulang yang bisa timbul pada semua orang dan semua usia.

Penyakit Tulang

Osteoporosis
Penyakit tulang ini sering sekali ditemukan pada usia monopouse khususnya pada wanita. Namun demikian bukan berarti osteoporosis tidak bisa ditemukan pada wanita atau pria dalam usia produktif. Kelainan tulang ini mengakibatkan kekuatan tulang menurun atau keropos sehingga terasa sakit bila digunakan. Osteoporosis biasanya disebabkan karena kekurangan kalsium pada tulang. Semakin tua usia seseorang semakin menurun juga kepadatan tulang tingkat tertentu, kepadatan tulang mencapai titik kritis dan timbullah apa yang disebut osteoporosis.

Osteoporosis bisa dicegah dengan berolahraga secara teratur. Jalan adalah olahraga ringan namun berdampak besar pada kepadatan dan kesehatan tulang. Olahraga menguatkan tulang karena asupan gizi dan makanan saat melakukan olahraga juga terjaga. Minum susu juga bisa menguatkan tulang, bagi yang sudah terlanjur dalam kondisi osteoporosis dianjurkan mengkonsumsi kalsium, baik pil maupun susu, secara rutin.

Kelainan Pada Tulang Punggung
Kelainan pada tulang punggung bisa diakibatkan oleh posisi duduk yang kurang tepat, namun kelainan tulang ini juga bisa disebabkan karena faktor lain. Kelaianan tulang punggung dibagi menjadi tiga, yaitu:
  • Skoliosis adalah dimana posisi tulang punggung melengkung ke samping sehingga tubuh menjadi tidak simetris. Anak anak biasanya belajar dan duduk dnegan cara seperti ini. pertumbuhan tulang yang tidak normal bisa mengakibatkan skoliosis.
  • Lordosis adalah posisi tulang belakang yang melengkung ke depan. Orang yang mengalami lordosis akan membungkuk dan tidak nyaman. 
  • Kifosis adalah posisi tulang belakang yang melengkung ke belakang sehingga orang dnegan kelainan tulang punggung ini akan menengadah saat berjalan. 
Dokter ahli bedah saraf dan orthopedi akan menyarankan untuk opersi guna memperbaiki kondisi tulang punggung yang melengkung tersebut. Namun demikian, tindakan ini memerlukan baiaya yang mahal karena tulang punggung adalah tempat berbagai saraf pusat berada. Penuh resiko dan berbahaya.

Layuh Semu
Layuh semu adalah kondisi tulang tangan dan kaki yang kayu dan lemas sampai keadaan dimana tidak berfungsi sama sekali dan bisa menjalar ke seluruh tubuh. Layuh semu disebabkan karena infeksi sifilis dan berdampak buruk pada susunan cakra epifis. Layuh semu biasanya menyerang bayi dnegan riwayat orang tua yang terjangkit sifilis. Karenanya berhati hatilah dalam berhubungan intim karena infeksi penyakit kelamin ini bisa diturunkan dan berbahaya.

Osteomalacia
Osteomalacia adalah kondisi tulang yang lemah dan layu akibat kekurangan vitamin D. Tulang pada penderita osteomalacia juga mempunyai kondisi seperti osteoporosis yaitu tulang rkropos dan mudah patah.

Rickets
Rickets biasanya menyerang anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Rickets diakibatkan penumpukan kalsium pada tulang atau karena radiasi sinar matahari. Penumpukan kalsium ini bisa memicu kelainan tulang lebih lanjut dan membuat tulang membesar.

Osteomyelitis
Penyakit tulang yang satu ini disebabkan karena bakteri yang menyebar dan menyerang tulang sehingga mengurangi kekuatan tulang. Penderitanya akan sulit bergerak karena terasa layu dan lumpuh.
  
Kanker Tulang
Kanker tulang disebabkan karena pertumbuhan abnormal pada sel sel tulang. Sel sel ini tumbuh dan berkembang sehingga menyebar pada jaringan. Sifatnya patogen dan membahayakan. Kanker tulang biasanya diawali dengan rasa nyeri yang lambat laun tidak bisa ditahan lagi. Kanker tulang dibagi menajdi dua, kanker tulang primer dan sekunder.

Itulah macam-macam penyakit pada tulang yang bisa anda ketahui sebelum terjadi dan terlambat. Suka mengkosumsi ubi ungu? apa saja manfaatnya, baca: Manfaat Ubi Ungu.

Berlangganan untuk email update gratis: