Mencegah Penyakit Jantung dengan Benar


Mencegah Penyakit Jantung dengan Benar
Mencegah Penyakit Jantung dengan Benar. Jantung adalah salah satu organ yang vital dalam tubuh manusia, karena jantung adalah organ yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Maka itu bila organ yang satu ini bermasalah maka akan sangat berbahaya, bahkan penyakit jantung sering disebut-sebut sebagai pembunuh nomor 1 di dunia. Bila mendengar kata-kata seperti itu, pastilah anda merasa ngeri membayangkannya. Apalagi serangan jantung kadang terjadi tiba-tiba, dan sudah banyak yang meninggal karena serangan jantung yang mendadak. Orang yang terkena penyakit jantung dipastikan akan membutuhkan biaya yang banyak untuk penyembuhan penyakitnya. Kesehatan memang mahal harganya. Maka itu anda harus selalu menjaga kesehatan tubuh anda terutama kesehatan organ jantung. 


Mencegah Penyakit Jantung

Berikut ini adalah tips-tips untuk mencegah penyakit jantung sehingga kesehatan jantung akan tetap terjaga.
Berjemur di Pagi Hari
Matahari adalah sumber vitamin D yang mudah didapat. Berjemur di pagi hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D dapat membuat seseorang beresiko terkena penyakit jantung.

Tertawa
Sering-seringlah melakukan kebiasaan yang membuat anda tertawa seperti menonton film lucu atau mendengar humor dari teman. Dengan tertawa, stres akan berkurang dan aliran darah dalam pembuluh akan lebih tenang. Dengan begini maka resiko penyakit jantung akan berkurang jika anda sering tertawa.

Makan Coklat
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, terbukti bahwa orang yang suka makan coklat 37% memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung. Tapi syaratnya, coklat yang dikonsumsi harus mengandung 70% cacao.

Pergi Berlibur
Pergilah berlibur ke pantai ataupun pegunungan. Pergi berlibur minimal dua kali dalam setahun akan sangat menyenangkan, selain itu berlibur juga kegiatan yang baik bagi jantung.

Menjaga Kesehatan Gigi
Bila anda memiliki masalah dengan gigi seperti infeksi yang menyerang gusi, dapat memicu inflamasi dalam pembuluh darah . kondisi ini sudah dibuktikan dengan  penelitian yang bisa  memicu penyakit kardiovaskular. Jadi jagalah kesehatan gigi anda untuk mencegah penyakit jantung.

Tidur Cukup
Tidurlah minimal 8 jam setiap harinya. Penelitian telah membuktikan, orang yang tidur kurang drai 6 jam mempunyai resiko dua kali lipat terkena penyakit jantung.

Minum Teh Hijau
Sering-seringlah meminum teh hijau, karena teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk menjaag kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah. Cobalah meminum 2 cangkir  teh hijau tanpa gula setiap harinya. Ini terbukti berguna untuk melindungi kesehatan jantung.

Hentikan Konsumsi Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji dapat merusak kesehatan jantung, karena mengandung lemak jenuh, bahan pengawet, dan penguat rasa. Selain itu, makanan cepat saji juga dapat menimbulkan obesitas.

Makanlah Kacang-kacangan
Dengan memakan kacang-kacangan yang alami dan pastinya menyehatkan. Beberapa jenis kacang seperti kacang walnut dan almond dapat menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah. Konsumsilah sedikit kacang setiap hari untuk melindungi jantung.

Hindari Kebiasaan Merokok
Di setiap kemasan rokok, pasti tertulis peringatan “rokok dapat menyebabkan penyakit jantung”. Memang rokok banyak mengandung zat-zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan seperti penyakit jantung. Hindrailah kebiasaan merokok demi kesehatan tubuh anda.

Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol
Bila anda mempunyai kebiasaan meminum minuman beralkohol maka ini dapat merusak otot jantung anda. Kurangilah kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol demi kesehatan jantung anda.

Itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung. Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati. Selain tips yang sudah di paparkan di atas, jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi serta rajin berolahraga untuk selalu menjaga kesehatan jantung anda. Sebelum terlambat ada baiknya kamu ketahui apa itu Gejala dan Penyebab Penyakit AIDS dan HIV.

Berlangganan untuk email update gratis: