Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh. Buah melon adalah salah satu buah yang tanamannya merambat, buahnya berbentuk bulat dengan kulit buah yang kasar dan berwarna kehijauan. Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo ini termasuk dalam jenis labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah melon mempunyai tekstur daging bua yang lunak, berwarna putih atau ada juga yang bewarna orange. Buah ini biasanya bisa dimakan langsung setelah diiris daging buahnya, dijadikan campuran aneka minuman atau dibuat jus. 

Buah melon mulai masuk pasar Indonesia pada tahun 70-an. Dahulu buah ini dikatakan sebagai buahnya orang kaya karena harganya mahal dan buahnya masih langka. Namun saat ini, melon sudah dibudidayakan oleh orang Indonesia sehingga harganya relatif terjangkau dan tidak langka lagi. Sekarang buah ini bukan lagi “buahnya orang kaya”. 

Buah melon memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, dan vitamin C 74,7 mg.


Manfaat Buah Melon

Sebagai Anti Stroke dan Mencegah Serangan Jantung
Buah melon mengandung senyawa yang bersifat anti-koagulan yang dikenal dengan adenosine. Senyawa ini mampu menghentikan penggumpalan pada sel darah yang dapat menyebabkan serangan jantung ataupun stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga dapat mengurangi  resiko serangan jantung dan stroke.

Sebagai Anti Kanker 
Buah melon mengandung senyawa karatenoid yang tinggi. Maka itu buah ini memiliki manfaat mencegah sel kanker dalam tubuh. Bila anda mengkonsumsi buah melon secara teratur maka dapat mengurangi resiko terkena kanker paru-paru. Buah melon dapat membantu tubuh untuk melepas bibit-bibit yang berpotensi mendatangkan penyakit kanker.

Melancarkan Buang Air Besar 
Buah melon memiliki manfaat yang sama dengan buah pepaya. Serat yang terkandung dalam buah melon dapat membantu melancarkan buang air besar.

Sebagai Anti Aging
Buah melon mengandung senyawa kolagen yang dapat mengurangi efek penuaan kulit sehingga mampu mempertahankan elastisitas dan keremajaan kulit. Dengan begitu kulit akan tetap sehat dan cantik.  Kolagen juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Membantu Menjaga Organ Ginjal
Buah melon memiliki sifat diuretik yang membuat seseorang sering buang air kecil. Hal ini dapat membantu kerja organ ginjal. Melon juga bermanfaat melawan penyakit eksim berat dan asam urat, caranya dengan membuat minuman dari campuran buah melon dan perasan jeruk lemon dan diminum saat pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Mengatasi Panas Dalam
Buah melon dapat mengatasi gejala panas dalam. Melon memiliki kandungan air sebanyak 95% sehingga dapat memberikan efek sejuk bagi yang mengkonsumsinya. Buah melon mengandung vitamin A, B, dan C. Dnegan rajin mengkonsumsi melon maka akan membuat tubuh anda bugar.

Mencegah Impotensi
Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual. 

Menjaga Kesehatan Mata
Buah melon mengandung beta-karoten dna vitamin A yang dapat meningkatkan ketajaman mata, memperbaiki fungsi mata, dan menjaga  kesehatan mata.

Itulah beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh, cobalah konsumsi buah melon secara rutin dan dapatkan manfaatnya. Kulit kering? Baca Cara Mengatasi Kulit Kering.

Berlangganan untuk email update gratis: