Cara Mudah Mengatasi Keracunan Makanan


Cara Mudah Mengatasi Keracunan Makanan
Cara Mudah Mengatasi Keracunan Makanan. Keracunan makanan adalah penyakit yang terjadi secara mendadak  setelah seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Keracunan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin, tua ataupun muda dan pria ataupun wanita.
  

Faktor Menyebabkan Keracunan Makanan

Mikroba
Jenis-jenis mikroba yang dapat menyebabkan keracunan adalah Escherichia coli patogen, Staphilococus aureus, Salmonella, Streptokkkus, Bacillus Parahemolyticus, dan Clostridium Botulisme. Bila makanan atau minuman yang anda konsumsi ternyata tercemari mikroba-mikroba tersebut maka anda bisa terkena keracunan.

Toksin
Ada beberapa jenis makanan yang bila tidak dimasak dengan benar akan mengandung toksin dan menyebabkan keracunan. Makanan-makanan tersebut adalah jamur, bayam beracun, kerang, dan tempe bongkrek.

Bahan Kimia
Bahan-bahan kimia yang terdapat pada bahan makanan yang akan dikonsumsi dapat menyebabkan keracunan. Bahan kimia tersebut adalah pestisida yang biasanya digunakan petani untuk membasmi hama, organi sulfat, ataupun karbonat.

Bila seseorang mengalami keracunan keracunan maka akan timbul gejala-gejala yang paling umum adalah sulit bernafas, sakit perut, mual, diare, dan muntah-muntah.  Berikut ini adalah gejala-gejala yang dapat terjadi pada penderita keracunan berdasarkan tingkatan keracunan itu sendiri.
  

Gejala Keracunan Makanan

Keracunan Ringan
Seseorang yang mengalami keracunan ringan biasanya merasakan sakit kepala, tubuh terasa lemas, dan anoreksia.

Keracunan Sedang
Seseorang yang mengalami keracunan sedang biasanya gejala awalnya adalah muntah-muntah, kejang dan kram perut.

Keracunan Berat
Seseorang yang mengalami keracunan berat akan mengalami diare, Sesak nafas, bahkan terkadang sampai terjadi koma.
  

Cara Mengatasi Keracunan Makanan

Makan Buah Pisang dan Apel
Pisang dan apel adalah buah-buahan yang mengandung enzim yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab keracunan makanan. Buah apel dan pisang juga dapat membantu mengurangi sakit perut dan pemulihan karena diare.

Minum Air Putih
Ketika seseorang mengalami keracunan makanan, sangat dianjurkan untuk  minum banyak air putih, karena akan membuat tubuh bertenaga dan meringankan kondisi akibat keracunan. Banyak minum air juga dapat membantu mengatasi rasa mual yang biaanya dirasakan penderita keracunan, Selain itu, minum banyak air putih membantu tubuh mengeluarkan racun.

Minum Teh Campur Madu
Saat anda mengalami keracunan makanan, cobalah meminum teh peppermint dengan menambahkan daun kemangi dan beberapa tetes madu. Minuman ini berguna untuk menyembuhkan infeksi pada perut anda.

Minum Jahe Campur Madu
Buatlah minuman jahe yang dicampur madu, caranya dengan mencampur secangkir air jahe dengan satu sendok madu. Minuman ini begruna untuk mengurangi peradangan dan nyeri perut.  

Minum Jus Lemon
Sifat asam lemon merupakan salah satu obat yang efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Cobalah meminum tiga sampai empat gelas jus lemon yang telah  ditambah dengan sedikit garam.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keracunan makanan adalah dengan meminum teh hitam bila anda merasa sakit perut, atau anda dapat juga memanfaatkan daun basil untuk mengatasi infeksi pada perut anda yang dikarenakan keracunan makanan. 

Cobalah solusi-solusi yang sudah dipaparkan di atas Cara Mudah Mengatasi Keracunan Makanan bila anda mengalami keracunan, tapi bila anda sudah melakukan cara-cara di atas tapi gejala keracunan tidak kunjung membaik maka segeralah pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat. Bila keracunan tidak dapat ditangani dengan baik, maka akan fatal akibatnya. Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati, jagalah selalu pola makan anda, perhatikan asupan-asupan makanan yang anda makan setiap hari. Pastikan, makanan dan minuman yang anda konsumsi selalu higienis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Baca juga Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh.

Berlangganan untuk email update gratis: