Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh. Buah salak tentu sudah sangat familiar bagi kita, karena buah salak mudah ditemukan dimana saja. Ternyata, dibalik rasanya yang enak juga terkadang sedikit masam bercampur sepat, buah salak juga memiliki manfaat bagi tubuh. Itu karena kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam buah salak, selain itu salak juga mengandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, air, vitamin A, vitamin B dan vitamin C.
  

Manfaat Buah Salak bagi Tubuh

Diet Sehat
Program diet yang salah terkadang justru membahayakan tubuh anda, bagi ada yang menginginkan diet, buah salak adalah salah satu alternatif diet sehat. Itu karena kandungan fitonutrien yang ada di dalam salak dapat membantu diet anda. Salak juga mempunyai 2mg Vitamin C plus serat yang sangat membantu program diet anda. Mengapa serat? karena serat bisa membuat anda lebih cepat kenyang dan tahan lama. Salak dapat anda jadikan sebagai cuci mulut setelah anda makan atau jadikan sebagai cemilan sehat disela-sela sebelum makan siang. Tidak hanya dengan mengkonsumsi buah salaknya langsung anda juga dapat mengambil manfaat buah salak untuk membantu program diet anda dengan mengkonsumsi keripik salak ataupun koktail salak.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan betakarotenpada salak sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Karena kandungan inilah salak sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari agar anda terhindar dari penyakit mata seperti katarak atau pun rabun. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. Jika anda bosan dengan Jus Wortel, maka Jus Salak bisa menjadi alternative anda dalam menjaga kesehatan mata anda.anda dapat mengkonsumsinya secara teratur untuk memulihkan mata anda

Obat Aembelit dan Diare
Ada mitos yang berkembang bahwa jika mengkonsumsi buah salak maka akan mengakibatkan susah untuk BAB. Padahal mitios tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengonsusmsi buah salak jangan anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit pada anda mengonsumsi buah salak. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.

Mencerdaskan Otak
Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Brdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan bahwa jurnal "Intregative Center Therapies" kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.

Cemilan Sehat bagi Ibu Hamil
Bagi ibu hamil, pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi tentu harus sangat diperhatikan. Buah salak merupakan salah satu jenis cemilan sehat bagi ibu hamil karena memiliki asupan gizi yang seimbang bagi perkembangan janin.

Tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat buah salak bagi kesehatan, padahal sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan dalam buah salak sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat mengetahui manfaat buah dengan nama latin salacca ini.

Cara mengkonsumsi salak pun beragam, selain dapat dimakan tanpa diolah, anda juga dapat menjadikannya rujak salak, jus salak, kripik salak, dan koktail salak. Dengan adanya Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh diatas semoga dapat membantu. Baca juga Manfaat Alpukat untuk Kecantikan.

Berlangganan untuk email update gratis: