Manfaat Alpukat untuk Kecantikan


Manfaat Alpukat untuk Kecantikan
Manfaat Alpukat untuk Kecantikan. Alpukat (avocado) atau persea americana adalah adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Di Amerika Tengah tanaman ini adalah tanaman yang biasa di tanam di perkebunan monokultur atau di pekarangan di daerah-daerah tropis. Pohon alpukat dapat mencapai tinggi 20 m, dengan panjang daunnya 12-25 cm. Bunganya berwarna hijau kekuningan dengan ukuran 5-10 mm. Berat satu buah alpukat biasanya 100-1000 gram. Buah alpukat memiliki kulit hijau tua atau ungu kecoklatan dengan  daging  buah yang berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya memiliki tekstur lembut dan memiliki biji yang cukup besar.

Pada abad ke-19 orang-orang Belanda mulai memperkenalkan buah alpukat di indonesia. Sampai saat ini buah alpukat menjadi salah satu buah yang cukup digemari masyarakat indonesia terutama untuk diolah menjadi jus. Dalam buah alpukat  terdapat banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Buah alpukat memilik 85,00 kal kalori, 0,90 gram protein, 6,50 gram lemak, 7,70 gram karbohidrat, 10,00 mg kalsium, 20,00 mg fosfor, 0,90 mg zat besi, 180,00 mg vitamin A, 0,05 mg vitamin B1, 13,00 mg vitamin C, 84,30 mg air, dan 1,40 gram serat.
  

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

Mengurangi dan Mencegah Kulit Keriput (anti aging) 
Bauh alpukat mengandung antioksidan yang berguna untuk detoksifikasi tubuh anda agar dapat mengeluarkan racun atau toksin yang dapat membuat kulit anda menjadi keriput dan kering pada saat usia muda. Antioksidan juga dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Mencerahkan Kulit
Alpukat memiliki kandungan vitamin A yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit tampak cerah. Alpukat juga mengandung asam glutamun untuk memberikan perlindungan pada kulit dari efek buruk lingkungan. Anda dapat membuat masker wajah dari daging buah alpukat yang telah dihaluskan lalu campur dengan madu dan yogurt, lalu oleskan pada wajah. Masker ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit

Menyehatkan Kulit
Sering-seringlah mengkonsumsi jus alpukat. Karena alpukat mengandung vitamin A dan E yang dapat membantu untuk mengatasi masalah kulit kusam dan masalah kulit kering.

Untuk Melembutkan Kulit
Untuk melembutkan kulit, anda dapat membuat lulur alami dari buah alpukat. Caranya dnegan menghaluskan daging buah alpukat lalu oleskan daging buah yang telah di haluskan ke seluruh tubuh. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. 

Untuk Membersihkan Wajah
Kocoklah telur sampai berbusa, lalu tambahkan daging alpukat yang telah dihaluskan dan susu. Aduk rata, lalu gunakan campuran ini untuk membersihkan wajah secara teratur. Campuran ini berguna untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyal berlebih hingga membuat kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

Selain untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah, buah alpukat juga bermanfaat untuk kecantikan dan keindahan rambut anda. Caranya adalah dnegan menghaluskan satu buah daging alpukat, lalu tambahkan kuning telur dan setengah sendok teh minyak zaitun, lalu aduk rata. Oleskan pada rambut smabil dipijat dnegan lembut. Diamkan selama 25 menit kemudian bilas dengan shampo dan kondisioner hingga bersih.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kecantikan.  Konsumsilah buah alpukat secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Atau anda juga dapat membuat masker alami yang berguna untuk kecantikan serta keindahan kulit dan rambut anda, seperti yang sudah dipaparkan di atas. Selamat mencoba. Baca juga Cara Menghilangkan Bau Ketiak.

Berlangganan untuk email update gratis: