Cara Cepat Menyembuhkan Cacar


Cara Cepat Menyembuhkan Cacar
Cara Cepat Menyembuhkan Cacar. Penyakit cacar merupakan salah satu penyakit kulit yang harus ditangani dengan baik. Munculnya penyakit cacar biasanya disertai dengan demam dan rasa ngilu pada seluruh badan. Cacar air disebabkan karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini lebih sering menyerang anak berumur dibawah lima belas tahun walaupun terkadang orang yang sudah dewasa masih bisa terserang cacar air. Seperti halnya orang yang terkena demam, cacar air akan membuat suhu badan di atas normal atau dalam kondisi demam. Akan tetapi ada perlakuan khusus untuk orang yang terkena cacar air dan lebih dari orang yang terkena demam biasa.

Gejala penyakit cacar air bisa dilihat secara fisik yaitu adanya ruam kemerahan pada kulit kemudian membentuk seperti gelembung lunak dan mengandung air pada kulit disertai dengan rasa gatal. Apabila gelembung tersebut pecah maka akan meninggalkan bekas yang terkadang sulit untuk dihilangkan. Rasa risih akan terasa ketika cacar sudah keluar semuanya di permukaan kulit dan rasa gatal juga sangat mengganggu dan keinginan untuk menggaruk sangat besar namun tidak bisa dilakukan. Karena rasa tersebut selalu menginginkan cara cepat menyembuhkan cacar agar rasa gatal dan risih bisa hilang.

Rasa demam, pusing, lelah, dan bahkan kehilangan nafsu makan memang jadi satu paket ketika menderita cacar air. Oleh sebab itu berbagai cara baik secara medis dan secara alami dilakukan agar cacar air bisa cepat kering dan sembuh. Untuk itu, cara cepat menyembuhkan cacar air berikut bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengatasi cacar jika suatu hari ada yang menderita cacar air.

Cara Menyembuhkan Cacar

Mengkudu
Mengkudu memang memiliki bau yang khas dan tidak semua orang menyukainya, tapi mengkudu bisa digunakan sebagai obat menyembuhkan cacar air. Caranya adalah dengan membuat jus mengkudu yang sudah matang dan meminumnya setiap hari hingga cacar air menjadi kering dan sudah tidak gatal lagi.

Kacang Hijau
Dengan menggunakan kacang hijau juga akan membuat cacar air menjadi cepat kering. Caranya adalah dengan merendam kacang hijau secukupnya kemudian ditumbuk halus. Tumbukan kacang hijau tersebut dibalur keseluruh badan yang terdapat cacar air. Diamkan hingga kering beberapa saat lalu bersihkan badan dengan air.

Jagung Muda
Jagung muda yang diparut dan kemudian dibalurkan keseluruh tubuh dan wajah yang terkena cacar merupakan ramuan yang paling berkhasiat untuk mengobati cacar air dengan cepat. Selain itu, dengan menggunakan jagung muda juga akan menghilangkan bekas cacar dan tidak meninggalkan bekas.

Menjaga Kebersihan
Tidak seperti orang yang demam, orang yang terkena cacar air dianjurkan untuk mandi rutin setiap hari pagi dan sore. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran cacar air menjadi lebih banyak lagi. Kemudian selalu mengganti pakaian serta jangan biarkan pakaian melekat 24 jam di badan tanpa diganti.

Minum Air Kelapa Muda
Obat alami penyakit cacar lainnya adalah dengan minum air kelapa muda. Dengan minum air kelapa maka akan menghilangkan rasa panas dan rasa gerah pada kulit yang terkena cacar air. Selain diminum, air kelapa muda juga bisa disiram kebagian tubuh yang terkena cacar air karena air kelapa merupakan cara cepat menyembuhkan cacar air dan bisa mempercepat cacar air mengering.

Tidak Menggaruk Kulit
Ketika menderita penyakit cacar air pasti ada rasa gatal yang sangat dan tidak tahan untuk segera menggaruknya. Walaupun demikian, usahakan tahan rasa gatal tersebut dan jangan menggaruk kulit yang terkena cacar karena hanya akan memperlambat penyembuhan serta cacar akan meyebar ke area kulit lainnya. Jika masih tidak tahan dengan gatalnya taburi dengan bedak agar rasa gatal menghilang.

Pemeriksaan
Jika sejumlah pengobatan dan cara cepat menyembuhkan cacar air sudah dilakukan dan cacar masih belum kering, segeralah memeriksakannya kedokter untuk penanganan lebih lanjut dan jika perlu akan diberikan anti-biotik.

Demikianlah cara cepat menyembuhkan cacar air yang diderita. Berbagai tindakan yang dijelaskan diatas bisa dilakukan sendiri dirumah atau dilakukan oleh orang tua di rumah jika anaknya sedang menderita cacar. Semoga bermanfaat. Anda seorang perokok? ingin berhenti merokok tapi susah? Silahkan baca: Cara Berhenti Merokok.

Berlangganan untuk email update gratis: