Cara Berhenti dari Merokok


Cara Berhenti dari Merokok
Cara Berhenti dari Merokok. Indonesia merupakan salah satu konsumen rokok terbesar di dunia dan Indonesia juga memiliki pabrik rokok terbesar dengan berbagai jenis dan merk. Perokok adalah momok karena masih usia sangat muda sudah mengenal yang namanya rokok. Jumlah perokok aktif di Indonesia sangatlah banyak mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, mulai dari pria hingga wanita dan peristiwa ini sangat memprihatinkan dan membuat miris. Perokok tidak hanya membahayakan pelakunya saja tapi orang yang tidak merokok akan merasakan dampak buruk dari pelakunya bahkan peroko pasif jauh lebih rentan terkena efek buruk dari rokok dari pada peroko aktif.

Sebagian orang yang sudah mulai peduli dengan kesehatan diri dan lingkungan sekitar mulai berpikir untuk menjalankan hidup sehat dengan cara berhenti dari merokok. Banyak cara di coba untuk melepaskan diri dari candu rokok yang memang bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi kebiasaan merokok sudah dilakukan sejak lama dan sudah menjadi kebiasaan menahun, dengan tekad dan niat yang kuat pasti ada jalan keluar untuk berhenti dari kebiasaan merokok tersebut.
  
Cara yang paling efektif adalah dengan mensugesti diri sendiri untuk berhenti karena jika tidak dimulai dari niat dalam diri sendiri maka kebiasaan merokok tidak akan pernah hilang. 

Berhenti Merokok

Mulailah dari Sekarang
Dengan meniatkan diri untuk berhenti merokok mulai sekarang akan menjadi sugesti untuk diri sendiri sehingga jika ada ketertarikan untuk merokok bisa ditanggulangi dengan niat awal untuk berhenti merokok. Melaksanakannya memang susah tapi bukan brarti tidak bisa dilakukan. Dengan membulatkan tekad dan misi untuk mulai berhenti merokok dari sekarang.

Memasang Target Waktu
Menargetkan berapa lama proses berhenti merokok dan sudah bebas dari ketergantungan merokok. Memasang target waktu menentukan kebiasaan merokok sudah benar-benar hilang merupakan cara berhenti dari merokok yang harus dilewati dan dijalani. Dengan memasang target makan akan jelas dan tegas peraturan yang dibuat sendiri walaupun sangat sulit bagi para perokok aktif tapi akan ada jalan terbaik dari usaha yang telah dilakukan.

Lakukan denga Cara Mudah
Proses berhenti dari kebiasaan merokok memang tidak mudah dan perlu waktu dan kesabaran selama prosesnya. Untuk berhenti merokok bisa dilakukan dengan cara-cara mudah diawalnya, mulai dari mengurangi porsi merokok dari sebelumnya hingga cara-cara yang lebih berat hingga rokok benar-benar tidak dipegang lagi untuk dikonsumsi. Keinginan untuk merokok sangat besar pada saat seseorang sedang dalam keadaan stress dan bisa menghabiskan rokok dalam jumlah banyak. Untuk mengatasinya cobalah mengurangi konsumsi rokok ketika sedang stress atau menggantinya dengan makan atau minumalan selain rokok. Sekali lagi, proses dan cara berhenti dari merokok memang berat tapi harus semangat demi kesehatan.

Jauhi kebiasaan yang Menimbulkan Keinginan Merokok
Minum minuman yang mengandung asam biasanya memicu keinginan untuk merokok seperti minuman kopi, teh, alkohol, dan yang lainnya. jadi sebagai anti sipasi usahakan untuk menghindari minuman tersebut, tapi kalau tidak bisa menghindarinya cobalah menggantinya dengan mengonsumsi  buah-buahan segar atau mengonsumsi susu. Jangan biarkan dan membuka kesempatan untuk merokok terbuka. Buatlah kesibukan lain seperti membaca atau berkebun sehingga keinginan untuk merokok bisa dialihkan.

Konsumsi Banyak Air Putih
Biasakan minum air putih yang banyak dan minimal 8 gelas sehari. Dengan minum air putih akan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh karena air putih bersifat netral. Selain itu, air putih juga bisa digunakan sebagai pengganti minuman lainnya karena air putih akan mengurangi rasa ingin merokok.

Membuat Kesibukan
Kebiasaan merokok memang tidak mudah hilang tapi bisa dilakukan secara perlahan. Berawal dari niat dilanjutkan dengan tindakan dan itulah yang harus dilakukan. Jika sudah mulai terbiasa tanpa rokok dalam kehidupan, carilah kesibukan lain seperti melakukan olah raga secara rutin seprti bersepeda, jogging, yoga, renang, dan aktivitas lain yang membuat kita melupakan keinginan untuk merokok. 

Selalu Berfikir Positif
Sugesti diri dan pikiran dengan hal-hal yang positif, jika ingin berhenti merokok sepenuhnya maka lakukanlah cara berhenti dari merokok sepenuhnya dengan iklas. Yang terpenting adalah jangan pernah menyimpan rokok di dalam rumah hingga tidak ada lagi kesempatan untuk merokok.

Istirahat dan Tidur Cukup
Dengan usaha keras untuk tidak merokok seharian pasti terasa capek dan juga lelah, maka isilah rasa lelah tersebut dengan tidur dan istirahat yang banyak untuk menjalankan misi selanjutnya untuk menahan dan tidak merokok keesokan harinya hingga seterusnya.

Perlu usaha yang sangat keras untuk mengikuti cara berhenti dari merokok yang telah kita sepakati sendiri dalam diri. Selain itu, dukungan dari keluarga dan lingkungan akan membuat kita menjadi lebih terpacu untuk berhenti sepenuhnya dari pengaruh nikotin dalam rokok. Ingin hanya dengan makanan anda bisa memutihkan kulit? Baca Makanan Membantu Kulit Putih.

Berlangganan untuk email update gratis: