Mengatasi Mata Gatal dan Merah secara Alami


Mengatasi Mata Gatal dan Merah secara Alami
Mengatasi Mata Gatal dan Merah secara Alami. Mata seringkali terinfeksi kotoran dan juga debu sehingga mengakibatkan mata menjadi merah disertai dengan rasa gatal. Kebiasaan buruk mengucek mata ketika terasa gatal sebenarnya akan memperburuk kondisi mata tidak hanya semakin merah, mata juga akan terasa panas dan juga berair. Untuk itu ketika terjadi iritasi mata diharapkan untuk tidak mengucek mata dalam waktu yang lama.

Infeksi mata disebabkan oleh banyak hal dan semuanya bisa diatasi dengan melakukan sejumlah terapi secara alami. Akan tetapi untuk mengatasi mata gatal dan merah perlu dikenal dan diketahui sejumlah penyebab terjadinya karena jika terjadi iritasi mata ada beberapa lapisan mata yang akan terinfeksi. Berikut ini sejumlah penyebab terjadinya iritasi mata sehingga mata menjadi gatal dan merah.

Penyebab Mata Gatal dan Merah

Terinfeksi Virus
Infeksi ini biasanya berhubungan dengan ISPA, gejala yang ditimbulkan akibat infeksi virus adalah berair pada mata, terasa gatal, memerah, terasa bengkak dan seperti mengganjal pada bagian mata.

Terinfeksi Bakteri
Bakteri staphylococcus dan bakteri pneumoccocus adalah penyebab utamanya. Gejalanya sama seperti mata yang terinveksi virus. Selain itu akan terasa perih disertai dengan keluarnya belek atau kotoran mata berwarna kuning pekat seperti nanah. Apalagi ketika baru bangun di pagi hari, mata akan terselimuti kotoran mata sehingga susah untuk dibuka karena lengket. Mata akan terasa panas dan juga mengganjal seperti ada benda yang masuk ke dalam mata.

Akibat Alergi
Alergi mata akan membuat mata terasa gatal dan memerah serta berair. Terkadang juga terjadi pembengkakan pada kelopak mata seperti berisi cairan.

Terdapat Luka pada Mata
Jika mata terdapat luka bisa menimbulkan infeksi dan reaksi yang berbahaya jika tidak segera ditangani.

Penyebab mata gatal dan merah diatas bisa diakibatkan karena dampak buruk lingkungan atau karena ketidak sengajaan dari tindakan yang kita lakukan sehingga mata menjadi terinfeksi. Namun tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata gatal dan merah seperti diatas. Dengan cara mudah dam alami bisa membuat mata kembali cerah dan tidak gatal atau merah lagi. Bahan-bahan yang digunakan juga merupakan bahan yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari.

Sebagai antisipasi dan pertolongan pertama, gunakanlah bahan-bahan alami untuk mengatasi mata gatal dan merah sebelum memeriksakan ke dokter untuk tindakan lebih lanjut jika mata gatal dan merah tidak mengalami perubahan secara signifikan. Berikut ini cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata gatal dan merah.

Mengatasi Mata Gatal dan Merah

Air Rebusan Daun Sirih
Daun sirih sudah lama dipercaya untuk mengatasi iritasi mata seperti gatal dan merah. Caranya adalah dengan mengambil sejumlah daun sirih lalu direbus dengan air hingga mendidih. Biarkan air rebusan menjadi dingin setelah itu rendam muka pada air rebusan daun sirih dengan mata terbuka agar iritasi pada mata menjadi hilang dan sembuh. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi mata gatal dan merah.

Irisan Timun
Irisan timu yang dingin juga bisa digunakan untuk mengatasi mata gatal dan merah. Caranya adalah dengan mengiiris timun tipis-tipis dan melintang lalu letakkan pada mata dan biarkan hingga timun kering dan diganti setelah irisan timun sudah mengering. Irisan timun sangat efektif untuk mengatasi mata gatal karena timun dipercaya mengandung anti-iritasi yang menyegarkan.

Susu Murni
Susu murni juga bisa digunakan untuk mengatasi mata gatal dan merah yaitu dengan meneteskan beberapa tetes susu murni pada kapas lalu letakkan kapas diatas mata dan biarkan beberapa saat. Lakukan secara rutin hingga iritasi mata hilang dan sembuh.

Air Mawar
Selain dengan susu murni, iritasi mata juga bisa diatasi dengan menggunakan air mawar dan cukup praktis karena bisa dilakukan sendiri di rumah. caranya adalah dengan membersihkan mata dengan air mawar minimal tiga kali sehari hingga iritasi dan rasa gatal sudah tidak terasa lagi. Air mawar juga akan memberikan rasa sejuk pada mata.

Irisan Kentang 
Seperti halnya irisan timun, irisan kentang mentah juga bisa digunakan untuk mengatasi mata gataldan merah. Caranya adalah dengan mengiris tipis kentang yang segar dan dingin lalu letakkan diatas mata. Kentang akan membuat mata menjadi rileks dan juga sejuk sehingga rasa gatal perlahan menghilang.

Demikianlah cara mengatasi mata gatal dan merah dengan bahan alami yang mudah dan murah didapatkan. Dengan selalu menjaga kelembaban dan kebersihan mata juga bisa menghindari mata dari berbagai infeksi dan iritasi. Oleh sebab itu selalu membersihkan mata akan aman bagi kesehatannya, jika perlu gunakan obat tetes mata yang bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan saja sebagai pertolongan pertama ketika terjadi iritasi ringan. Apakah anda sering batuk? dan berdarah? Baca: Penyebab Batuk Berdarah

Berlangganan untuk email update gratis: