Manfaat Mandi Malam bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Mandi Malam bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Mandi Malam bagi Kesehatan Tubuh. Mandi malam hari kerap dilakukan oleh pekerja yang sampai di rumah malam hari. Selain untuk membersihkan badan, mandi malam hari akan membuat badan rileks dan segar. Kalangan medis sangat tidak menganjurkan mandi malam hari, apalagi mandi dengan air segar atau dingin. dari segi kesehatan, mandi malam haru dianggap menyebabkan banyak mudhorot daripada manfaat.

Meski banyak mudhorot dari mandi malam hari namun karena tuntutan kerja dan kelelelahan, banyak orang tetap mandi saat malam hari untuk membersihkan badan dan menyegarkan. Tentunya, mandi dengan air hangat. Karena mandi malam hari dengan air hangat ternyata mempunyai banyak manfaat. Kali ini kita akan membahas manfaat mandi malam bagi kesehatan tubuh, terutama mandi malam menggunakan air hangat.

Manfaat Mandi Malam

Badan Lebih Segar
Mandi malam ternyata bermanfaat untuk membuat badan lebih segar. Setelah lelah beraktifitas seharian, mandi menjadi salah satu cara untuk merileksasi tubuh. Melonggarkan otot otot tegang dan melepaskan sejenak kepenatan selama satu hari tadi. Badan kotor dan lengket berubah menjadi lebih segar dan nyaman dirasa. Gunakan air hanga untuk mandi malam hari karena bisa suhunya lebih bersahabat pada tubuh saat malam haru dan tidak akan membuat masuk angin.

Rileksasi Otot Tubuh
Telah disebutkan sebelumnya bahwa mandi malam mampu membuat rileks tubuh. Otot otot tubuh yang tegang dan kaku selama seharian mejadi kendor akibat siraman air hangat di badan. Tubuh lebih rileks dan nyaman. Air hangat memang menajdi terapi bagus untuk otot yang kaku. Walau terasa sedikit panas pada awalnya, namun setelah tubuh beradaptasi dengan suhunya maka akan cepat terasa nyaman, tubuh menjadi lebih rileks dan otot melemas dengan sendirinya.

Menghangatkan Tubuh
Mandi malam dengan air hangat bisa menghangatkan tubuh. Tubuh yang lelah dan kedinginan karena angin malam akan dihangatkan dengan mandi air hangat. Rasanya akan nyaman dan segar. Apabila anda kedinginan dalam perjalanan, maka setelah sampai di rumah mandilah dnegan air hangat untuk membuat tubuh rileks dan hangat.

Melancarkan Peredaran Darah
Air hangat saat mandi malam mampu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih hangat, otot otot rileks dan tenang dan tubuh menjadi lebih nyaman. Manfaat melancarkan peredaran darah inilah yang bisa didapatkan apabila kita berendam air panas. Walau terasa panas namun tubuh akan lebih nayman saat sudah melakukan adaptasi. Bila digabungkan dengan menambahkan aroma terapi maka sensasi mandi malam pun bertambah menyenangkan. Aroma aroma wangi yang juga bertujuan untuk membuat pikiran tenang dan dimanjakan akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman sekaligus pikiran menjadi tenang.

Terhindar Dari Penyakit Kulit
Mandi malam bisa menghindarkan kita dari penyakit kulit seperti gatal gatal akibat jamur dan kuman. Aktivitas tinggi pada siang hari pastilah membuat banyak kotoran dan kuman menempel di badan. Belum lagi keringat kita sendiri. Dengan memaksa mandi malam walau dengan air hangat dapat menghindarkan kulit dari tumpukan kotoran dan bekas keringat yang memicu terjadinya jamur. Jamur menyebabkan infeksi gatal seperti panu, kadas, kudis dan lainnya. Jadi memang sebaiknya mandi dua kali sehari. Saat pagi hari dan malam hari karena tubuh akan lebih sehat dan terhindar penyakit kulit.

Waktu Mandi Lebih Lama
Mandi malam hari lebih menenangkan dan bisa dinikmati karena tidak ada beban lagi seperti terburu buru seperti waktu mandi pagi hari. Mandi malam hari lebih santai dan lebih lama. Mandi bisa dinikmati dan membersihkan diri bisa lebih maksimal. Karena waktunya lebih lama, kita bisa melakukan perawatan kulit lainnya selain berendam, seperti luluran dan lainnya. Dengan begini mandi malam semakin menyenangkan.

Menurunkan Tekanan Darah
Mandi malam bisa menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang sempat meninggi sesaat bisa turun karena kita menjadi rileks  dan tekanan terangkat sebentar. 

Jadi, banyak orang bilang bahwa mandi malam tidak baik, tapi setelah kami cari dan ternyata manfaat mandi malam bagi kesehatan sangat bagus. Silahkan anda coba sendiri dan rasakan ketika mandi malam. Punya masalah pada mulut? Baca ini: Penyakit pada Mulut.

Berlangganan untuk email update gratis: