Macam-Macam Penyakit pada Mulut


Macam-Macam Penyakit pada Mulut
Macam-Macam Penyakit Pada Mulut. Mulut menjadi gerbang masuk dalam tubuh yang paling sering digunakan. Entah memasukkan makanan, obat, minuman, dan lainnya. Mulut juga bisa menjadi jalan masuk untuk kuman, bakteri dan virus yang menyebar di udara selain dari hidung. Mulut menjadi salah satu tempat paling berkuman di antara anggota tubuh yang lain. Banyak penyakit yang di akibatkan kuman dan bakteri yang tidak sengaja terbawa ke dalam mulut. Penyakit mulut, begitulah disebutkan.

Sayangnya, menjaga mulut bersih dari kuman dan zat lainnya yang menyebabkan penyakit tidak bisa dilakukan dengan mudah. Makan, minum, rokok, dan kegiatan lainnya yang melibatkan mulut menyebabkan mulut kita menjadi sarang kuman paling banyak dan terkadang mematikan. Penyakit mulut pun bermunculan, dari radang, sariawan, bau mulut dan masih banyak lainnya. 

Penyakit pada Mulut

Bau Mulut
Bau mulut menjadi penyakit yang tidak berbahaya namun sangat mengganggu kepercayaan diri anda. bau mulut juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada bagian tubuh yang alin, seperti lambung dan gusi dan gigi. Bau mulut yang tidak sedap bisa diatasi dengan sikat gigi dengan rajin, paling tidak 2 kali sehari, namun untuk lebih dari 4 kali, hal ini tidak lazim. Kandungan kimia pada pasta gigi juga tidak baik untuk gusi dan gigi.

Bau mulut sebagai indikasi penyakit lain harus segera ditangani karena akan bila bau mulutnya semakin memburuk maka keadaan infeksi juga bertambah parah. Sebaiknya obati masalah di gusi atau gigi dan lambung yang menyebabkan bau mulut berlebihan tersebut.

Sariawan
Sariawan adalah penyakit mulut kedua yang sering ditemukan. Sariawan bisa disebabkan karena kekurangan vitamin C. Sariawan juga bisa diakibatkan oleh banyaknya kuman yang terdapat dalam mulut yang mengakibatkan peradangan pada gusi dan dinding bibir bagian dalam. Sariawan disebabkan karena perkembangan jamur kandida yang tidak terkendali. Penyebabnya bisa bermacam macam, seperti antibiotik, tergigit, atau pertanda adanya penyakit lain, seperti diabetes atau lupus.
Sariawan bisa diatasi dengan menambah banyak vitamin C, minum obat sariawan atau dibiarkan saja juga bisa sembuh. Namun apabila kondisi sariawan tidak mulai membaik setelah minum obat, sebaiknya segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Luka Busuk
Luka busuk belum diketahui penyebabnya. Sampai saat ini, penyakit ini masih dianggap disebabkan karena hipersensitivitas, stress, perubahan hormon dan kekurangan vitamin tertentu. Belum diketahui mengapa sariawan yang membandel ini begitu persisten muncul lagi dan lagi di dalam mulut setelah minum obat dan sebagainya. Luka busuk bisa dikurangi dnegan minum obat mati rasa, obat dari resep dokter dan laser gigi untuk membunuh kuman penyebab sariawan.

Radang Mulut
Radang mulut disebabkan karena kandungan jamur dalam mulut. Jamur ini menyebabkan kemerahan pada lidah disertai dengan bercak gigi yang bisa dikeruk dengan tangan. Pada bagian bercak merah akan terasa perih apabila terkena makanan dan minuman. Untuk mengatasi penyakit radang mulut biasanya digunakan obat antifungal untuk mulut untuk mematikan jamur yang brekembang.

Glossitis
Glossitis adalah penyakit mulut yang sering dijumpai di beberapa orang. Saat flossitis, terjadi rekahan pada lidah yang menimbulkan rasa perih yang tidak mereda. Untuk penyebabnya harus diketahui dengan pasti untuk menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi glossitis yang diderita. Karenanya lebih baik menemui dokter supaya penyebabnya bisa ditemukan dengan tepat. Glossitis bisa disebabkan karena anemia atau kekurangan vitamin tertentu.

Infeksi Virus Herpes Simpleks
Infeksi virus herpes simpleks biasa ditandai dengan munculnya bintik bintik kuning pucat pada lidah yang disertai dengan demam 38 derajat atau lebih. Selain itu, virus herpes ini juga membuat lidah terasa perih dna muncul selesma atau lepuhan yang sangat sakit. Virus ini berhubungan dengan imun tubuh, apabila imun tubuh kuat maka virus herpes akan pergi dengan sendirinya. Namun apabila sebaliknya, maka lebih baik anda segera menemui dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Dari beberapa macam penyakit mulut di atas anda dapat meminimalisir agar terhindar dari masalah tersebut. Baca juga cara menambah berat badan.

Berlangganan untuk email update gratis: