Cara Merawat Kesehatan Mata dengan Baik dan Mudah


Cara Merawat Kesehatan Mata dengan Baik dan Mudah
Cara Merawat Kesehatan Mata dengan Baik dan Mudah. Kesehatan mata memang harus selalu di jaga agar bisa melihat keadaan lingkungan dan juga pemandangan yang indah. Bagaimana jadinya jika mata tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya? Pasti sangat tidak nyaman dan tidak enak. Mata merupakan salah satu dari lima panca indera yang penting yang dimiliki manusia. Kurang perhatian terhadap kesehatan mata terkadang sering dilakukan oleh setiap orang dengan perilaku dan gaya hidup yang sangat tidak menguntungkan bagi kesehatan mata.

Kurang peduli dengan kesehatan mata akan berdampak pada timbulnya berbagai penyakit mata yang bisa saja terjadi kepada kita. Contohnya adalah iritasi, rabun jauh, rabun dekat, miopi, katarak, buta warna hingga penyakit berat lainnya. penyakit-penyakit pada mata disebabkan oleh berbagai alasan dan juga perilaku yang kurang baik seperti membaca buku terlalu dekat, membaca sambil berbaring dan kebiasaan yang mungkin tidak disadari dapat berakibat buruk pada mata. Dengan merubah kebiasaan buruk tersebut merupakan langkah utama dalam cara merawat kesehatan mata yang bisa dilakukan.

Dengan memiliki mata yang sehat dan ceria maka segala aktivitas yang memanfaatkan kegunaan mata bisa dengan lancar dijalani. Selain itu, selalu bersyukur kepada Tuhan karena memiliki mata yang sehat dan lengkap juga akan memotivasi setiap orang untuk selalu mencari cara merawat kesehatan mata dengan baik dan mudah dilakukan sendiri. 

Merawat Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata merupakan tanggung jawab masing-masing individu itu sendiri karena yang akan merasakan kenyamanan dengan mata yang sehat adalah diri sendiri. Berikut ini cara merawat kesehatan mata dengan baik dan juga mudah.

Hindari membaca buku terlalu dekat. Membaca buku terlalu dekat akan menyebabkan penyakit miopi atau rabun dekat. Jarak normal membaca buku adalah kurang lebih 30 cm dari mata. Selain itu, hindari membaca dalam keadaan tiduran karena akan merusak penglihatan yang menyebabkan miopi.

Hindari membaca ataupun belajar dengan cahaya yang kurang atau redup karena akan membuat mata cepat lelah dan yang pasti tidak baik untuk kesehatan mata.

Hindari menatap komputer dan yang lainnya terlalu lama karena akan membuat mata menjadi lelah. Kalaupun harus menggunakan perangkat komputer dengan waktu yang lama paling tidak ada jeda untuk mengistirahatkan mata sejenak.

Hindari mengucek mata dengan tangan karena tangan yang tidak terjamin kebersihannya bisa membuat mata menjadi iritasi dan infeksi pada mata.

Hindari diri dari kebiasaan merokok karena para perokok akan sangat rentan terserang penyakit mata seperti katarak  atau kerusakn saraf mata.

Menjaga kesehatan mata juga tidak luput dari sejumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa makanan dikenal karena khasiatnya yang sangat  berpengaruh pada kesehatan mata sehingga bisa terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Dan makanan apa saja yang merupakan makanan yang sangat bagus dikonsumsi sebagai suatu cara merawat kesehatan mata adalah sebagai berikut.

Makanan Membantu Kesehatan Mata

  1. Salmon
    Ikan salmon dianggap sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung omega-3 yang akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk mata, mengandung folat, vitamin A, D, B6, dan B12

  2. Brokoli
    Makanan lainnya adalah olahan dari brokoli. Hal ini karena brokoli mengandung vitamin C, lutein, zeaxanthin, kalsium, dan sulforaphane.

  3. Bayam
    Tidak hanya kaya akan zat besi, sayur bayam juga kaya akan vitamin A yang mana memang vitamin untuk kesehatan mata.

  4. Kubis
    Kubis jga bisa menjaga kesehatan mata karena kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin.

  5. Tomat
    Vitamin C dan lycopene yang tinggi dalam tomat sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata.

  6. Telur
    Telur mempunyai zat gizi yang sangat banyak seperti vitamin A, D, B12, lutein, lecithin, zinc, dan cysteine

  7. Bawang Putih
    Kandungan selenium, vitamin C, dan quercetin yang terdapat dalam bawang putih akan memberikan pengaruh positif pada kesehatan mata.

  8. Alpukat
    Buah alpukat memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, B6, E. selain itu, dalam buah alpukat juga mengandung lutein yang bisa mencegah katarak dan degenrasi makula mata.

  9. Wortel
    Sudah menjadi pengetahuan yang sangat umum bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena vitamin A yang dikandung sangat tinggi.

  10. Biji Bunga Matahari
    Biji bunga matahari merupakan cemilan yang biasa dikonsumsi oleh siapa saja dan ternyata biji bunga matahari sangat bagus untuk kesehatan mata karena mengandung selenium yang mana memiliki kemampuan untuk mencegah katarak dan penyakit mata lainnya.

Itulah beberapa cara merawat mata yang bisa anda terapkan sendiri dengan mudah, karena semuanya menggunakan bahan alami jadi caranya tentu aman. Punya keluarga atau anda sendiri yang mengalami darah rendah? Baca ini: Cara Mengatasi Darah Rendah.

Berlangganan untuk email update gratis: