Khasiat dan Manfaat Daun Singkong


Khasiat dan Manfaat Daun Singkong
Khasiat dan Manfaat Daun Singkong. Ingin sehat tidak harus mewah dan juga mahal. Dengan mengkonsumsi bahan makanan yang tersedia dan diolah dengan benar makan akan tercipta makanan sehat dan enak untuk disajikan. Contohnya adalah daun singkong. Pernah makan di restoran padang? pasti akan menemukan sayur daun singkong. Sayur daun singkong adalah salah satu sayuran yang paling mudah ditemukan dan digemari oleh masyarakat karena bisa diolah menjadi sejumlah masakan yang lezat.

Sayuran daun singkong memang sangat mudah didapatkan dan harganya juga sangat murah. Keberadaan daun singkong sebagai santapan yang lezat terkadang diremehkan dan disepelekan. Tapi jangan dilihat dari penampilannya yang sederhana, daun singkong memiliki banyak kadungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. daun singkong dengan warna hijaunya yang segar menyimpan sejumlah manfaat yang sangat menyehatkan. Tidak hanya dikonsumsi untuk dimakan, ternyata khasiat dan manfaat daun singkong bisa dijadikan sebagai obat sejumlah penyakit.

Daun singkong memang sayuran pinggiran dan tidak semua orang mengkonsumsi daun singkong sebagai sayuran hijau yang enak. Walaupun demikian, daun singkong kaya akan nutrisi. Diantaranya adalah vitamin, asam amino, protein, kalsium, fosfor, lemak, hidrat arang, kalori, dan zat besi. Bisa dikatakan bahwa nutrisi yang ada dalam daun singkong cukup kopleks. Lebih jauh mengenai daun singkong, berikut ini sejumlah khasiat dan manfaat daun singkong yang bisa dirasakan dan dipertimbangkan selain sebagai sayuran untuk dimakan.

Manfaat Daun Singkong

Obat Rematik
Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa daun singkong mampu mengatasi penyakit rematik. Cara mengolahnya cukup dengan mengambil beberapa lembar daun singkong segar kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, dicampur dengan 15 gram jahe yang juga dihaluskan kemudian dicampur menjadi satu dan di tambah sedikit kapur sirih dan sedikit air. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang terserang rematik.

Obat Diare
Bagi yang sedang diare daun singkong bisa dijadikan sebagai obat yang cukup efektif untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan mengambil sejumlah daun singkong segar lalu direbus dengan 4 gelas air dan biarkan mendidih hingga airnya menyusut dan tinggal setengah. Kemudian saring air rebusan tersebut dan biarkan dingin. Minumlah air rebusan daun singkong setiap dua kali sehari yaitu setiap pagi dan malam hari hingga diare sudah tidak terasa lagi dan sembuh.

Obat Sakit Kepala
Sakit kepala memang mengganggu dan menghambat setiap aktivitas yang dilakukan. Untuk meredakan sakit kepala bisa dilakukan dengan cara mudah dan alami yaitu dengan daun singkong. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun singkong dengan cara di tumbuk kemudian balurkan ke bagian kepala atau dahi dan diamkan. Lakukan pengompresan dengan daun singkong hingga sakit kepala mereda dan menghilang.

Menambah Nafsu Makan
Daun singkong dipercaya mampu menambah nafsu makan yaitu dengan mempersiapkan daun singkong usahakan pilih bagian yang muda dan rebus dengan air secukupnya dan ditambah garam dan irisan bawang putih. Kemudian jadikan daun singkong sebagai sayur menemani nasi dan dilengkapi dengan sambal tomat pedas, maka dengan seketika nafsu makan akan kembali seperti semula.

Khasiat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Daun singkong sangat baik untuk ibu hamil karena dalam daun singkong terkandung zat besi yang cukup tinggi sama seperti bayam. Dengan mengkonsumsi daun singkong sebagai sayur akan mencukupi kebutuhan zat besi ibu yang sedang hamil dan akan terhindar dari serangan anemia ketika sedang hamil.

Jadi, jangan pernah menganggap remeh akan sesuatu karena bisa saja sesuatu yang tampak tidak berharga memiliki khasiat yang luar biasa seperti halnya daun singkong. Khasiat dan manfaat daun singkong ternyata sangat menakjubkan dan sangat mengagumkan. Jadi untuk mendapatkan nutrisi yang baik tidak perlu mengeluarkan sejumlah biaya yang sangat banyak. Dengan mengolah daun singkong menjadi berbagai masakan dan penganan maka khasiatnya akan segera bisa dirasakan.

Demikianlah sejumlah khasiat dan manfaat daun singkong yang bisa dibagikan sebagai sebuah informasi yang sangat berharga dan semoga bermanfaat dengan adanya informasi ini.

Berlangganan untuk email update gratis: