Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Migrain


Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Migrain
Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Migrain. Sakit kepala migrain adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. Terjadinya hiperaktifitas impuls listrik otak menyebabkan aliran darah di otak meningkat dan memicu memicu pembuluh darah otak melebar. Migrain merupakan kondisi yang kronis dan sering kambuh. Migrain adalah salah stau penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat. Migrain menyerang di satu sisi kepala tapi kadang bergantian menyerang di sisi kepala yang lain. Kadang sakit yang dirasakan pada sekitar dahi, mata, dan kepala belakang termasuk migrain juga.

Terdapat beberapa faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala migrain, faktor-faktor tersebut adalah:


Penyebab Sakit Kepala Migrain

Faktor Genetik
Bila anggota keluarga anda mempunyai riwayat penyakit migrain kemungkinan anda juga akan mudah terkena penyakit migrain. Biasanya migrain banyak dialami oleh kalangan anak muda, ini disebabkan fluktuasi hormon yang terjadi pada saat usia remaja.

Penyebab Sensorik
Penyebab sensorik yang berasal dari indera penciuman ataupun penglihatan dapat menyebabkan migrain. Seperti cahaya lampu yang terlalu terang, bau yang menyengat dari parfum dan asap. Hal-hal seperti itu bisa memicu terjadinya migrain.

Makanan
Jenis-jenis makanan tertentu seperti coklat, keju, jeruk, kopi, atau makanan lain yang mengandung kafein dapat memicu migrain bila dikonsumsi berlebihan. Selain itu, makanan yang mengandung pemanis buatan juga bisa menyebabkan migrain.

Stress
Stress memang sudah diketahui orang banyak sebagai salah satu penyebab sakit kepala. Terlalu lama bekerja di depan komputer dan kerja fisik yang berat dapat menyebabkan migrain.

Hormon
Wanita sering mengalami fluktuasi hormon. Berdasarkan penelitian penurunan hormon estrogen pada wanita dapat menyebabkan migrain. Wanita juga biasanya mengalami migran saat hendak datang bulan atau saat datang bulan. Wanita yang akan mengalami menopouse juga akan sering mengalami sakit kepala.

Pola Tidur
Pola tidur yang kurang baik dapat menyebabkan migrain. Seperti tidur terlalu lama atau kurang tidur.
Kekurangan Magnesium
Kekurangan magnesium dapat menyebabkan migrain. Kekurangan magnesium akan menyebabkan saraf di otak macet, sehingga dapat mengakibatkan perubahan visual yang dapat memicu munculnya migrain.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit migrain. Bila anda salah satu orang yang sering terkena migrain, cobalah solusi-solusi mudah di bawah ini:


Cara Mengatasi Migrain

Minum Air Putih yang Banyak
Cobalah meminum air putih 1-2 liter dalam sehari. Bila kurang minum air putih tubuh anda akn dehidrasi dan cairan di jaringan otak. Hal ini dapat menyebabkan jaringan tersebut menyusut, iritasi dan nyeri.

Konsumsilah Makanan yang Tinggi Akan Magnesium
Perbanyaklah konsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium, seperti sayuran hijau, tomat, biji-bijian, kentang, dan oat. Karena bial tubuh kekurangan magnesium makan ini akan memicu migrain.

Mengunyah Jahe
Jahe selain dapat mengatasi maslahmual dan gangguan penecernaan, juga dapat mengatasi migrain. Jahe dapat mengurangi efej prostaglandin, zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak yang memicu migrain.

Pijat Kepala dengan Minyak Gosok
Oleskan minyak gosok di bagian pelipis, lalu pijat dengan lembut. Bisa juga anda oleskan di sekitar leher yang terasa kaku. Aroma minyak dan rasa hangat bisa membantu tubuh agar terasa nyaman dan dapat mengurangi rasa sakit.

Kompres Kepala dengan ES
Cobalah berbaring dan  kompres bagian kepala anda yang sakit dengan es yang sudah dibungkus kantong plastik.

Itulah cara cepat dan mudah mengatasi migrain yang dapat anda lakukan sendiri nantinya, dan apa bila anda sudah mulai mengalami vertigo, anda harus tahu juga apa penyebabnya, apa saja? Baca Penyebab Sebenarnya Vertigo.

Berlangganan untuk email update gratis: