Apa Sebenarnya Penyebab dari Vertigo


Apa Sebenarnya Penyebab dari Vertigo
Apa Sebenarnya Penyebab dari Vertigo. Vertigo berasal dari bahasa yunani “vertere”, penyakit vertigo adalah adalah kondisi seseorang yang merasa pusing dan merasa lingkungan di sekitarnya bergerak atau berputar. Pergerakan ini disebut vertigo subjektif sedangkan persepsi pergerakan pada keadaan di sekelilingnya disebut vertigo objektif. Ketika seseorang mengalami vertigo, terkadang diikuti juga dnegan kehilangan pendengaran untuk sementara waktu. 

Penyakit vertigo menandakan adanya ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Ketidak seimbangan ini dapat terjadi karena hilangnya masukan perifer perifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau pada aktivitas vestibulocerebellar. 

Penyebab umum vertigo adalah karena faktor keturunan, penyakit migrain, radang pada leher, kurangnya oksigen dalam otak, stress, tekanan emosional, dan obat-obatan.  Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan penyakit vertigo, yaitu:


Penyebab dari Vertigo

Mabuk
Bila anda dalam perjalanan menggunakan kendaraan dan tiba-tiba mabuk. Baik mabuk darat, laut, maupun udara, ini bisa memicu terjadinya vertigo. 

Posisi Tidur
Saat anda tidur dan posisi bantal terlalu tinggi ataupun terlalu rendah ini dapat memicu munculnya vertigo. Apalagi jika saat bangun tidur langsung bangun dari tempat tidur, ini juga dapat memicu vertigo. 

Gangguan Telinga bagian Dalam
Beberapa kasus vertigo terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengubah posisi kepala saat bangun tidur. Vertigo jenis ini disebut Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Vertigo jenis ini terjadi karena masalah yang terjadi di telinga bagian dalam. Rasa pusing akibat vertigo jenis ini biasanya cepat menghilang dalam beberapa menit. Jenis ini terbilang vertigo yang cukup mudah diatasi.

Penyakit Sistem Saraf Pusat
Vertigo dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat yang dikarenakan penyakit tumor, kerusakan leher, multiple sclerosis, atau stroke. Karena sistem saraf pusatlah yang mengatur rasa keseimbangan, maka bila terjadi gangguan pada saraf tersebut akan memicu terjadinya vertigo.

Migrain
Migrain adalah salah stau jenis sakit kepala yang terjadi hanya di satu sisi kepala yang dapat mempengaruhi penglihatan. Biasanya vertigo yang disebabkan migrain dapat berlangsung beberapa menit hingga berhari-hari.

Penyakit Meniere
Penyakit meniere terjadi akibat peningkatan volume endolimfe yang berhubungan dengan distensi seluruh sistem endolimfatik. Penyakit meniere menyebabkan telinga bagian dalam kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Vertigo yang disebabkan penyakit ini dapat terjadi selama setengah jam atau lebih.

Infeksi atau Peradangan
Infeksi seperti flu, pilek, atau peradangan lainnya dapat mempengaruhi telinga bagian dalam dan dapat memicu terjadinya vertigo.

Kesulitan Melihat
Mata adalah salah satu panca indera yang penting bagi manusia, bila seseorang mengalami masalah penglihatan maka ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan dan dapat memicu terjadinya vertigo.

Tumor Sudut Cerebellar-pontine
Tumor jenis ini adalah tumor yang pertumbuhannya lambat, ini memungkinkan sistem vestibular untuk terus mendorong perubahan yang terjadi. Sehingga manifestasi klinis yang dihasilkan yaitu sensasi samar ketidakseimbangan dan ini bukan jenis vertigo akut.

Faktor-faktor Lain
Perasaan cemas, pengaruh alkohol,  ketegangan saraf,  kelelahan fisik dan psikis, kurangnya supan gizi makanan, kurangnya oksigen dalam darah dan berada dalam ruangan yang panas dan tertutup juga merupakan faktor penyebab vertigo.

Itulah penyebab-penyebab vertigo, vertigo bisa menyerang siapa saja. Tapi tidak semua rasa pusing itu adalah vertigo. Bisa saja pusing yang terjadi akibat lapar, terlalu cemas, atau juga hipotensi (tekanan darah rendah). Sering mengalami ketiak bau? Baca Penyebab dari Bau Ketiak

Berlangganan untuk email update gratis: