Penyebab Penyakit Lupa dan Cara Mengatasinya


Penyebab Penyakit Lupa dan Cara Mengatasinya
Penyebab Penyakit Lupa dan Cara Mengatasinya. Pernahkah anda meletakkan sesuatu lalu lupa dimana meletakkannya? Ya, mungkin anda sedang mengalami yang namanya penyakit lupa. Lupa merupakan penyakit ringan namun memberikan dampak besar jika hal tersebut terjadi pada diri kita. Misalnya lupa kalau ada janji, lupa menyimpan barang dan masih banyak lagi. Tidak hanya membuat orang lain menjadi kesal, tapi juga akan membuat diri sendiri menjadi emosi karena penyakit lupa ini. Walaupun ada yang mengatakan bahwa manusia adalah tempatnya lupa, namun jika lupa selalu terjadi setiap waktu dan frekuensi sering maka akan menghancurkan segalanya.

Membicarakan mengenai penyebab kenapa seseorang bisa mengalami lupa, banyak alasan dan banyak penyebab yang mempengaruhi, salah satunya adalah karena tubuh dan pikiran terlalu lelah sehingga kinerja otak menjadi menurun. Mencari tahu dan memahami penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa sekaligus akan membuat kita lebih peduli lagi terhadap kesehatan sehingga kebiasaan lupa bisa diminimalisir dan bahkan mungkin bisa dihilangkan. 

Lupa akan sesuatu merupakan sesuatu yang wajar namun jika lupa terjadi terus menerus pasti ada sesuatu yang salah pada diri kita. Perlu diteliti apa yang menjadi penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa sekaligus agar tidak berlarut-larut. Berikut ini penyebab yang bisa dilihat apa saja yang membuat kita bisa mengalami penyakit lupa.

Penyebab Penyakit Lupa

Kurang Tidur
Bekerja terlalu keras sehingga melupakan istirahat dan tidur bisa memicu kinerja otak yang kurang maksimal dan terkadang lupa bisa menghampiri. Karena kurang tidur maka pikiran menjadi kurang fokus dan perasaan ngantuk lebih mendominasi sehingga apa yang dikerjakan terkadang terlupakan dan menjadi terbengkalai.

Gangguan Fisik
Lupa bisa disebabkan karena adanya benturan pada bagian kepala sehingga membuat memori pada otak menghilang. Penyakit ini lebih dikenal dengan istilah amnesia. Benturan tersebut terjadi akibat adanya kecelakaan sehingga bagian kepala menjadi cidera.

Alkohol atau Narkoba
Seseorang yang dalam pengaruh alkohol atau narkoba pasti sering lupa apa yang telah dilakukan. Hal ini adalah karena sel pada jaringan otak tidak berfungsi dengan baik dan menjadi melemah.

Alzheimer
Penyakit lupa alzheimer biasanya menyerang pada orang lanjut usia. Penyakit ini secara perlahan menguras memori sehingga menghilangkan ingatan. Orang yang menderita alzheimer biasanya akan merasa mudah cemas, sensitif, dan kacau pikirannya. Selain itu, alzheimer akan membuat penderita menjadi gampang lelah karena berusaha mengingat apa yang terjadi dalam kehidupannya.

Penyebab penyakit lupa merupakan faktor utama yang harus dipahami karena penyebab lupa menjadi dasar dari penyakit itu sendiri. Setelah mengetahui apa penyebabnya, maka usaha pencegahan dan perawatan bisa dilakukan agar penyakit lupa tidan semakin buruk. Penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa menjadi dua hal yang saling berkaitan. Dengan mengetahui penyebabnya maka tindakan yang dilakukan akan tepat sesuai dengan penyebab tersebut. Jika penyakit lupa yang di derita bukanlah penyakit yang berat maka cara mengatasi penyakit lupa bisa dilakukan dengan beberapa tindakan berikut.

Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Konsumsi Vitamin E
Vitamin E memiliki kemampuan meningkatkan kerja dalam otak. Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin E akan mencegah kinerja otak melemah. Makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi adalah jenis kacang-kacangan.

Istirahat yang Cukup
Setelah beraktifitas berat seharian. Tubuh dan pikiran perlu istirahat untuk mengoptimalkan fungsinya. Apabila terlalu dipaksakan maka hasilnya adalah buruk dan penyakit lupa bisa saja menjadi momok yang akan merusak segalanya.

Makan yang Seimbang
Fungsi sistem otak juga membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan dalam mengoptimalkan kinerjanya. Jadi, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang setidaknya terpenuhi nutrisi empat sehat lima sempurna serta menjalankan pola hidup sehat lainnya.

Buat Catatan
Solusi lainnya untuk orang yang sering lupa adalah dengan selalu mencatat apa yang sedang dan yang akan dilakukan selanjutnya. Membuat catatan sebagai reminder untuk diri sendiri sehingga hal tersebut bisa diatasi. Selain itu, selalu meletakkan benda atau barang dengan posisi yang sama juga bisa menghindari diri dari penyakit lupa.

Lakukan Test Otak
Melatih atau mengasah otak sewaktu-waktu bisa dilakukan untuk menstimulasi kinerja otak untuk mengingat apa yang dilihat, dikerjakan, dan dilakukan. Melatih otak dengan mengisi puzzle, bermain catur, membaca buku, dan kegiatan yang berhubungan dengan meningkatkan kinerja otak bisa dilakukan.

Konsumsi Makanan Mengandung Choline
Berbagai macam dan jenis makanan sebagai sumber choline diantaranya adalah hati ayam, telur, dan kedelai. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut dengan rutin akan meningkatkan daya ingat dan daya pikir lebih baik.

Melakukan Olahraga
Berolahraga secara rutin akan memperlancar peredaran oksigen dalam otak. Suply oksigen yang cukup pada otak akan membuat otak menjadi lebih baik dan mengoptimalkan fungsinya. Dengan melakukan olah raga rutin dan teratur juga akan membantu dalam pertumbuhan sel-sel baru dalam otak.

Demikianlah informasi yang bisa diberikan mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa yang sering diderita oleh semua orang. Apa saja manfaat madu? Baca: Manfaat Madu bagi Kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: