Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh. Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini sudah ada dan sudah dimanfaatkan sejak jaman dulu. Berbagai khasiat yang didapat dari madu menjadikan madu dijadikan sebagai alternatif obat untuk menstimulasi kesehatan tubuh.

Selain sebagai pemanis alami, keberadaan madu yang sudah ada sejak jaman nabi memang sudah dirasakan jutaan manfaatnya demi menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh. Untuk lebih menambah pengetahuan mengenai khasiat madu bagi kesehatan tubuh, berikut ini sejumlah manfaat madu bagi kesehatan tubuh.

  

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Energi
Madu dijadikan sebagai sumber karbohidrat untuk memulihkan stamina ketika setelah beraktifitas seharian. Dengan mengonsumsi madu secara teratur maka akan memulihkan stamina dan energi kembali terkumpul. Madu dijadikan sebagai sumber energi yang instan karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh tubuh. 

Glukosa
Madu memiliki khasiat seperti glukosa dan rendah kalori. Madu memiliki kemampuan menyerap gula dalam darah sehingga menghindari dari penyakit diabetes dan madu juga akan menyehatkan sistem pencernaan dan dijadikan sebagai sumber karbohidrat seperti glukosa sebagai sumber energi.

Penyembuh Luka
Madu sangat efektif untuk mengobati luka seperti luka bakar atau luka akibat teriris pisau. Madu dijadikan sebagai salep dan dioleskan pada luka tersebut. Selain menyembuhkan luka bakar, madu juga bisa mengobati luka borok karena madu mengandung enzim oksidase glokosa. Enzim ini akan memecah glukosa menjadi hidrogen peroksida dan akan menjadi anti septik alami yang diberikan.

Obat Anti-biotik
Sejak jaman dulu, madu digunakan sebagai anti biotik alami untuk membunuh bakteri mematikan yang ada dalam tubuh. kandungan hidrogen peroksida pada madu menjadikan madu sangat asam sehingga mematikan bakteri dalam tubuh dan dijadikan sebagai anti septik yang paling ampuh. 

Pencegah Kanker
Madu mengandung flavanoid dan juga anti-oksidan sangat bermanfaat sebagai anti kanker dan juga jantung. Selain itu, madu juga mengandung karsinogen yang sangat bermanfaat sebagai anti-tumor yang akan mencegah penyebaran tumor dalam tubuh.

Perangsang Pertumbuhan Jaringan
Manfaat madu bagi kesehatan adalah sebagai peransang pertumbuhan jaringan tubuh dan dibuktikan dengan adanya kandungan enzim propolis, serbuk sari, vitamin serta mineral yang ada dalam madu akan memberikan ransangan pada pertumbuhan jaringan dalam tubuh sehingga akan mempercepat proses penyembuhan.

Obat Kekebalan Tubuh
Antioksidan yang terdapat dalam madu memang sangat tinggi sehingga sangat bagus jika dikonsumsi sebagai vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem imun dari radikal bebas dan dampak negatif lingkungan. Selain itu, ada juga antioksidan pinocembrin yang hanya terdapat dalam madu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Obat Menurunkan Kolesterol
Walaupun memiliki rasa yang sangat manis, madu memiliki kalori yang rendah dan juga IG yang rendah jadi terserap dalam dalam darah secara bertahap. Karena memiliki kalori yang rendah, madu sangat bagus dijadikan sebagai pemanis alami yang sangat baik. Oleh sebab itu, madu bisa menurunkan kadar kolesterol  atau LDL dalam darah dan juga menurunkan kadar gula dalam darah.

Obat Pernafasan
Manfaat madu lainnya adalah mampu meringankan penyakit pada bagian pernafasan. Dengan mengonsumsi madu secara teratur mampu mengatasi masalah pernafasan seperti bronkitis, asma, rinitis, alergi hingga masalah sinusitis. Selain itu, madu juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi flue, dan infeksi lainnya pada pernafasan.

Pembunuh Kuman
Madu sebagai obat yang sangat berkhasiat membunuh kuman penyebab penyakit dalam tubuh. hal ini karena madu mengandung asam amino sebagai sumber penyembuhan dalam madu. Sebagai antibiotik pembunuh kuman, madu yang dikonsumsi dengan teratur akan menjadi tameng dan mengalahkan berbagai macam kuman penyakit yang akan bersarang dalam tubuh.

Begitu banyaknya manfaat madu untuk kesehatan tubuh yang hingga kini masih bisa dirasakan. Karena khasiatnya yang banyak tidak jarang madu dijadikan sebagai campuran obat herbal yang alami. Selain itu, madu juga bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan lainnya tanpa menghilangkan manfaat madu bagi kesehatan tubuh yang utama. Dan bagi anda yang ingin sedang mengalami rambut kering bisa mencoba, Cara Mengatasi Rambut Kering.

Berlangganan untuk email update gratis: