Apa Penyebab Bau Ketiak?


Apa Penyebab Bau Ketiak?
Apa Penyebab Bau Ketiak. Bau badan menjadi masalah tersendiri yang membuat semua orang merasa kehilangan kepercayaan diri. bau badan atau bau ketiak tidak hanya terjadi pada pria namun juga pada wanita. Penyebabnya adalah jumlah kuman dan bakteri yang berkembang dalam keringat yang berada di ketiak bertambah banyak lalu membuat bau tak sedap keluar dari bagian ketiak. Bau badan ini tidak hanya mengganggu  diri sendiri tetapi juga orang orang disekitar kita. 

Ada beberapa makanan yang harus dihindari apabila ingin terbebas dari bau ketiak. Seperti bawang putih yang terkenal menyebabkan bau badan. Hidup tidak bersih seperti jarang mandi juga menyebabkan bau badan tidak sedap. Kali ini kita akan membahas penyebab bau ketiak. Dengan mengetahui penyebabnya kita bisa mengambil langkah pencegahan supaya bau badan kita tidak menganggu orang lain.


Penyebab Bau Ketiak

Stress
Stress dapat mengakibatkan bau ketiak yang tidak sedap. Percaya? Hal ini disebabkan karena stress memicu produksi keringat berlebihan terutama pada bagian ketiak. Bakteri yang berada disana berkembang lebih cepat karena panas dan mengelurakan bau tidak sedap. Kelenjar keringat pada ketiak yang disebut dengan kelenjar apokrin menghasilkan keringat tidak berair dan keringat dari lemak dan protein yang memicu timbulnya bau tidak sedap.

Makan Brokoli
Anda penyuka sayuran brokoli? Hati hati karena ternyata brokoli juga menyumbang besar ketiak anda berbau tidak sedap. Selain bawang merah dan bawang putih, sayuran hijau dengan rasa manis pun dapat mengakibatkan bau tidak sedap pada ketiak. Hal ini dikarenakan brokoli dan sayuran dari keluarga cruciferous mengandung senyawa seperti sulfur yang apabila sudah masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi senyawa bau yang pada akhirnya dikeluarkan melalui nafas, urine dan keringat.

Makan Daging
Makan daging ternyata juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Menurut hadil pebelitian, orang yang banyak makan daging mempunyai bau badan yang tidak sedap dibanding dengan orang vegetarian atau hanya makan sayur dan buah saja. hal ini disebabkan karena daging memiliki waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh ketimbang sayur. Daging yang tidak dicerna sempurna akan menimbulkan bau busuk pada sistem pencernaan yang mengakibatkan bau badan juga. Pencernaan yang terganggu juga mengakibatkan bau mulut.

Bawang Putih dan Bawang Merah
Jenis bawang bawangan menjadi penyebab bau ketiak paling dikenal baik. bawang merah, bawang putih dan bawang bombay menimbulkan bau badan tidak sedap dan berbau seperti bawang. Hal ini diakibatkan senyawa pada bawang yang mengandung senyawa bau yang dipecah saat pencernaan dan dikeluarkan melalui keringat, urine dan nafas. Sayangnya, menjadi orang Indonesia sulit untuk menghindari mengkonsumsi bawang bawangan karena bumbu utama masakan Indonesia sebagian besar memakai bawang bawangan ini.

Makan Bayam dan Kedelai
Ternyata dibalik manfaat dan kandungan vitamin dan mineralnya, bayam dan kedelai memicu bau badan tidak sebab. Hal ini dikarenakan kandungan metil didalamnya. Meski tidak begitu banyak namun bayam dan kedelai juga menyumbang andil membuat bau ketiak menjadi tidak sedap. Bayam dan kedelai banyak dikonsumsi karena sayuran dan kacang ini tergolong murah. Sayur bayam sering kali menjadi favorit ibu rumah tangga karena mudah mengolahnya. Sedangkan kedelai adalah bahan utama pembuatan tempe, tahu dan susu kedelai.

Nah, setelah mengetahui penyebab bau ketiak, lebih baik juga mengetahui bagaimana mengatasi bau tidak sedap pada ketiak kita.


Cara Mengatasi Bau Ketiak

Pakai Deodorant
Bau badan? Pakai saja deodorant. Dipasaran deodoran dijual bebas. Kita tinggal memilih mau pakai yang mana yang sesuai selera.

Rajin Mandi
Bau badan erat kaitannya dengan kebersihan diri, maka untuk mengatasi bau ketiak sebaiknya rajin rajinlah membersihkan diri. Mandi dua kali sehari cukup untuk mengontrol bau badan yang muncul.

Mencukur Bulu Ketiak
Mencukur bulu ketiak juga membantu mengurangi bau badan. Bakteri tidak akan banyak berkembang pada ketiak yang bersih dari bulu ketiak. Potong bulu ketiak setiap kali sudah panjang dengan rajin.

Demikian adalah pembahasan mengenai penyebab bau ketiak dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan untuk email update gratis: