Manfaat Jahe untuk Kesehatan


Manfaat Jahe untuk Kesehatan
Manfaat Jahe untuk Kesehatan. Jahe sebagai obat obatan tradisonal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Penggunaan jahe sebagai obat mungkin belum dikenal dengan baik. Hanya saja, masyarakat pada umumnya menggunakan jahe sebagai bahan pembuat minuman yang berguna untuk menghangatkan badan di kala dingin dan musim hujan. Ibu ibu lebih banyak menggunakan jahe sebagai empon atau bumbu dapur yang wajib hadir dalam hidangan asli nusantara.

Jahe, yang mempunyai bau kuat dan menyegarkan ini, ternyata memiliki khasiat yang banyak untuk menjaga kesehatan badan kita. Ulasan berikut ini akan mengahdirkan manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat Jahe

  1. Mencegah Penggumpalan Darah 
    Jahe mengandung senyawa aktif antikoagulan yang berguna untuk mencegah pembekuan darah. Senyawa ini bernama Gingerol. Dalam tubuh, senyawa Gingerol tadi akan diubah menjadi zat antikoagulan yang mencegah pembekuan darah.
      
  2. Penawar Racun
    Jahe juga bisa dimanfaatkan untuk menawarkan racun yang tidak sengaja tertelan dalam tubuh. Caranya juga mudah, parut jahe sampai bisa diperas. Lalu minumkan air jahe  tadi pada penderita keracunan dan usahakan sampai muntah. Manfaat lain Jahe adalah dapat mengeluarkan kotoran atau racun dalam tubuh melalui keringat. 

    Jahe mampu menetralisir racun yang dibawa obat atau makanan dalam tubuh dan dan keluarkan melalui keringat. Rasa panas saat mengkonsumsi jahe baik untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh.

    Karenanya, banyak meminum wedang jahe pada kaki lima atau membuat sendiri minuman jahe sangat berguna untuk kesehatan.
      
  3. Meredakan Flu, Pilek dan Sakit Kepala
    Manfaat jahe untuk kesehatan lainnya adalah untuk meredakan sakit flu, pilek dan sakit kepala. jahe mengandung antihistmin alami yang biasa digunakan untuk obat flu. Konsumsi wedang jahe secara rutin saat flu terbukti meringankan flu dan pilk yang diderita. Selain itu, sakit kepala yang biasanya datang bersamaan dengan flu juga akan reda.

    Caranya cukup mudah, ambil 2 siung jahe dan memarkan. Sedu jahe tadi ke dalam air panas beberapa menit lalu minum airnya. Konsumsi minuman jahe sangat dianjurkan dan karena inilah maka orang yang suka minum minuman seduhan jahe akan lebih sehat.
       
  4. Menurunkan Kolesterol
    Jahe juga mempunyai manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Manfaat ini membuat jantung lebih sehat dan terhindar dari ganguan tekanan darah tinggi. Denagn konsumsi air jahe secara teratur setiap hari atau dua hari sekali maka kesehatan jantung juga terjaga. Konsumsi jahe secara rutin mampu mengurangi penyerapan kolesterol pada darah. Manfaat ini karena adanay kandungan Gingerol pada Jahe yang juga berguna sebagai antikoagulan.
      
  5. Mengobati Jerawat
    Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan adalah untuk mengobati jerawat. Jahe juga dikenal sebagai antiinflamasi. Fungsi inilah yang dimanfaatkan saat mengobati jerawat dengan jahe. Masker dari jahe akan membuat jerawat cepat kering dan sembuh.

    Caranya juga mudah. Kupas jahe sampai bersih dan tinggal bagian kuningnya saja. parut smapai halus lalu tempelkan pada wajah atau jerawat yang ada pada wajah. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Ukuran jerawat pun akan lebih mengecil dengan sendirinya.
       
  6. Obat Maag
    Jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai obat maag alami. Dengan mengkonsumsi air jahe secara rutin, maka anti-inflamasi yang dimiliki jahe akan membantu penderita maag untuk mengatasi sakitnya. Manfaat lain dari jahe adalah untuk menghilangkan mual pada perut. Apabila anda adalah salah satu orang yang sangat sering mengalami mual mual pada pagi hari, maka pertimbangkan untuk mengkonsumsi air jahe atau wedang jahe setiap hari. Niscaya mual mual anda akan segera hilang dengan alami.
      
  7. Menjaga Stamina
    Jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai penjaga stamina tubuh. Selain bisa menghangatkan badan, manfaat jahe yang mudah dibuktikan adalah membuat badan lebih segar dan berenergi. Karenanya tidaklah mengherankan para peramu obat tradisonal selalu memasukkan jahe ke dalam resep mereka. Caranya juga mudah saja untuk menjaga stamina dengan memanfaatkan jahe, Minum segelas wedang jahe setipa hari bisa cukup membuat tubuh fit dan berstamina.
Demikian beberapa manfaat jahe untuk kesehatan yang sudah kami bahas di atas, semoga dengan adanya tulisan ini anda lebih memaksimalkan khasiat dari jahe. Punya masalah sama rambut? silahkan baca: Mengatasi Rambut Rontok.

Berlangganan untuk email update gratis: