Penyakit Akibat Sering Begadang


Penyakit Akibat Sering Begadang
Penyakit Akibat Sering Begadang. Begadang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan modern. Entah itu begadang karena harus menyelesaikan pekerjaan, begadang karena memang bekerja malam hari, begadang demi nonton bola dan olahraga lainnya, atau begadang karena mencari hiburan di klub dan pub di ibukota. Begadang adalah bagian dari kehidupan kota besar yang mempunyai kehidupan malam yang gemerlap.

Sayangnya, begadang dalam kaca mata medis tidak sehat dan harus dihindari. Begadang yang dilakukan setiap hari akan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Apabila tidak muncul segera, maka pastilah dampaknya muncul bertahun tahun setelahnya. Ambil contoh saja seorang pengusaha dan pimpinan sebuah surat kabar terkenal yang harus melakukan cangkok hati karena melakukan begadang sampai lewat tengah malam.

Pembahasan kali ini akan mengulas penyakit akibat sering begadang. Dengan mengetahui penyakit yang ditimbulkan akibat terlalu sering begadang, kita semua bisa mencegahnya.


Penyakit Akibat Sering Begadang

Masalah Jantung Serius
Orang yang sering begadang mempunyai resiko terkena masalah yang berkaitan dengan jantung. Penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, stroke, jantung berdebar dan tekanan darh tinggi adalah dampak buruk terlalu sering tidur lewat tengah malam. Selain itu penyakit diabetes jugabisa menyerang orang yang sering melakukan begadang. Kondisi penyakit ini biasanya diawali dengan tanda tanda seperti gelisah, jantung berdebar dan susah tidur.

Konsentrasi Menurun
Orang yang kurang tidur pasti mempunyai masalah konsentrasi. Konsentrasi menurun akibat tubuh terlalu lelah akibat kurang tidur. Kepala bisa menjadi sakit dan pandangan sedikit kabur. Hal ini berbahaya apabila anda harus berkendara ke tempat kerja. Salah satu alasan banyaknya kecelakan lalu lintas adalah karena kurang tidur sehingga konsentrasi turun. Jadi sebaiknya, apabila badan sudah lelah maka istirhatkan. Tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan tenaga dan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.

Gairah Menurun
Karena badan terlalu lelah, orang yangs ering begadang akan tampak lemas dan terlihat mengantuk. Apabila kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu lama maka akan mempengaruhi jam biologis anda. dampak buruknya adalah gairah menurun karena badannya terlalu lelah. Ada baiknya mengistirahatkan total tubuh saat liburan sehingga pergantian sel sel tubuh dapat dilakukan dnegan optimal. Tubuh yang sehat dan fit juga meningkatkan gairah dalam berhubungan.

Depresi
Terlalu sering begadang akan menyebabkan depresi. Orang yang kurang tidur akan lebih cepat marah, lelah baik fisik dan mental. Hal inilah yang menybabkan depresi. Kondisi depresi juga akibat tekanan pikiran, baik pekerjaan ataupun masalah pribadi. Ganguan tidur seperti insomnia adalah salah satu gejala depresi. Maka apabila anda mempunyai imsomnia yang berkelanjutan sebaiknya segera menemui dokter untuk minta terapi. Sebaiknya dicegah jangan sampai terkena depresi lebih lanjut.

Pelupa
Kurang tidur akibat begadang yang terlalu sering dapat membuat kita menjaid pelupa. Mengapa? Karena saat tidur otak akan menyortir ingatan dan menyimpan ingtan jangka panjang. Selain untuk mengintirahatkan tubuh dan mengganti sel sel tubuh, saat tidur, memori dalam otak mengingat dan menyimpan  memori jangka panjang. Apabila kita kekurangan tidur maka fungsi ini tidak bisa dilakukan dengan optimal akibatnya banyak hal yang dilupakan. Bila masih ingin memiliki memori yang bagus sebaiknya perbanyaklah tidur. Otak akan lebih sehat saat kita cukup tidur.

Tingkat Kematian Lebih Tinggi
Begadang terlalu sering juga bisa meningkatkan resiko kematian lebih tinggi darii biasanya. Lihat saja dampak penyakit yang diakibatkan karena kurang tidur. Gagal jantung, serangan jantung dan stroke dan sebagainya adalah deretan penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. walau kematian dapat terjadi karena berbagai faktor, tetapi kurang tidur menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat kematian. Misalnya saja kecelakaan karena sopir kurang kosentrasi akibat terlalu lelah dna mengantuk.

Kegemukan
Begadang juga bisa mengakibatkan terjadinya kegemukan. Begadang lewat jam malam menstimulasi otak untuk mengirim informasi lapar pada jam jam tertentu. Akibatnya anda makan malam hari. Makan malam hari tidak bagus untuk diet yang anda jalankan, mengapa? Karena makan malam hari membuat tubuh menimbun lemak lebih banyak.

Itulah tujuh penyakit akibat sering begadang. Semoga dengan adanya informasi ini anda dapat lebih menghargai waktu dan tentunya selalu menjalankan gaya hidup yang sehat. Dan bagi kamu atau temanmu yang ingin mengatasi bisul baca, Cara Mengobati Bisul.

Berlangganan untuk email update gratis: