Penyebab Penyakit Amandel


Penyebab Penyakit Amandel
Penyebab Penyakit Amandel. Penyakit amandel sering ditemui pada orang yang memiliki imun rendah. Penyakit amandel menyerang bagian tubuh yang dinamakan tongsil atau amandel. Tidak jarang pula amandel harus diangkat. Orang yang mengalami pengangkatan amandel akan lebih mudah terserang penyakit karena amnadel berperan penting dalam menjaga bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

Bahasan kali ini akan mengulas tentang penyebab penyakit amandel dan cara mengatasinya. Apabila amandel sampai diangkat maka pertahanan pertama tubuh pada serangan virus dan bakteri telah musnah. Orang yang mengalami pengangkatan amandel biasanya mudah terserang flu, batuk dan radang tenggorokan. Bahkan ada kasus sampai tidak bisa bicara sama sekali. Semoga pembahasan kali ini bisa memberikan pengetahuan tentang penyakit amandel.


Penyebab Penyakit Amandel

Bakteri
Penyakit amandel bisa disebabkan karena serangan dan infeksi bakteri yang amsuk melalui mulut. 70 persen penyebab penyakit amandel adalah bakteri yang masuk ke dalam mulut melalui makanan dan minuman. Bakteri jenisnya ada banyak dan semuanya berpotensi untuk menyebabkan penyakit amandel.

Virus
Infeksi virus yang terlalu sering membuat tongsil menjadi bermasalah. Tongsil atau amandel akan juga akan mengalami peradangan. Virus adalah penyebab penyakit amandel kedua yang paling sering.

Minum Es
Minum es juga bisa menyebabkan penyakit amandel menyerang anda. konsumsi es yang berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, es bisa saja terbuat dari air yang buruk yang banyak tercemar bakteri. Apabila mengkonsumsi es dari air yang sudah tercemar ini maka amandel bisa dengan mudah menginfeksi amandel. Amandel juga merupakan tempat nyaman bagi bakteri untuk bersembunyi dari imun tubuh. 

Makan Banyak Gorengan
Gorengan yang tidak dibuat dnegan cara yang bersih akan menjadi penyebab penyakit amandel. Gorenagna di pinggir jalan misalnya banyak terkontaminasi dengan debu dan kotoran sehingga kuman dan bakteri memenuhi gorengan tersebut. Bila anda memakan gorengan tersebut maka tentunya akan menjadi masalah besar. Sakit tenggorokan seperti batuk dan radang tenggorokan bisa mengintai. Sekali lagi amandel akan ikut meradang juga.

Tidak Mencuci Tangan
Kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air memperbesar infeksi kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit. Kuman dan bakteri yang amsuk melalui tangan akan menginfeksi amandel saat bakteri menginfeksi mulut dan tenggorokan. Bisa jadi kuman malah bersembunyi dalam amandel.

Setelah mengetahui penyebab penyakit amandel, maka kita akan lebih mudah untuk mengambil pencegahan agar tidka terserang penyakit amandel.


Cara Mencegah Penyakit Amandel

Cuci Tangan Sebelum Makan
Bersihkan tangan dari kuman dan bakteri sebelum mengambil makanan dan menyuapkannya ke dalam mulut. Hal ini untuk mengurangi masuknya bakteri dan kuman yang masuk ke dalam mulut. Gunakan sabun untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di tangan atau juga bisa menggunakan gel cuci tangan yang sudah banyak tersedia di pasaran. 

Pastikan Kebersihan Makanan
Saat membeli makanan, maka pastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Makanan mudah sekali ditempel oleh kotoran yang membawa banyak kuman dan bakteri. Makan di tempat yang bersih dan terjamin mutunya adalah salah satu langkah untuk mencegah penyakit amandel yang banyak disebabkan oleh bakteri dan virus yang masuk ke dalam mulut.

Kurangi Konsumsi Es
Kurangi konsumsi minum es karena tidak sehat. Selain itu, pastikan kebersihan bahan pembuat es apabila terpaksa harus minum es. Salah satu cara mudah adalah dengan datang pada gerai yang menjaga kebersihan. 

Gunakan Alat Mandi Sendiri
Jangan mencanpur peralatan mandi seperti sikat gigi dengan anggota keluarga yang lain. Sikat gigi adalah tempat yang nyaman untuk kuman berkembang biak, apabila digunakan bersama sama maka akan lebih mudah untuk sakit terutama penyakit akibat kuman yang masuk ke mulut, seperti sariawan.

Yang harus diingat dalam mencegah penyakit amandel adalah menjalani hidup tetap bersih. Menggunakan bahan bahan bersih dan menjaga peralatan juga bersih. Mengurangi kesempatan abkteri dan virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut adalah cara terbaik mencegah penyakit amandel. Dan dari penyebab penyakit amandel di atas tentunya lebih tahu bagaimana untuk menghindari masalah amandel.

Berlangganan untuk email update gratis: