Cara Mengatasi Hidung sering Mampet


Cara Mengatasi Hidung sering Mampet
Cara Mengatasi Hidung sering Mampet. Hidung tersumbat atau mampet adalah  gejala pernapasan yang menyebabkan penyumbatan hidung baik pada sebelah hidung ataupun kedua hidung. Banyak hal yang menyebabkan hidung sering tersumbat atau mampet. Misalnya, berada dalam ruangan ber-AC dapat membuat hidung tersumbat, alergi yang selain ditandai dengan hidung tersumbat tapi juga ditandai dengan demam dan rasa nyeri, radang sinusitis, polip, iritasi hidung, tumor, debu, dan asap rokok. 

Hidung yang mampet pasti sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas anda, membuat anda kurang fokus dalam melakukan pekerjaan, dan terkadang membuat anda kurang bersemangat.

Bila anda sering mengalami hidung tersumbat atau hidung mampet cobalah solusi-solusi di bawah ini sebagai cara mengatasinya. 


Mengatasi Hidung Mampet

Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih adalah obat herbal untuk mengatasi hidung tersumbat. Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap airnya selama 10 menit. hidung akan kembali lega dan tidak mampet lagi setelah itu.

Berkumur dengan Garam
Siapkan air hangat, lalu masukan garam sedikit ke dalam air hangat, dan diaduk. Gunakanlah air hangat itu untuk berkumur. Ini berguna untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung anda.

Teh Herbal
Uap yang dilepaskan dari teh herbal hangat akan membantu menenangkan iritasi iritasi pada saluran hidung. Teh herbal berguna untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

Steaming
Steaming tidak hanya bagus untuk rambut, steaming dapat mengurangi peradangan pada hidung dan memperlancar aliran pernapasan. Caranya, sediakan handuk untuk rambut dan baskom yang berisi air hangat. Cuci handuk dengan air hangat lalau kurungi rambut dengan handuk tersebut. 

Berbaring Miring
Ketika anda sedang tidur dan mengalami hidung mampet, cobalah berbaring miring. Bila hidung sebelah kanan yang tersumbat maka menghadaplah ke arah kiri, dan bila hidung sebelah kiri yang tersumbat maka menghadaplah ke arah kanan. Tunggu beberapa saat hingga anda merasa lebih baik lalu tarik napas yang dalam.

Jangan Membuang Ingus Kuat-kuat
Bila anda terkena flu dan mengalami hidung tersumbat , janganlah membuang ingus kuat-kuat karena dapat menyebabkan lapisan hidung meradang dan hidung tersumbat akan semakin parah. Cara tepat untuk membuang ingus adalah buang ingus secara lembut dari satu lubang ke lubang lainnya secara bergantian.

Air Panas
Siapkan baskom yang berisi air panas, lalu hirup uap dari air panas tersebut. hal ini sangat mudah dilakukan. Ini berguna untuk meringankan peradangan dalam waktu singkat. Dalam proses ini penyumbatan akan berangsur berkurang, tetapi tetaplah membuang ingus secara lembut.

Tidur dengan 2 Bantal
Hidung mampet pasti menggangu waktu istirahat anda di malam hari. Tidur anda akan kurang nyenyak bila hidung anda tersumbat. Tidurlah dengan dua bantal untuk mendapatkan posiis tidur setengah menunduk. Hal ini berguna untuk agar pernafasan tidak tersumbat. Dampak adanya gaya gravitasi dan dengan cara ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.

Menghirup Inhaler atau Minyak Angin
Cobalah menghirup inhaler atau minyak angin bila hidung anda tersumbat. Inhaler dan minyak angin mengandung kamper dan mentol yang dapat melancarkan hidung yang tersumbat. Selain dihirup minyak angin juga dapat dioleskan tipis di bawah hidung dan sekitar leher.

Konsumsi Makanan Pedas
Bila anda penggemar makanan pedas dan anda sedang mengalami hidung mampet, cobalah konsumsi makanan yang pedas. Rasa pedas pada makanan dapat merangsang lendir atau ingus lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Itulah solusi-solusi mudah mengatasi hidung yang sering mampet atau tersumbat, semoga artikel ini bermanfaat. Dan bagi anda yang mempunyai kulit tampak seperti sudah tua, dapat mengetahuinya Penyebab Wajah Tampak Tua.

Berlangganan untuk email update gratis: