Cara yang Baik Merawat Wajah Berminyak


Cara yang Baik Merawat Wajah Berminyak
Cara yang Baik Merawat Wajah Berminyak. Siapapun pasti menginginkan wajah yang bersih dan mulus. Tapi, Minyak di wajah yang membuat wajah kita tampak berkilap, selain menjadi tempat menempelnya debu, kuman, dan bakteri wajah berminyak merupakan salah satu  penyebab jerawat apabila tidak diatasi dengan segera. Minyak yang diproduksi akan menjamin kulit tetap sehat, lembab, dan terpelihara kekencangannya. Namun bila produksi minyaknya terlalu banyak akan mengakibatkan beberapa masalah pada kulit. Pemilik wajah berminyak rentan terserang jerawat daripada jenis kulit lainnya. Minyak di wajah dapat menjadi perangkap bagi kotoran dan polusi yang akhirnya bercampur dengan bakteri yang menyebabkan jerawat. Karena itulah, pemilik wajah berminyak memerlukan  perawatan khusus. Metode perawatan wajah yang salah justru akan memperparah kondisi kulit wajah.


Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Penyebab kulit wajah Berminyak diantaranya
Pola Makan
Kurangilah makanan yang mengandung lemak yang tinggi, ataupun makanan yang mengandung santan dan minyak. Bila berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak maka kadar minyak dalam tubuh akan meningkat. Kekurangan nutrisi dan vitamin juga dapat menyebabkan kulit berminyak.

Kosmetik
Berhati-hatilah memilih kosmetik, karena salah menggunakan produk dapat menyebabkan kerusakan wajah, ditambah di zaman sekarang ini banyak kosmetik yang mengandung zat-zat berbahaya.

Pola Hidup
Pola hidup yang tidak sehat bisa mengakibatkan kulit wajah menjadi tidak sehat. Jarang olahraga, mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol adalah beberapa kebiasaan yang tidak sehat.

Faktor Keturunan
Bila orang tua nada memiliki wajah yang berminyak, dan kulit wajah anda juga berminyak. Itu berarti wajah berminyak anda disebabkan oleh faktor keturunan.

Hormon
Ketika seseorang dalam masa pubertas ataupun perempuan yang sedang hamil sering mengalami ketidakseimbangan hormon, hal-hal ini dapat menjadi penyebab kulit wajah yang berminyak.

Penggunaan KB
Penggunaan KB bisa memicu kulit menjadi berminyak.


Cara Merawat Wajah Berminyak

Bila kulit anda termasuk jenis kulit berminyak, anda memerlukan perawatan khusus. Berikut ini adalah cara merawat kulit wajah yang berminyak.
  
Pembersih Muka 
Cara paling efektif untuk merawat dan menghilangkan kulit berminyak adalah membersihkan muka anda baik pagi dan malam hari. Gunakanlah pembersih muka yang lembut bagi wajah anda dan handuk yang lembut untuk mengusap wajah anda.Pembersih muka saja tidak lah dapat menyingkirkan minyak. Oleh karena itu, cobalah produk yang mengandung asam: seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. “Banyak produk yang mengandung asam terdapat di dalam produk perawatan jerawat. Jadi, produk-produk tersebut bukan hanya baik untuk perawatan jerawat tapi juga baik untuk kulit berminyak,” begitulah yang dipaparkan April Armstrong, MD. 

Gunakan Kertas Penyerap Minyak
Gunakan kertas khusus penyerap minyak, caranya dengan menepuk-nepukkan kertas perlahan pada kulit wajah. Untuk mengatasi minyak di wajah, jangan gunakan toner yang beralkohol tinggi, karena ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Gunakan Masker atau Peeling
Gunakan masker atau peeling untuk merawat wajah yang berminyak minimal seminggu seklai. Pintar-pintarlah memilih produk, atau anda bisa menggunakan masker dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan.

Daun Seledri
Potong kecil-kecil daun seledri yang telah dicuci bersih. Rebus irisan seledri tersebut dengan segelas air. Rebus selama 5 menit. setelah itu, biarkan air rebusan itu selama 15 menit atau tunggu sampai dingin. Setelah dingin, oleskan air rebusan seledri pada wajah anda dan tunggu hingga kering, lalu bilas hingga bersih. Lakukan ini dua hari sekali untuk mendapatkan haksil yang maksimal.

Itulah beberapa cara merawat kulit wajah yang cenderung berminyak, selamat mencoba. Bagi kamu yang sering flu dan ingin mengatasinya bisa mencoba Cara Mengatasi Flu.

Berlangganan untuk email update gratis: