Cara Diet yang Sehat dan Benar setelah Melahirkan


Cara Diet yang Sehat dan Benar setelah Melahirkan
Cara Diet Sehat dan Benar Setelah Melahirkan. Tubuh langsing pasti menjadi dambaan setiap perempuan. Tapi kebanyakan perempuan berubah dari sisi fisik seperti menjadi gemuk setelah menikah atau setelah melahirkan. Banyak hal yang menyebabkan kegemukan pada wanita yang telah melahirkan, mulai dari pola makan sampai permasalahan hormon. Sangat sulit untuk perempuan menghindari naiknya berat badan. Sebanyak 80 persen wanita ingin segera menurunkan berat badan pasca melahirkan. Namun terkadang wanita sulit dihadapkan pada masalah sulitnya menemukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dari aspek kehamilan secara alami. Dalam waktu 6 minggu rahim akan menutup dan kembali ke ukuran semula, dan ligamen tubuh akan kembali panjang dan elastisitas normal sekitar 3-6 bulan. Tetpai jaringan otot tidak secepat rahim dan ligamen tubuh dalam masa pemulihan. Wanita perlu melakukan latihan untuk mengembalikkan kekuatan, kepadatan, dan fungsionalitas otot-otot pada tubuh.

Saat anda hamil dan melahirkan, pasti ada perubahan seperti lengan yang menggelambir, timbunan lemak yang melingkar di area perut, pipi yang menjadi “chubby”. Bagi anda yang menginginkan tubuh tetap langsing, pasti ini akan menjadi masalah yang besar.


Cara Diet Setelah Melahirkan

Menyusui
Banyak ibu muda yang menghindari menyusui. Karena mereka berpendapat menyusui dapat mengendurkan payudara. Padahal pendapat ini belum tentu benar. Menyusui sangat membantu ibu mengembalikkan bentuk tubuhnya kembali ideal. Menyusui atau memberikan asi pada bayi merupakan cara mudah dan cepat untuk langsing  pasca melahirkan.

Mengurangi porsi Makan
Wanita yang ingin langsing pasca melahirkan dapat mengurangi porsi makan tapi memperbanyak intensitas makan. Ini bermanfaat untuk membakar kalori. Hal ini dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga berat badan lebih cepat berkurang. Karena proses itu, maka dengan mengurangi porsi makan adalah cara tepat untuk cepat langsing pasca melahirkan.

Jaga pola Makan
Anda perlu nutrisi yang lebih banyak di masa pemulihan. Nutrisi seperti vitamin C, zat besi, dan protein sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan pemulihan. Proses pemulihan dapat dilakukan dengan cara meregenerasi sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak pasca melahirkan. Maka itu perbanyaklah konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Hindari juga makanan yang mengandung kolesterol agar berat badan anda tidak semakin bertambah pasca melahirkan.

Latihan yang Tepat
Bila anda ingin tubuh kembali langsing, maka janganlah bermals-malasan. Lakuakn aktivitas fisik agar tubuh anda aktif beregrak. Anda tidak usah melakukan latihan yang intebsitasnya tinggi. Anda cukup jalan kaki sambil mendorong kereta bayi mengelilingi kompleks perumahan. Dengan berjalan kaki selain dapat membakar kalori lebih banyak juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap bugar pasca melahirkan.

Sebaiknya sebelum anda melakukan diet pasca melahirkan. Anda terlebih dahulu harus memastikan kondisi tubuh sudah benar-benar pulih atau belum. Bila belum, jangan tergesa-gesa melakukan diet karena bentuk tubuh yang mulai gendut. Anda harus benar-benar pulih terlebih dahulu sebelum melakukan diet. Bila anda sudah benar-benar pulih, anda boleh melakuakn diet sehat untuk mengembalikan bentuk tubuh anda kembali langsing seperti semula. Perlu diingat walaupun anda sedang diet, menjalani pola makan sehat sangatlah penting. 

Berlangganan untuk email update gratis: