Cara Mengatasi dan Menghilangkan FLU


Cara Mengatasi dan Menghilangkan FLU
Cara Mengatasi dan Menghilangkan FLU. Influenza (Flu) adalah salah satu penyakit menular, yang penyebab utamanya adalah virus RNA dari golongan Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang timbul akibat flu secara garis besar awalnya ditandai dengan rasa malas, lelah, dan pegal-pegal pada seluruh tubuh. Lalu gejala berlanjut menjadi demam yang biasanya berlangsung selama 3 hari, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, mual, muntah, ataupun diare. Pada keadaan lebih lanjut flu dapat menyebabkan penyakit kronis yang semakin parah yang diderita oleh orang yang memiliki penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.
Maka itu jangan sepelakan penyakit flu, bila anda terkena flu segeralah lakukan cara-cara untuk mengatasi flu yang anda alami.


Cara Mengatasi Flu

Cobalah cara-cara di bawah ini untuk mengatasi flu, yaitu:
Perbanyaklah Minum Air Putih
Air putih memiliki sejuta manfaat yang baik bagi tubuh. Saat flu tubuh membutuhkan banyak cairan. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman penyebab flu.

Konsumsi Minuman Hangat
Cobalah minum teh hangat atau kopi. Minuman hangat dapat membantu mengurangi gejala flu seperti  hidung tersumbat dan melegakkan tenggorokan, serta dapat mencegah dehidrasi. Bila anda sedang terkena flu seringlah mengkonsumsi minuman hangat.

Istirahat Total
Kelelahan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun, dan flu dapat dengan cepat menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Istirahat totallah untuk sementara waktu saat anda flu agar sistem kekebalan tubuh kembali seperti semula.

Konsumsi Campuran Madu dan Jahe
Madu memiliki manfaat untuk mengatasi flu atau pilek. Ambillah 2 ruas jahe, lalu parutlah dan campurkan dengan madu. Lalu konsumsilah 3x sehari. Maka flu anda akan sembuh.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Cabai
Cabai mengandung senyawa kimia yang bernama capsaicin yang dapat membantu membersihkan rongga hidung. Cobalah konsumsi sup dengan taburan lada bila anda sedang flu.tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas juga karena dapat menyebabkan sakit perut.

Konsumsi Rempah-rempah yang Hangat
Minumlah air rebusan rempah-rempah seperti kencur, jahe, dan kemangi. Rebus bahan-bahan tersebut lalu minumlah air rebusannya.

Konsumsi Buah dan Sayuran
Konsumsilah buah dan sayuran, vitamin dan mineral diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Gunakan Aroma Bawang
Bawang adalah rempah-rempah yang dapat membantu mengatasi flu. Aroma bawang seperti bawang merah dan bawang putih. Aroma bawnag dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang lalu hirup aromanya selama 5 menit. ini dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Terapi Uap Tradisional
Siapkan air panas dalam baskom, lalu gunakan handuk kecil untuk menutuupi kepala, tempatkan wajah anda di atas baskom. Agar hasil optimal, campurkan minyak kayu putih, jahe, ataupun rempah lainnya dalam air panas.

Berkumur
Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, cuka apel, dan kunyit jahe. Ini berguna untuk membersihkan bakteri jahat pada mulut agar tidak masuk ke tenggorokan.

Gunakan Aroma Mentol
Oleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat hidung, tenggorokan, dan dada anda. Ini ampuh untuk mengatasi flu dan pilek.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi flu dengan mudah, tidak perlu repot pergi ke dokter. Cobalah dulu cara-cara mengatasi flu yang telah dipaparkan di atas. Bagaimana cara diet yang benar? baca: Cara Diet Sehat yang Baik.

Berlangganan untuk email update gratis: