Cara Alami Mengatasi Kulit Kering secara Alami


Cara Alami Mengatasi Kulit Kering secara Alami
Cara Alami Mengatasi Kulit Kering secara Alami. Kurangnya kelembaban akan menyebabkan kulit kusam, dan akan mengakibatkan kulit kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat sehat dan cerah. Kulit kering merupakan tanda penuaan pada umumnya. Kulit yang dibiarkan kering terlalu lama akan menyebabkan keriput pada kulit. Mikroba akan lebih mudah berkembang pada kulit kering dan pecah-pecah, dan akan menyebabkan infeksi jamur. Bila kulit kering terus berlanjut maka dapat menyebabkan eksim.


Penyebab Kulit Kering

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan kulit anda menjadi kering:
  • Cuaca kering dan dingin bisa menyebabkan pengeringan kulit sehingga menjadi bersisik.
  • Cuaca yang dingin dan musim yang kering.
  • Cuaca ekstrim, mandi dengan air yang terlalu panas, berenang di air yang mengandung klor, dan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik.
  • Pemanas ruangan justru lebih lanjut akan menghilangkan kelembaban dan akan memperparah kekeringan kulit.
  • Kurangnya kelembaban pada kulit yang menyebabkan kulit kering.
  • Kulit kering juga bisa disebabkan karena faktor genetik.
  • Faktor usia dapat dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mempertahankan kelembaban kulit.
  • Kekurangan gizi dan diet yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit kering.
  • Mengkonsumsi obat-obatan seperti antihistamin, diuretik, dan anti spasmodics.
  • Kulit kering dapat disebabkan penyakit seperti hipotiroidisme, diabetes, eksim, dan psoriasis.


Mengatasi Kulit Kering

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi kulit kering secara alami, yaitu:
Yogurt
Ketika kulit anda kering, cobalah mengelupasnya menggunakan yogurt, terutama greek yogurt. Yogurt bisa digunakan untuk mengelupas kulit kering dengan aman.

Minyak Zaitun
Selain untuk menyembuhkan bibir kering, minyak zaitun juga dapat mengatasi kulit kering di bagian tubuh seperti siku dan tangan.

Labu
Labu mengandung enzim yang dapat mengobati kulit kering. Cobalah, campurkan satu kaleng labu dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian jadikan campuran itu masker pada kulit kering. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Scrub Alami
Buatlah scrub alami dari cmapuran gula merah, minyak, madu dan jus lemon. Jadikan campuran itu sebagai scrub dan gosokkan pada kulit yang kering.

Perbanyaklah Minum Air Putih
Komponen dasar tubuh manusia lebih banyak terdiri dari air dari pada zat padat. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka kulit akan mengalami kekeringan. Minumlah iar putih minimal 2 liter dalam sehari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Kurangi Mandi Menggunakan Air Hangat
Terlalu sering mandi dengan air hangat dapat menyebabkan kulit kering. Jadi kurangilah kebiasaan ini. Kalau anda ingin kulit anda lembab, maka jangan terlalu sering mandi dengan air hangat.

Hindari Kosmetik yang Berbahan Kimia
Beberapa kosmetik yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan kulit kering. Cobalah untuk menggunakan kosmetik dari bahan alami untuk merawat kecantikan.  Bahan-bahan alami seperti masker, tomat, dan lidah buaya adalah bahan alami untuk merawat kecantikan.

Konsumsi Teh Herbal 
Konsumsi teh herbal yang mengandung tumbuh-tumbuhan akan menyeimbangkan kelembaban kulit.

Kurangi Kebiasaan Merokok
Tembakau adalah bahan dasar rokok, tembakau dapat membuat kulit kering. Bila anda ingin kulit anda terjaga kelembabannya maka kurangilah bahkan jauhi kebiasaan merokok.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi kulit kering, yang paling penting untuk merawat kesehatan kulit adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu jika selama ini anda sering tidur dengan lampu menyala, mulai sekarang cobalah hentikan. Karena, baca: Bahaya! tidur dengan lampu menyala.

Berlangganan untuk email update gratis: