Bahaya! Tidur dengan Lampu Menyala


Bahaya! Tidur dengan Lampu Menyala
Bahaya! Tidur dengan Lampu Menyala. Malam hari adalah waktu yang sangat tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Tidur secara teratur akan memberikan dmapak yang baik bagi tubuh, dan akan membuat anda merasa segar di pagi hari saat anda bangun tidur. Dari sekian banyak orang yang tidur, beberapa orang suka tidur dengan menyalakan lampu. Para ilmuwan telah meneliti bahwa tidur dengan lampu tetap menyala akan menurunkan zat melatonin. Seperti sebuah kasus di london, ada seorang yang menderita kanker dan ternyata di sebabkan terlalu lama menggunakan lampu waktu tidur pada malam hari, sedangkan orang yang buta sangat tidak rentan dengan melatonin yang memiliki resiko rendah mengindap kanker.

Ahli biologi bernama Joan Robert melakukan percobaan pada hewan, dan hasilnya ketika hewan tersebut diberi cahaya buatan pada malam hari, melatonin nya (salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat) menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Saat tidur, otak kita hrus benar-benar beristirahat. Cahaya saat anda tidur menjadikan kualitas tidur anda kurang baik. Cahaya berperan sebagai perangsang stimulator kerja otak. Cahaya dalam kamar tidur akan menembus bagian mata anda walaupun anda sedang terlelap. Cahaya tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak. Saat tidur tubuh akan melakukan detoksifikasi untuk menetralisir toksin yang mengkontaminasi tubuh. Bila kualitas tidur anda bagus maka proses detoksifikasi hati akan berjalan optimal. 

Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Adanya cahaya membuat produksi gormon melatonin akan berhenti. Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku ‘Avoiding Cancer One Day At A Time’ juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh membutuhkan suasana gelap saat tidur, agar menghasilkan zat kimia ynag dapat melawan kanker.  Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya. Prof. Russle Reiter dari Texas University mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun.”

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa bahaya tidur dengan lampu menyala, adalah:


Bahaya Tidur Lampu Menyala

Hormon Melatonin
Hormon yang sangat berkaitan untuk menjaga kekebalan tubuh ini sangat dibutuhkan tubuh. Tidur dengan lampu menyala dapat menghambat produksi melatonin sehingga resiko munculnya penyakit kanker akan meningkat.

Kanker
Orang yang tidur dengan tetap membiarkan lampu menyala beresiko terkena kanker. Karena tidur dengan lampu menyala akan merangsang pembentukan sel kanker. Solusi agar terhindar dari hal ini adalah dengan menggunakan lampu yang redup atau mematikan lampu saat tidur.

Ternyata kebiasaan tidur dengan lampu menyala memiliki dampak yang kurang baik bahkan bisa dibilang bahaya untuk kesehatan tubuh manusia. Karena dapat meningkatkan resiko kanker. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa tidur dengan lampu menyala akan menyebabkan dampak buruk bagi tubuh kita. Setelah mengetahui dampak buruknya, tentu bagi anda yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala akan menjadi was-was. Maka itu marilah matikan lampu atau gunakan lampu yang redup ketika sedang tidur. Apakah gigi anda sering ngilu? Baca disini tentang Penyebab Gigi Ngilu.

Berlangganan untuk email update gratis: