Apa Penyebab Gigi Sering Terasa Ngilu?


Apa Penyebab Gigi Sering Terasa Ngilu
Apa Penyebab Gigi Sering Terasa Ngilu?. Gigi adalah salah satu organ tubuh yang penting. Masalah-masalah yang terjadi pada gigi pasti membuat setiap orang tidak nyaman. Apakah anda sering merasakan ngilu pada gigi ketika anda mengkonsumsi makanan asam dan manis atau minuman yang terlalu panas atau dingin? Jika iya, maka anda menderita gigi sensitif atau hipersensitif dentin. Rasa ngilu yang ditimbulkan terasa tajam, singkat, dan sering kali tidak disadari. 

Tidak mengherankan jika 50 persen penduduk Indonesia mengalami masalah gigi sensitif. Masalah ini bukanlah akibat penyakit gigi. Masalah gigi sensitif terjadi akibat menipisnya enamel, penurunan gusi dan terbukanya dentin (sebuah lapisan di bawah enamel). Nyeri yang berkaitan dengan sensitivitas umumnya terjadi dalam saraf gigi. Pembentukan lapisan email gigi yang kurang sempurna (ename hypoplasia) juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Sisa-sisa makanan yang menumpuk di daerah pertemuan gigi juga bisa menimbulkan ngilu. Sisa makanan ini akan masuk melalui sela-sela gigi dan sulit terjangkau sikat gigi sehingga akan sulit dibersihkan. Lama-kelamaan penumpukannya akan makin banyak.

Menurut Sung, ada sejumlah faktor utama penyebab gigi sensitif. Gusi yang kendur sehingga membentuk ceruk, gusi kadang turun dan lepas dari gigi serta menampilkan bagian permukaan akar. Biasanya itu terjadi akibat penyakit disebabkan akumulasi plak atau karang gigi di sepanjang garis gusi. "Ketika bakteri mengeluarkan racun maka gusi terinfeksi sehingga menyusut," papar Sung.

"Kebiasaan mengerat-ngeratkan gigi juga dapat membuat flek pada gigi dan pecahan yang akhirnya menciptakan takikan di dentin di garis gusi. Itu disebut abrafraksi," imbuh Sung. "Bila anda kerap menggesekkan gigi saat tidur, disarankan untuk menggunakan pelindung gigi saat tidur demi melindungi gigi." Menggosok gigi terlalu kuat dengan bulu sikat yang kasar, atau sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan dapat menyebabkan abfraksi. Anda harus menyikat gigi dengan perlahan dan lembut menggunakan sikat yang berbulu halus. Saran Sung, gantilah sikat gigi setiap tiga bulan sekali.


Penyebab Gigi Sering Terasa Ngilu

Penurunan Gusi
Ketika penurunan gusi terjadi maka akan terbentuk ceruk yang memudahkan bakteri masuk dan mengeluarkan racun sehingga menyebabkan infeksi gusi dan gusi menjadi menyusut.

Kebersihan Gigi dan Mulut yang Kurang Terjaga
Sikat gigi dua kali sehari sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, bila perlu gunakan obat kumur dan benang gigi. Bila kebersihan mulut dan gigi kurang terjaga maka bakteri akan mudah masuk di sela-sela gigi.

Bleaching (pemutihan permukaan gigi)
Zat pemutih yang digunakan untuk bleaching gigi berpotensi mengikis enamel pada gigi. Banyak orang terutama kaum hawa  yang melakukan bleaching gigi. Bila anda ingin melakukan bleaching gigi, pikirkanlah kembali keinginan itu. Jangan sampai anda menyesal nantinya karena mendapatkan kerugian pada gigi anda.

Penyikatan Gigi Terlalu Kuat
Menyikat gigi terlalu kuat dengan bulu sikat yang kasar, atau sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan dapat menyebabkan abfraksi. Maka itu sikatlah gigi anda dengan lembut dan perlahan, gantilah sikat gigi tiga bulan sekali.

Mulut Kering dan Produksi Air Liur Sedikit
Bila anda memiliki masalah mulut kering dan produksi air liur sedikit, ini akan menyebabkan masalah gigi sensitif.

Infeksi Gusi yang Terus Menerus
Infeksi gusi yang terus menerus dapat menyebabkan gigi anda menjadi sensitif.

“Masalah gigi sensitif bisa diatasi, yakni dengan menggunakan pasta gigi mengandung potassium nitrar and strontium chlorida,” kata Dekan FKG Universitas Indonesia, Drg. Robert Lessan. Robert juga menyarankan, agar tidak lekas menyikat gigi setelah makan. Menyikat gigi setelah makan bisa memicu terjadinya gigi sensitif karena PH di dalam mulut mengalami penurunan. Maka itu sikatlah gigi anda 25 menit setelah anda makan. Anda bisa mengkonsultasikan ngilu karena gigi sensitif yang anda rasakan pada dokter gigi. Baca juga Cara Menghilangkan Kutu Rambut.

Berlangganan untuk email update gratis: