Cara Mudah Mengatasi Insomnia


Cara Mudah Mengatasi Insomnia
Cara Mudah Mengatasi Insomnia. Insomnia adalah kelainan atau penyakit dimana seseorang dalam kondisi sulit tidur, atau kondisi saat seseorang sulit tertidur lelap. Jika anda mengalami insomnia, anda akan bangun dalam kondisi tidak segar dan pastinya ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Penderita insomnia memiliki gejala kurang tidur, kelelahan di siang hari.

Insomnia terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
  • Insomnia Temporer
    Insomnia ini hanya berlangsung singkat, biasanya kurang dari satu minggu. Insomnia jenis ini biasanya penyebabnya adalah karena stress.
      
  • Insomnia Akut
    Orang yang menderita insomnia akut biasanya akan mengalami gangguan tidur selama sebulan. Insomnia akut ditandai dengan penderitanya yang tetap mengalami masalah saat memulai tidur atau mempertahankan tidur.
       
  • Insomnia Kronis 
    Insomnia ini biasanya berlangsung selama lebih dari satu bulan.  Orang yang mengalami insomnia kronis biasanya mengalami halusinasi yang parah dan mengalami penglihatan ganda.


Insomnia disebabkan beberapa faktor seperti faktor biologis, psikologis, dan faktor lingkungan.
  
Faktor Biologis
  • Faktor Usia
    Menurut penelitian seseorang yang sudah lanjut usia beresiko mengalami insomnia dibandingkan yang berumur muda.
      
  • Hormon
    Perempuan hamil dan yang sedang mengalami menstruasi juga dapat berpotensi mengalami insomnia. Karena ketidakseimbangan hormon yang diproduksi saat menstruasi atau hamil.
      
  • Jet Lag
    Seseorang yang mengalami mabuk udara(jet lag) saat naik pesawat juga berpotensi mengalami insomnia.
      
  • Penyakit
    Penyakit yang menyebabkan kerusakan otak seperti stroke dan alzheimer menyebabkan penderitanya rentan terkena insomnia.
      
  • Efek Samping Obat dan Kafein
    Penggunaan obat-obatan seperti narkoba atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan insomnia.
      
Faktor Psikologis
  • Gangguan Mental  
    Gangguan mental seperti gangguan kecemasan atau bipolar juga dapat menyebabkan seseorang terkena insomnia.
     
  • Beban Pikiran
    Beban pikiran yang terlalu banyak dapat membuat seseorang stress sehingga dapat berpotensi terkena insomnia.
      
  • Faktor Psikis  
    Ketakutan, paranoid, depresi, dan emosional juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia. Ketakutan akibat gangguan pada fase tidur REM (Rapid Eye Movement). Gangguan pada fase tidur seperti mimpi buruk, tindihan (sleep paralysis), atau berjalan saat tidur (sleepwalking) dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

Faktor Luar
  • Jam kerja yang tidak teratur
  • Kelelahan
  • Bekerja pada malam hari
  • Pola tidur tidak teratur

Bila anda mengalami insomnia, cobalah lakukan tips-tips di bawah ini untuk mengatasi insomnia dan tidur lebih cepat. 

Menetralisir Suara
Suara kendaraan dan suara anjing menggonggong akan mengganggu waktu tidur anda, maka cobalah lawan suara tersebut dnegan suara yang lebih tenang seperti suara kipas angin. Atau gunakan ear plugs untuk menyumbat telinga anda.

Jangan Merokok
Rokok mengandung nikotin yang membuat anda semakin susah tidur. Maka bila anda seorang perokok cobalah untuk mengurangi dan sedikit demi sedikit belajar untuk berhenti merokok. Janganlah anda merokok 4 jam sebelum tidur

Relaksasi Pikiran
Cobalah membaca buku bacaan yang ringan atau mendengarkan musik sebelum anda tidur. Dan juga redakan emosi dan tenangkan pikiran sejam sebelum tidur.

Tempatkan Leher di Posisi yang Netral
Gunakan bantal yang tepat untuk mendukung leher anda agar dalam posisi netral. Bila tidur menyamping, hidung harus sejajar dnegan pusat tubuh anda. Dan hindarilah posisi telungkup.

Bersihkan Tempat Tidur
Tempat tidur yang jarang dibersihkan akan dipenuhi debu dan kutu yang menyebabkan alergi. Dan bila alergi sudah datang anda bisa saja bersin-bersin ataupun gatal-gatal. Maka itu jagalah kebersihan tempat tidur.

Cobalah tips-tips yang sudah dipaparkan diatas untuk mengatasi insomnia. Bila insomnia anda tidak juga mereda maka cobalah konsumsi obat tidur, tapi janganlah berlebihan. Bila masih insomnia juga cobalah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusinya. Bagi kamu yang masih berumur muda tapi wajah tampak tua dapat membaca, Penyebab Wajah Tampak Tua.

Berlangganan untuk email update gratis: