Cara Mengatasi Tumit yang Pecah-pecah dengan Sendiri


Cara Mengatasi Tumit yang Pecah-pecah dengan Sendiri
Cara Mengatasi Tumit yang Pecah-pecah dengan Sendiri. Tumit pecah-pecah secara medis dikenal dengan celah tumit akibat kapalan. Kapalan akan menyebabkan tekanan berat tubuh meluas ke samping, menjadi kering, dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Tumit pecah-pecah bisa disebabkan kekurangan vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3. Kulit kering penyebab utama tumit pecah-pecah. Retakan pada tumit bisa menyebabkan kulit berdarah dan menimbulkan rasa sakit. Bahkan hal ini bisa mengakibatkan infeksi. Anda dapat mengenali gejala-gejala tumit pecah-pecah. Beberapa gejala tersebut seperti kulit merah dan bersisik, kulit gatal, kulit yang mengelupas, dan juga pendarahan pada kaki.


Penyebab Tumit Pecah-pecah

Berikut ini adalah faktor penyebab tumit pecah-pecah
  • Bila anda memiliki kulit kaki yang kering atau kering tebal dan melakukan aktivitas berlebihan dengan kulit  maka akan berpotensi menyebabkan tumit pecah –pecah.
  • Obesitas juga dapat menyebabkan tumit pecah-pecah, karena tekanan pada lemak normal di bawah tumit yang menyebabkan kulit melebar ke samping.
  • Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan tumit pecah-pecah.
  • Penyakit seeprti eksim, tiroid, dan diabetes juga dapat menyebabkan tumit oecah-pecah.
  • Kaki yang terkena air terus menerus terutama sambil berjalan dapat berakibat hilangnya minyak alami kulit, dan meninggalkan kulit kering dan kasar.
  • Semakin tua seseorang maka resiko mengalami tumit pecah-pecah semakin besar.
  • Kekurangan vitamin, mineral, zat besi dan seng.
      

Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Bila anda mengalami tumit pecah-pecah, anda dapat mencoba solusi di bawah ini,  yaitu:
Bubur Pisang Matang
Oleskan bubur pisang matang pada daerah tumit yang pecah-pecah. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air sampai bersih. 

Daging Alpukat dan Pisang
Haluskan daging alpukat dan buah pisang, lalu jadikan campuran ini sebagai pasta. Alpukat dan kelapa mengandung minyak esensial dan vitamin. Pasta ini akan memberikan vitamin dan minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap lembut dan lembab. Serta dapat menyembuhkan tumit yang pecah-pecah. 

Rendam Kaki dalam Jus Lemon
Jus lemon mengandung asam ringan yang membantu menghilangkan kulit mati dan kulit kering. Rendamlah kaki anda kedalam jus lemon selama 10 menit. Lakukan ini sekali dalam  seminggu hingga mendapatkan perubahan. 

Jeruk Nipis
Rendamlah kaki anda dalam larutan air jeruk nipis, lalu gosok dengan batu apung atau sikat yang berbulu lembut. Ini berguna untuk menghilangkan kulit mati yang menyebabkan tumit pecah-pecah. 

Campuran Tepung Beras, Cuka Apel, dan Madu
Siapkan segenggam beras lalu giling hingga menjadi tepung beras. Tambahkan beberapa sendok madu dan cuka apel. Lalu  rendam kaki anda selama 20 menit. Bila masalah tumit pecah-pecah anda sudah cukup parah, anda bisa menambahkan sesendok minyak zaitun. kemudian pijat kaki anda dengan campuran bahan-bahan tersebut dengan lembut. Cuka akan membantu melarutkan lapisan kulit mati, tepung beras akan membuat lapisan kulit mati terkelupas, sedangkan minyak zaitun dan madu berfungsi sebagai pelembab alami.

Air Mawar dan Gliserin
Bersihkan kai anda lalu keringkan. Oleskan campuran air mawar dan gliserin pada tumit yang kering. Mawar dan gkiserin mampu melembutkan tumit yang kering dan pecah-pecah.

Oleskan Krim Khusus Kaki
Bersihkan kaki anda lalu keirngkan. lalu oleskan krim khusus kaki, setelah itu pakailah kaus kaki dari bahan wool atau lycra untuk mengunci nutrisi dari krim tersebut.

Minyak Nabati
Oleskan minyak nabati yang terhidrogensi setelah anda membersihkan kaki anda. Lalu pakailah kaus kaki tebal sebelum anda tidur.

Itulah beberapa solusi mengatasi tumit yang pecah-pecah, semoga bermanfaat. Bagi anda yang ingin memanjangkan rambut dengan cepat dapat membaca Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat.

Berlangganan untuk email update gratis: