Tips Menghindari Kembali Datangnya Sakit Gigi


Tips Menghindari Kembali Datangnya Sakit Gigi
Tips Menghindari Kembali Datangnya Sakit Gigi. Bila anda pernah mengalami sakit gigi, entah apapun penyebabnya seperti gigi berlubang dan penyebab lainnya. Pasti anda merasakan betapa memyiksanya nyeri yang anda rasakan bila anda sakit gigi. Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, selain nyerinya pasti anda juga sangat terganggu dnegan bau mulut yang tidak sedap. Bila sakit gigi menyerang, anda akan mendadak emosional dan seluruh aktivitas yang anda jalani akan terganggu. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, tapi bila anda sudah terlanjur pernah mengalami skait gigi maka anda harus menghindari agar sakit gigi tidak datang kembali.

Anda perlu mengetahui tips-tips menghindari kembali datangnya sakit gigi, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari kembali datangnya sakt gigi.
  

Menghindari Datangnya Sakit Gigi

Menyikat Gigi dengan Teratur
Sikatlah gigi anda 2 kali sehari, saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Pada saat anda tidur produksi air liur tidak banyak sehingga bila anda tidak membersihkan gigi pada malam hari, sisa-sisa makanan akan terselip pada sela gigi dan menyebabkan gigi rusak. Air liur berguna untuk melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Sikatlah Gigi Anda dengan Benar
Selain menyikat gigi dengan teratur, menyikat gigi juga harus dengan cara yang benar agar hasilnya maksimal. Cara menyikat gigi dnegan benar adalah dengan menyikat gigi ke arah bawah untuk gigi depan bagian atas, menyikat menyikat gigi ke arah atas untuk gigi depan bagian bawah dan menyikat secara mendatar untuk gigi geraham. Sikatlah gigi geraham lebih lama karena gigi geraham banyak dipakai untuk mengunyah makanan sehingga berpotensi banyak sisa makanan yang menempel.

Gunakanlah Pasta Gigi yang Mengandung Flouride
Menggunakan pasta gigi yang berflouride dapat mencegah timbulnya sakit gigi. Flouride merupakan bahan yang dapat membentuk email gigi. Zat ini juga dapat mencegah pembusukan gigi. Saat ini sudah banyak pasta gigi yang mengandung flouride.

Berkumur Setelah Makan
Berkumurlah setelah anda makan agar sisa makanan tidak menempel pada sela-sela gigi dan mengurangi kandungan asam dalam gigi.

Bersihkan Sela-sela Gigi dengan Benang Gigi
Membersihkan sisa makanan pada sela gigi bisa menggunakan tusuk gigi. Tapi itu dapat menyebabkan luka pada gusi. Maka itu cobalah menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi.

Jangan Terlalu sering Makan-makanan yang Mengandung Gula
Bila anda sering mengkonsumsi makanan manis maka dampaknya gigi anda akan cepat berlubang. Makanan yang mengandung gula akan tertinggal di gigi. Makanan yang tertinggal di gigi akan menimbulkan bakteri yang menyebabkan asam pada gigi sehingga gigi mudah berlubang.
Konsumsi makanan sehat
Mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. 

Kunjungi Doker Gigi secara Teratur
Dengan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur dapat mencegah gigi berlubang. Dokter gigi bisa membantu anda menemukan lubang kecil yang tidak terlihat ketika anda menggosok gigi. Karena gigi berlubang adalah salah satu penyebab sakit gigi. Maka itu anda pelru melakukan pemeriksaan gigi rutin 6 bulan sekali di dokter gigi. Mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati. 

Itulah beberapa tips untuk menghindari sakit gigi agar tidak datang kembali. Cobalah lakukan tips-tips di atas, tentu anda tidak ingin merasakan sakit gigi yang cukup menyiksa, kan. Maka itu, jagalah selalu kesehatan gigi anda. Baca juga Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah.

Berlangganan untuk email update gratis: