Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami


Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami
Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami. Ketombe adalah penglupasan sel-sel kulit mati dari kulit kepala yang berlebihan. Sel-sel kulit mati yang mengelupas adalah hal biasa tapi jika berlebihan dan disertai dengan iritasi dan kemerahan pada kulit kepala dapat merupakan gejala dermatitis seboroik atau psoriasis. Ada beberapa foktor yang menyebabkan ketombe muncul pada rambut, yaitu:


Faktor Penyebab Ketombe

  • Jarang Mencuci Rambut dengan Shampo
    Bila anda tidak keramas dengan shampo secara tertaur, maka sel-sel di kulit kepala akan menumpuk dan membentuk ketombe.
      
  • Kulit Kepala Kering
    Kulit kepala yang kering dapat menghasilkan butir ketombe yang halus dan tidak berminyak.
      
  • Malassezia
    Malassezia adalah jamur yang hidup di kulit kepala manusia. Pertumbuhan jamur malassezia yang tidak terkendali pada kulit kepala akan memakan minyak yang dikeluarkan folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan sel-sel kulit kepala tumbuh lebih banyak dari biasanya. Kelebihan sel kulit kepala yang mati yang bergabung dengan minyak kulit kepala dapat menyebabkan ketombe.
       
  • Stress 
    Stress dapat menyebabkan pertumbuhan jamur Malassezia tidak terkendali sehingga memunculkan ketombe di kulit kepala.
      
  • Makanan
    Kekurangan vitamin B dan zat besi dapat menyebabkan munculnya ketombe, maka dari itu penuhilah kebutuhan vitamin B dan zat besi yang dibutuhkan tubuh.
      
  • Cuaca
    Cuaca yang terlalu panas juga dapat menyebabkan munculnya ketombe.

     

Cara Mengatasi Masalah Ketombe

Garam
Garam adalah bahan yang mudah didapat, dan biasa digunakan setiap hari untuk memasak. Garam yang berupa kristal abrasif dapat bekerja sebagai exfoliator alami. Ini dapat bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala. Caranya adalah dengan menuangkan 3 sendok makan garam di telapak tangan lalu pijat lebut rambut yang sudah sedikit basah dengan garam tersebut selama 3 menit lalu bila sampai bersih.

Lemon
Lemon mengandung asam yang dapat membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab ketombe. Siapkan 2 sendok makan jus lemon lalu tuangkan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut selama satu menit. campur satu sendok teh jus lemon dengan 1 cangkir air dan bilas rambut anda dengan campuran itu. Ulangi setiap hari sampai ketombe anda hilang.

Cuka
Cuka akan membantu menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe. Cuka juga tidak akan menyumbat pori-pori . caranya adalah dengan mencampur setengah cangkir air hangat dengan setengah cangkir cuka apel, tuang campuran itu pada kulit kepala dan gosok dengan lembut selama beberapa menit. lalu bilas sampai bersih dengan air. Tunggulah 8-12 jam untuk dapat mandi secara normal. Lakukan ini sekali dlaam seminggu.

Baking Soda
Baking soda berguna untuk menyingkirkan sel kulit mati yang berlebihan, berfungsi sebagai fungisida, dan menghilangkan ketombe yang terjebak dalam rambut. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan secangkir air hangat, lalu aduk rata. Gunakan campuran ini sebagai pengganti shampo.

Jeruk Nipis dan Jus Lemon
Siramkan dua sendok makan air jeruk nipis pada kulit kepala dan pijatlah dengan lembut. Lalu tuangkan segelas air yang telah diberi sesendok jus lemon pada kulit kepala. Diamakan selama bebrapa menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan ini beberapa kali hingga masalah ketombe dapat teratasi.

Aloe Vera
Aloe vera membantu anda untuk mengembalikan keadaan normal kulit kepala. Terapkan ekstrak aloe vera pada kulit kepala sebelum keramas  lalu diamkan selama 15 menit. lalu bilaslah hingga bersih.

Itulah beberapa tips dan cara yang mudah untuk mengatasi masalah ketombe, tidak perlu biaya yang mahal, karena semua bahan sangat mudah di temukan. Semoga bermanfaat, dan buat anda yang mempunyai masalah dengan gigi, bisa baca: Cara Menghindari datangnya Sakit Gigi.

Berlangganan untuk email update gratis: