Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung


Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung
Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung. Jantung merupakan bagian terpenting bagi manusia. Namun sering kali perawatan yang salah serta keteledoran kita membuat jantung bermasalah, yang bahkan bisa berakibat fatal hingga kematian. Penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu didunia. Penyakit jantung disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung.
  

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Menghindari Stress
Stres meningkatkan tekanan darah dan risiko penggumpalan, serta membuat tubuh melepaskan hormon kortisol yang dikaitkan dengan penyakit diabetes tipe dua dan hipertensi. 

Sebuah penelitian di Belanda menyebutkan bahwa orang-orang berusia 65 hingga 85 yang selalu memiliki rasa optimis dan berpikiran positif ternyata mampu menurunkan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular hingga 23%.
Perbanyak kegiatan spiritual.

Penelitian menunjukan bahwa menghadiri acara-acara keagamaan bisa menormalkan denyut jantung Anda dan mengurangi stres. Cara lain adalah dengan menyendiri dan melakukan meditasi. Manfaatkan waktu Anda hanya untuk berbicara kepada Tuhan dari hati dengan berkontemplasi. Berwisata mengunjungi tempat-tempat indah atau mengekspresikan diri Anda secara kreatif pun bisa memiliki efek yang sama.

Relaksasi
Melakukan relaksi secara tratur, sangatlah baik untuk penderita jantung. Karena jika jantung bernafas dengan baik dan teratur maka keadaan jantung akan semakin stabil dan membaik. Dan ingat hindari berbicara yang terlalu keras.

Tahan Amarah
Rasa marah bisa mengecilkan pembuluh darah, jantung berdetak kencang serta mengentalkan dan menggumpalkan darah. Saat berhadapan dengan situasi yang membuat Anda stres dan frustrasi, cobalah hitung sampai sepuluh (cara itu akan mengubah otak Anda dari emosional menjadi berpikir rasional), ambil napas dalam-dalam dan jangan ladeni orang yang menjengkelkan.

Pola Makan
Makanan yang banyak mengandung lemak dan kolestrol tinggi perlulah dihindari bagi penderita penyakit jantung. Karena makanan mengandung kolestrol tinggi pastilah sangat menggung kesehatan jantung.

Berhenti Merokok
Jika anda seorang perokok, maka dari sekarang cobalah untuk menghindari hal tersebut. Karena dari asap rokok sangat berpengaruh ke paru-paru.

Gerakkan Tubuh dengan Berolahraga Secara teratur
Berolahraga sangat penting bagi jantung karena membantu mengurangi risiko munculnya penyakit jantung. Selain itu, olahraga juga akan membantu menjaga berat badan pada tingkat yang sehat sehingga membuat jantung tetap dapat memompa dengan efisien.
Olahraga tidak harus berat. Jalan santai, membersihkan rumah, ataupun melakukan olahraga lainnya yang tidak sulit untuk dilakukan

Lakukan Pemeriksaaan Kesehatan secara Teratur
Rutin mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan hal penting yang harus Anda lakukan.
Tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan hal penting yang harus dikontrol secara rutin agar kadarnya tetap rendah untuk memastikan jantung tetap sehat. Lakukanlah pemeriksaan rutin agar bisa memastikan kondisi kesehatan jantung Anda.

Mengurangi Minum Alkohol 
Anda sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak minum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman beralkohol mampu merusak otot jantung anda.

Tidur Malam Berkualitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang. Kurang tidur menyebabkan Anda memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang mungkin perlu lebih dari 8 jam.

Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu. Orang yang mendapatkan tidur cukup berat badannya lebih terkontrol dan memiliki kesehatan yang lebih baik.

Demikian beberapa tips mudah menjaga kesehatan jantung anda. Stress, pola makan dan kurangnya olahraga dapat menjadi penyebab utama yang mempengaruhi kesehatan jantung anda. Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda dan menambah pengetahuan anda. Baca juga Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah.

Berlangganan untuk email update gratis: