Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan


Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan
Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan. Telur Ayam dikenal dengan protein yang tinggi memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh baik anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa sangat dianjurkan mengkonsumsinya secara teratur. Telur sendiri sebenarnya ada banyak jenisnya yang sering dimanfaatkan oleh manusia seperti telur bebek, telur ayam, telur puyuh, telur itik atau entok dan sebagainya. Telur merupakan makanan yang hampir semua manusia di dunia sering mengkonsumsinya.

Salah satu pertimbangan banyak orang untuk mengkomsumsi telur adalah karena nutrisi yang terdapat pada telur itu sangat lengkap seperti protein, karbonhidrat, kalsium, asam amino, esensial, vitamin, biotin, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, yodium, mangan serta seng. Putih telur dan kuning telur memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang hampir sama namun sayangnya masih banyak orang yang enggan mengkonsumsi kuning telur karena terdapat kandungan kolestrol meskipun demikian kuning telur masih dapat dikonsumsi asal tidak berlebih. Berikut manfaat telur ayam bagi kesehatan antara lain sebagai berikut:
  

Manfaat Telur Ayam

Baik untuk Kesehatan Mata
Kandungan karotenoid pada kuning telur ini sangat besar. Karotenoid merupakan pigment yang memberikan warna kuning pada kuning telur yang dapat membantu menurunkan  resiko degenerasi penglihatan serta katarak pada mata. Selain itu antioksidan yang terdapat dalam telur juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak retina mata.

Dapat Membuat Jantung Sehat
Ternyata kuning telur juga dapat membuat jantung kita sehat, kandungan choline yang terdapat dalam kuning telur dapat membantu memaksimalkan fungsi kardiovaskuler.

Membantu Perkembangan Otak
Salah satu bagian telur yang dapat membantu perkembangan otak adalah kuning telur karena mengandung vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sitem syaraf. Choline juga dapat membantu perkembangan otak pada janin jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

Mencegah Penggumpalan Darah 
Ternyata kuning telur dapat menunda pembentukan penggumpalan telur.

Kesehatan Tubuh 
Putih telur mengandung 1.3 mcg folat, 6.6 mcg selenium, 2.3 mg kalsium, 3.6 mg masgesium dan 4.9 mg fosfor, dan semuanya adalah senyawa esensial yang penting bagi kesehatan tubuh.

Pemulihan Fisik 
Telur merupakan sumber protein terbaik salah satunya adalah asam amino. Putih telur sangat tinggi asam amino yang diperlukan untuk perkembangan fisik anak pembentukan otot serta pemulihan fisik yang lelah pada orang dewasa.

Merawat kulit 
Dengan mengkonsumsi telur secara teratur maka anda bisa memanfaatkannya sebagai pengencang kulit, menghaluskan kulit serta menghilangkan kekeringan pada kulit.

Mengkonsumsi telur ayam  mentah umum dilakukan sebagai jamu pada beberapa tradisi kesehatan tradisional. Namun mengkonsumsi telur mentah beresiko terinfeksi bakteri salmonnela yang dapat menyebabkan gangguan berupa diare, kram perut dan demam. Jadi untuk mengurangi resiko bakteri pastikan telur dan tangan sudah dalam keadaan bersih.

Telur juga sangat enak bila digoreng namun tahukah anda, bahwa telur yang digoreng justru tak baik bagi kesehatan pasalnya menggoreng telur hanya akan menambah kadar kolestrol buruk pada telur serta kehilangan banyak nutrisi. Jadi pilihan yang terbaik untuk mengkonsumsi telur dengan cara direbus. Kuning telur yang umumnya sangat ditakuti akan kandungan lemaknya sebenarnya adalah makanan yang sangat sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kuning telur mangandung 1.33 gram kolestrol per 100/gram dan merupakan sumber yang kaya vitamin A, Vitamin B, kalsium, fosfor, lesitin dan zat besi. Zat besi yang ditemukan dalam kuning telur lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh.

Menurut para ahli gizi, seseorang dapat makan satu butir telur setiap hari tanpa merugikan kadar kolestrol dan kadar lemak lainnya dalam tubuh. Ayam yang diberi makan gandum dan rumput-rumputan kaya karoten umumnya memilki warna kuning  yang lebih mencolok akan tetapi tidak menjamin apakah telur itu lebih bernutrisi dibandingkan kuning telur yang puncat atau tidak karna telur juga bisa menggambarkan kesehatan ayam tersebut. Semoga dengan adanya Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan di atas, dapat bermanfaat. Baca juga Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil.

Berlangganan untuk email update gratis: