Manfaat Khasiat Tomat untuk Kesehatan


Manfaat Khasiat Tomat untuk Kesehatan
Manfaat Khasiat Tomat untuk Kesehatan. Tomat memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh kita, entah itu bagi kesehatan maupun kecantikan. Buah tomat bisa dimakan langsung, dibuat jus, dibuat saus tomat, dimasak, dibuat sambel goreng, dibuat acar atau bisa juga dibuat salad. Rasa dari buah tomat itu sendiri adalah manis, sedikit asam, sifatnya sedikit dingin.

Tomat yang memiliki nama latin Lycopersicum esculentum Mill adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Tomat juga berkhasiat menghilangkan haus, antiseptik usus, pencahar ringan (laksatif), menambah nafsu makan dengan cara memperbanyak keluarnya air liur, merangsang keluarnya enzim lambung, dan melancarkan aliran empedu ke usus. Daun berkhasiat penyejuk. Penelitian di Amerika, laki-laki yang mengonsumsi sedikitnya sepuluh porsi buah tomat yang dimasak dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena kanker prostat sampai 45%. Hal ini dimungkinkan karena adanya likopen, karoten pada tomat yang dipercaya dapat mencegah timbulnya tumor dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Tomat memiliki beberapa kandungan gizi yaitu betakaroten, terutama likopen, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan memiliki antidioksidan tinggi.

Bahkan ajaibnya tomat yang sudah dimasak terlebih dahulu itu tidak akan menghilangkan kandungan dari likopen itu sendiri. Justru jumlah likopen akan meningkat 10 kali lipat pada saat dikonsumsi setelah melalui proses pemasakan, dan ketika sudah menjadi saus. Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit diserap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara direbus atau dikukus.
 

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Mencegah Kanker
Laporan dari Journal of National Cancer Institute mengatakan, kaum pria pengonsumsi 10 porsi makanan berbahan dasar tomat jarang terkena kanker prostat. Diperkirakan berkat kandungan likopen. Bukan cuma kanker prostat, penelitian dari Universitas Illinois pun menunjukkan, tomat dapat menghindari gejala kanker rahim. Begitu juga kanker lambung, usus besar, rektum, dan pankreas. Jadi buah tomat memiliki kandungan likopen yang sangat baik untuk mencegah kanker.

Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian terhadap para pria Eropa menunjukkan, mereka yang dalam tubuhnya memiliki kadar likopen tinggi, jarang terkena serangan jantung. Kandungan asam salisilat juga mampu mencegah pengentalan darah.
Jadi dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin kesehatan kita akan tetap terjaga, dan kita terhindar dari penyakit jantung.

Mencegah Dari Penyakit Demam
Pengobatan tradisional Cina membuktikan, tomat mempunyai khasiat pereda demam (antipiretik) dan penawar racun (detoksikan). Cara menggunakan tomat sebagai obat penyakit demam, sebagai berikut:
  1. Cucilah tomat yang sudah matang sekitar 3 buah
  2. Lalu potong kecil-kecil tomat tersebut
  3. Haluskan tomat kedalam setengah cangkir air masak dan tambahkan satu sendok makan madu murni kedalam cangkir tersebut.
  4. Peraslah campuran tersebut dan saring
  5. Ambil hasil saring tadi lalu minum.
  6. Lakukan tiga kali sehari.
Catatan: Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.

Terhindar dari Jerawat
Manfaat selanjutnya dari buah tomat adalah dapat terhindar dari jerawat membandel. Cara pemakaian tomat agar terhindar dari jerawat adalah:
  1. Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml)
  2. Lalu aduk keduanya hingga merata.
  3. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat.
  4. Lakukan cara ini kurang lebih 2-3 kali sehari.
  5. Atau tomat tersebut bisa juga digunakan sebagai masker, caranya yaitu :
  6. jus tomat dicampur dengan satu sendok teh yogurt tawar.
  7. Gunakan masker selama kurang lebih 10 menit
  8. Lalu bersihkan wajah dengan air.

Kesehatan Untuk Rambut
Tomat juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, cara menggunakannya yaitu:
  1. Siapkan beberapa tomat
  2. Haluskan tomat tersebut tanpa menggunakan air
  3. Oleskan jus tomat dari kulit kepala hingga ujung rambut
  4. Diamkan 30 menit
  5. Setelah 30 menit keramaslah dan bilas hingga bersih.
Manfaat menggunakan tomat untuk kesehatan rambut adalah:
  • Menyeimbangkan PH rambut yang basah
  • Menghilangkan bau rambut
  • Menghilangkan bahan kimia dari kolam renang di rambut
  • Membuat warna rambut lebih berkilau
  • Mencegah dan menyembuhkan kerontokan.
Catatan: Tidak disarankan digunakan secara rutin karena tomat sendiri mengandung asam, Menggunakan tomat segar terlalu sering akan mengeringkan rambut, Diajurkan 1 kali 2 minggu ketika rambut rusak, Hanya gunakan tomat segar 1 kali dalam 2 bulan ketika rambut sudah sehat. Baca juga cara diet yang benar

Berlangganan untuk email update gratis: