Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh. Buah tomat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang mempunyai warna cerah dan segar ini tidak hanya bagus untuk kecantikan saja, tomat juga terbukti bagus untuk menjaga kesehatan. Selama ini, buah tomat banyak dimanfaatkan untuk merawat tubub daru luar, seperti merawat wajah dan rambut. Manfaat tomat yang terkenal adalah untuk mencerahkan kulit wajah.

Namun siapa sangka, buah dengan kandungan lycopene cukup tinggi ini ternyata juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan lain sebagainya. berikut adalah beberapa manfaat tomat untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Penggumpalan Darah
    Salah satu manfaat tomat bagi kesehatan tubuh adalah untuk mencegah penggumpalan darah.Selaput kuning pada biji tomat mengandung zat untuk antikoagulan ini. Penggumaplan darah biasanya menjadi penyebab adanya gagal jantung dan stroke. Dengan adanya zat yang mencegah penggumpalan darah, maka kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

    Manfaat tomat dapat dirasakan lebih apabila dimakan dalam keadaan segar. Baik di jus maupun dimakan langsung, sesuai cara ini sama sama akan menyehatkan tubuh dan memberikan manfaat yang sama.
      
  2. Mencegah Kanker
    Manfaat lain dari tomat adalah untuk mencegah kanker. kanker sampai saat ini belum ada obatnya, karenanya dengan mencegah terserang patogen yang menyebabkan kanker lebih penting dilakukan sebelum terlambat. Tomat juga bisa bermanfaat untuk mencegah sel sel kanker berkembang lebih jauh dengan menerapkan hidup sehat. Banyak makan makanan sehat dan bergizi.
      
  3. Anti Inflamasi
    Tomat juga mempunyai manfaat sebagai zat anti inflamasi. Ini berarti tomat bisa dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi yang terjadi di dalam dan diluar tubuh. Tomat terkenal lebih dingin dari suhu tubuh, karenanya bagus untuk mendinginkan tubuh beberapa saat. Apabila terjadi infeksi di dalam tubuh, maka tomat bisa membantu meredakan infeksi tersebut dengan efektif.
      
    Mengkonsumsi tomat setiap hari juga bagus untuk kesehatan kulit karena tomat mengandung cukup vitamin C yang akan membuat kulit jauh lebih segar dan tubuh menjadi lebih sehat.
      
  4. Anti Oksidan
    Kandungan utama tomat adalah anti oksidan. Anti Oksidan dalam buah tomat mampu menangkal radikal bebas yang merusak kulit. Karenanya, tomat banyak digunakan untuk perawatan kulit wajah. Lycopene adalah salah satu zat yang banyak terkandung dalam tomat. Kandungan lycopenen ini dapat menjadi dua kali lipat apabila tomat dikonsumsi dalam keadaan hangat.

    Konsumsi jus tomat atau wedang tomay setipa hari akan menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik. Selain itu, kulit menjadi lebih segar dan cerah.
      
  5. Mencegah Wasir
    Sebagai buah, tomat mengandung cukup serat yang membantu proses metabolisme dalam tubuh. Kandungan serat inilah yang akan melancarkan buang air besar dan menyehatkan usus lebih baik. Apabila pencernaan sehat maka tidak akan ada wair atau hemoroid yang tumbuh pada anus.
      
    Konsumsi tomat setiap hari untuk melancarkan pencernaan. Apabila dilakukan secara rutin, maka anda bisa memetik manfaatnya secara langsung.
       
  6. Menambah Produksi Sperma
    Tomat juga bisa dimanfaatkan untuk menambah produksi sperma pada laki laki. Karenanya bagi anda yang mempunyai keinginan untuk mempunyai anak, maka perbanyaklah makan buah tomat. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung. Di perancis, buah tomat bahkan dikenals ebagai apel cinta karena fungsinya ini.
       
  7. Mencegah Kerusakan DNA
    Tomat mengandung vitamin A dan C. Vitamin vitamin inilah yang berfungsi untuk mencegah kerusakan DNA yang diakibatkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.Selain itu, Tomat juga berfungsi untuk meringankan sakit diabetes dan mencegahnya bagi mereka yang belum memiliki diabetes. Kandungan vitamin dan  zat zat penting lainnya dalam tomat baik untuk diet bagi penderita diabetes.
      
  8. Mengurangi Kadar TNF-Alpha
    Konsumsi tomat beberapa butir sehari mampu mengurangi kadar TNF-Alpha sampai 34 %. TNF-Alpha adalah salah satu penyebab terjadinya peradangan dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan manfaat tomat untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai anti-inflmasi. berkurangnya kadar TNF-Alpha dalam tubuh yang cukup banyak ini, tomat menjaga tubuh dari beberapa penyakit serius, seperti Kanker, jantung, osteoporosis, dan bahkan alzhaimer.
  
Dengan adanya manfaat tomat untuk kesehatan di atas, kami harap anda libih bisa memperhatikan kesehatan dan memaksimalkan apa saja manfaat dari tomat. Selain dari manfaatnya, ada juga harus mengetahui khasiat dari tomat, baca Khasiat Tomat untuk Kesehatan

Berlangganan untuk email update gratis: