Cara Mudah Mengatasi Kegemukan secara Alami


Cara Mudah Mengatasi Kegemukan secara Alami
Cara Mudah Mengatasi Kegemukan secara Alami. Kelebihan berat badan atau kegemukan seakan tidak pernah habis ceritanya. Masalah selalu saja muncul bagi orang yang memiliki masalah dengan kegemukan seperti kesulitan untuk memilih pakaian yang pas, kurang percaya diri hingga masalah akan timbulnya penyakit. Kegemukan lebih memiliki pengaruh pada kaum hawa yang mana mereka yang gemuk akan sulit untuk membuat penampilan mereka menjadi cantik akhirnya rasa kurang percaya diripun menghantui. Kebanyakan wanita yang memiliki masalah dengan kegemukan akan cenderung emosional dan mudah sekali tersinggung apalagi ketika di singgung mengenai penampilan mereka.

Dalam dunia kesehatan, kegemukan memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. banyak penyakit yang mengintai orang yang memiliki berat badan berlebih. Penyakit yang rentan menyerang diantaranya adalah penyakit diabetes, penyakit darah tingg, penyakit jantung, penyakit kanker, hingga masalah dengan siklus bulanan atau menstruasi. Penyebab terjadinya kegemukan juga ada berbagai macam dan terkadang kebiasaan yang dilakukan juga bisa menjadi pemicu kegemukan. Untuk mengenal lebih jauh mengenai penyebab dari kegemukan,  berikut ini sejumlah daftar penyebab kegemukan yang bisa dilihat agar nanti bisa menemukan cara mudah mengatasi kegemukan nantinya.

Penyebab Kegemukan

Kekurangan Tiroid
Kekurangan kadar tiroid akan membuat lemak dalam tubuh sangat susah untuk dicairkan atau dibakar sehingga penumpukan lemak terus terjadi. Kekurangan tiroid dalam tuuh juga berdampak pada nafsu makan yang meningkat apalagi pada jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Peristiwa ini lebih sering dialami oleh wanita yang mengakibatkan pada lambatnya pergerakan metabolisme dalam tubuh.

Kekurangan Asam Lemak Esensial
Wanita memang cenderung mengalami masalah dengan kegemukan. Apalagi jika tubuh mengalami kekurangan lemak baik seperti asam lemak esensial penghasil hormon yang berfungsi merawat dan mempertahankan metabolisme dalam tubuh.

Pada Masa Menopouse
Masa menoupouse atau masa sudah tidak menstruasi lagi pada wanita biasanya menurunkan produksi hormon yang dimiliki. Pada sebagian wanita yang sudah menopouse, nafsu makan mereka menjadi meningkat. Hal ini lah yang nantinya berpengaruh pada berat badan yang dimiliki.

Mengalami Gangguan Kartisol
Peningkatan produksi hormon kartisol berdampak pada meningkatnya penumpukan lemak dalam tubuh khususnya pada bagian perut, wajah, atau pundak. 

Menggunakan Alat Kontrasepsi
Wanita yang mengonsumsi obat kontrasepsi atau pil KB cenderung mengalami kegemukan pada tubuhnya. Hal ini karena adanya pergantian hormon dan juga terjadi peningkatan hormon sehingga berpengaruh pada nafsu makan yang mneingkat.

Gula Darah Tidak Seimbang
Nafsu makan yang meningkat dan tidak terkendali mengakibatkan pada gula darah yang tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan berat badan menjadi meningkat. Peningkatan kadar insulin dalam darah membuat seseorang menjadi sering lapar dan selalu berhasrat ingin makan.

Sedang Hamil atau Menyusui
Wanita yang sedang hamil atau menyusui biasanya mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini karena wanita selalu menerima makanan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi wanita itu sendiri dan sekaligus kebutuhan janin dalam kandungan. 

Kegemukan yang dialami tidak selamanya membuat seseorang merasa nyaman. Oleh sebab itu, ada berbagai cara dilakukan untuk mengembalikan postur badan seperti keadaan sebelum mengalami kegemukan kecuali wanita yang sedang hamil atau menyusui. Wanita yang sedang hamil atau sedang menyusui tidak memerlukan perawatan khusus karena berat bada akan turun dengan sendirinya ketika proses menyusui nanti. Akan tetapi, untuk kasus kegemukan lainnya diperlukan perawatan agar berat bada bisa kembali normal. Tidak perlu menggunakan cara ekstrim untuk mengurangi lemak dalam tubuh, karena ada cara mudah mengatasi kegemukan asal dilakukan dengan rutin dan telaten.

Cara Mengatasi Kegemukan

Olah Raga
Dengan berolah raga rutin, kegemukan sudah bisa diatasi. Salah satu olah raga yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga murah adalah dengan melakukan jogging setiap hari 15 menit. Selain bisa mengurangi berat badan akibat kegemukan, jogging juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar setiap harinya.

Konsumsi Serat
Cara mudah mengatasi kegemukan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat setia hari maka akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung akan mengurangi nafsu makan dan lebih terkontrol. Selain itu, makanan berserat juga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. makanan berserat juga memiliki kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk program makanan menurunkan berat badan.

Konsumsi Protein
Makanan dengan kandungan protein yang tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa dikurangi dan kegemukan bisa dikurangi dengan mengurangi porsi makanan berkalori tinggi.

Mengurangi Ngemil di Malam Hari
Kebiasaan ngemil dimalam hari sebelum tidur memang tidak baik karena berpengaruh pada bertambahnya berat badan. Oleh sebab itu, kurangi ngemil dimalam hari bisa mengurangi berat badan dan kegemukan. Jika ingin ngemil, pilihlah makanan yang rendah kalori dan lemak seperti buah-buahan.

Minum Air Putih
Air putih bersifat netral dan dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air sehari. Dengan banyak minum, maka akan mengurangi keinginan untuk makan-makanan yang berat dan dengan kalori yang tinggi.

Makan Teratur
Makan teratur tiga kali sehari dengan porsi yang pas dan terpenuhi nutrisi empat sehat lima sempurna akan menyeimbangkan setiap asupan yang diterima dan tentunya tidak berlebihan. Dengan makan teratur juga bisa mengurangi kegemukan karena makanan yang dikonsumsi cukup serat dan nutrisi lainnya.

Silahkan anda coba salah satu tips mengatasi kegemukan dengan mudah di atas secara maksimal, maka mudah-mudahan hasilnya akan maksimal. Punya masalah pada panu? Bisa baca Cara Mengatasi Panu.

Berlangganan untuk email update gratis: