Makanan untuk Mencerdaskan Anak


Makanan untuk Mencerdaskan Anak
Makanan untuk Mencerdaskan Anak. Pada masa pertumbuhan seorang anak memang membutuhkan nutrisi lengkap dari makanan yang di asup sehari-hari. Mulai dari vitamin, mineral, karbohidrat, protein,dan masih banyak lagi nutrisi yang diperlukan seorang anak. Dengan memenuhi semua nutrisi yang diperlukan oleh anak selama masa pertumbuhannya, para orang tua pasti menginginkan perkembangan anak yang sehat dan cerdas serta pintar nantinya. Selain melengkapi anak dengan memenuhi nutrisinya, peran orang tua dalam mengikuti setiap perkembangan yang terjadi setiap waktunya pada anak akan memberikan support tersendiri oleh anak. Perhatian orang tua dan lingkungan yang positif akan menciptakan seorang anak yang tidak hanya cerdas tapi juga berperilaku yang sopan dan santun.

Kembali lagi pada pembahasan mengenai makanan untuk mencerdaskan anak yang diberikan pada masa-masa pertumbuhannya. Seperti yang telah diketahui bahwa masa pertumbuhan anak antara umur 0-5 tahun merupakan masa keemasan anak dimana segala apa yang dilihat dan rasa akan merupakan aspek pembelajaran untuk membentuk karakter si anak. Jadi, pada masa itu asupan makanan anak harus benar-benar diperhatikan agar nutrisi lengkap bisa diterima dengan baik.

Asupan makanan empat sehat lima sempurna ketika sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping selain ASI merupakan pola makan yang akan menjadi prioritas orang tua dalam tumbuh kembang anak. Jika anak masih mengkonsumsi ASI secara eksklusif maka asupan makanan sang ibulah yang harus lengkap agar nutrisi yang diterima anak melalui ASI tetap sempurna dan juga lengkap. Namun, jika anak sudah mulai mengkonsumsi makanan pokok lainnya maka memilih makanan yang baik dan juga merupakan makanan untuk mencerdaskan anak akan sangat selektif. Tidak perlu mahal dan mewah yang terpenting adalah kelengkapan nutrisi dan gizinya yang lengkap dan juga seimbang.

Untuk memenuhi asupan makanan yang kaya akan nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan anak dari segi manapun, berikut ini sejumlah daftar makanan untuk mencerdaskan anak yang beragam dan mudah di dapat.

Makanan Mencerdaskan Anak

Konsumsi Sayuran
Berbagai macam jenis sayur yang mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan dalam perkembangan otak. Sayuran juga memiliki banyak warna dan dalam warna sayuran memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Misalnya sayuran:
  • Paprika merah, wortel, brokoli,  mengandung beta karoten. Selain itu, wortel juga mengandung kalsium, zat besi, dan juga magnesium.
  • Bawang bombay memiliki warna kuning yang mengandung antoxantin yang akan melindungi dari radikal bebas
  • Tomat berwarna kemerahan mengandung likopen dan berfungsi melindungi selaput otak
  • Bit memiliki warna ungu ang mengandung antasianid yang juga mampu melindungi membran otak.

Masih banyak sayuran lainnya seperti bayam dan sayuran lainnya yang memiliki kandungan gizi dan menyehatkan sel-sel yang terdapat dalam otak karena semua sayuran mengandung antioksidan yang bagus dan tinggi.

Konsumsi Buah-Buahan
Layaknya sayuran yang beragam warna, buah-buahan juga memiliki warna yang beragam strawberry, blueberry, dan lainnya. Untuk menstimulasi kecerdasan anak mulailah dengan mengkonsumsi buah-buahan berwarna, seperti:
  • Buah Alpukat mengandung beta karoten, vitamin C dan E, serta lemak tak jenuh
  • Buah Jambu Biji mengandung vitamin C yang tinggi
  • Buah Pepaya juga mengandung vitamin C serta enzim papain yang berfungsi mencerna protein.
Segala macam jenis buah-buahan merupakan pilihan untuk mencerdaskan anak yang masih dalam masa pertumbuhan selain memiliki rasa yang enak dan segar.

Konsumsi Ikan
Ikan adalah sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. selain itu, ikan juga kaya akan omega-3, asam lemak DHA, dan asam lemak EPA. Nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan pada otak dengan baik. Ada berbagai macam jenis ikan, seperti ikan air tawar ataupun ikan air laut. Contohnya adalah salmon, tuna, nila, mas, krapu, dan masih banyak lagi.

Konsumsi Telur dan Daging
Makanan untuk mencerdaskan anak lainnya adalah telur dan daging. Seperti halnya ikan, telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengkonsumsi telur khususnya bagian kuning telur dengan teratur akan mengasah dan meningkatkan daya ingat. Seperti halnya telur mengkonsumsi daging juga akan meningkatkan daya ingat karena daging mengandung tinggi protein, mineraldan zat besi.

Konsumsi Susu
Susu merupakan penyempurna dalam makanan. Susu sangat baik di konsumsi anak karena mengandung protein dan juga vitamin B yang akan meningkatkan perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat.

Konsumsi Olahan Kedelai
Olahan dari kedelai seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, dan serat yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak apalagi dalam masa emas pertumbuhannya.

Demikianlah daftar makanan untuk mencerdaskan anak yang bisa dijadikan sebagai referensi makanan untuk anak. Beragam jenisnya bisa diolah dengan berbagai masakan yang beragam pula. Mengganti menu setiap harinya akan melengkapi nutrisi makanan empat sehat lima sempurna yang maksimal serta menghindari dari kebosanan pada anak. Memiliki anak sehat dan juga cerdas serta cemerlang adalah keinginan setiap orang tua. Maka dari itu mulailah menyajikan makanan sehat berimbang untuk anak sejak dini.

Berlangganan untuk email update gratis: