Apa Saja Penyebab Perut Buncit? Baca Ini


Penyebab Perut Buncit
Penyebab Perut Buncit. Perut buncit bisa jadi membuat orang tidak percaya diri. perut buncit menandakan bahwa orang tersebut juga memendam penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Besarnya lingkar pinggang dapat menjadi penyebab terserang penyakit diabetes dan penyakit lainnya. Sayangnya, perut buncit sulit sekali dihilangkan. Terkadang walau sudah berolahraga mati matian pun belum tentu bisa menyingkirkan perut buncit.

Untuk mengatasi masalah perut buncit, maka anda perlu mengetahui penyebab perut buncit. Dengan mengetahui penyebabnya, pencegahan dan langkah penanggulangan yang tepat dapat diambil. Yang lebih penting adalah hasil yang didapat bisa maksimal. Berikut adalah penyebab perut buncit yang tidak disadari oleh orang.

Penyebab Perut Buncit

Ngemil Malam Hari
Ngemil bisa membuat berat badan bertambah, ngemil malam hari dampaknya lebih buruk lagi karena bisa membuat perut buncit. Terutama ngemil makanan guruh dan manis karena kedua jenis makanan ngemil ini bisanyan disimpan dalam bentuk lemak dan pada area seperti perut, bokong dan paha. Karenanya lebih baik mengurangi negmil makanan manis dan gurih dan gantilah dengan ngemil buah yang lebih sehat.
   
Mengapa negmil pada malam hari bisa mengakibatkan perut buncit? Ini disebabkan karena saat malam hari orang sedikit sekali bergerak. Kebanyakan akan menghabiskan waktunya untuk bersiap istirahat. Sehingga kalori yang masuk pun akan sedikit digunakan dan disimpan dalam tubuh. Nah, apabila cadangan kalori ini semakin banyak dan jarang digunakan maka perut semakin buncit. Jadi lebih baik tidak ngemil saat malam. Makan malam sudah cukup untuk memenuhi kalori tubuh.

Duduk Lama
Duduk lama juga bisa mengakibatkan perut buncit. Lemak perut tidak pernah digunakan dan dibakar sehingga timbunan lemak di bagian perut semakin banyak dan membuncit. Bagi pekerja yang mengharuskan duduk lama kondisi ini tidak bisa dihindari. Kombinasikan dengan makan makanan instant kaya gula dan garam maka semua kombinasi ini adalah formula untuk membesarkan perut. Solusinya sangat mudah, bila selesai kerja maka haruslah berolahraga. Olahraga yang banyak melibatkan otot perut sehingga bisa mengurangi lemak yang ditimbun pada bagian ini.

Tidur Sehabis Makan
Penyebab perut buncit yang lainnya adalah tidur sehabis makan. tidur sehabis makan tidaklah bagus untuk kesehatan. Lambung sedang berusaha mencerna makanan yang baru saja masuk, sedangkan kalori yang dihasilkan makanan tadi cukup banyak. Alhasil tubuh harus menyimpannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan karena nutrisi dan vitamin dalam makanan tidak bisa diserap sempurna oleh tubuh. Ahli gizi menganjurkan bahwa tidur sebaiknya 2 jam setelah makan makanan terakhir yang masuk ke perut. 

Junk Food
Junk food adalah sumber lemak kelas satu yang seharusnya dihindari. Namun kebanyakan orang lebih memilih makan junk food karena lebih enak dan gurih. Sayangnya, lemak yang terkandung didalam junk food juga banyak. Lemak akan disimpan dalam jaringan tubuh dan membuat perut semakin buncit. Solusi untuk masalah ini adalah mengatur pola diet. Diet sehat yang mengedepankan gizi seimbang bisa membuat konsumsi junk food berkurang. 

Jarang Olahraga
Olahraga adalah kunci membuat tubuh lebih sehat dan menghilangkan perut buncit. Jarang olahraga tentu memberikan dampak sebaliknya. Tubuh bisa terasa sangat berat karena kurang fit dan perut bisa semakin buncit karena tidak ada pembakaran lemak yang dilakukan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurang olahraga dan lingkar pinggang yang besar bisa menyebabkan berbagai penyakit timbul, seperti diabetes, jantung, stroke, dan lainnya. Olahraga adalah kunci bagaimana orang bisa hidup sehat dan bahagia.

Menunda Makan
Menunda makan ternyata bisa menjadi penyebab perut buncit, kenapa? Karena dengan menunda makan, orang bisa makan lebih banyak pada jam berikutnya. Keadaan inilah yang tidak baik. orang akan memasukkan makanan lebih banyak karena rasa balas dendam telah menunda makan tadi. Lemak yang ditimbun juga makin banyak dan perut menjadi buncit. Karenanya, penting untuk mengontrol nafsu makan. Selain itu, makan tepat waktu juga bisa mengurangi kondisi perut buncit.

Itulah beberapa penyebab perut buncit yang bisa anda ketahui sebelum mengatasi perut buncit. Selain itu mungkin anda sekarang mengalami minyak wajah yang berlebih? Bisa anda atasi dengan artikel ini, Baca: Mengatasi Minyak Wajah Berlebih

Berlangganan untuk email update gratis: