Tips Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah


Tips Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah
Tips Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah. Kulit wajah setiap orang memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis kulit berminyak, kering, dan normal. Bagi yang memiliki kulit normal, tida ada masalah khusus yang dihadapi karena kulit yang dimiliki memang tidak memiliki masalah. Akan tetapi bagaimana dengan jenis kulit lainnya seperti kulit kering atau kulit berminyak. Khususnya kulit berminyak, banyak hal yang harus dilakukan agar minyak pada wajah tidak memperburuk keadaan kulit wajah karena kulit wajah berminyak rentan mengalami masalah kulit seperti jerawat bahkan kulit kusam.

Kulit wajah dengan minyak berlebihan membuat penampilan wajah menjadi tidak menarik karena wajah tampak sangat mengkilap karena minyak berlebih tersebut. Wajah dengan produksi minyak berlebih akan sangat mudah kotor dan pada akhirnya tumbuh jerawat dan masalah kulit lainnya. Tips cara mengatasi minyak berlebih pada wajah akan memberikan efek yang bagus jika sesuai dan cocok dengan kulit wajah. Untuk itu perlu diketahui apa yang menjadi penyebab kulit wajah memproduksi minyak berlebih sehingga perawatan wajah bisa ditentukan dengan tepat.

Penyebab Minyak Berlebih pada Wajah

  • Keturunan
    Memiliki kulit wajah berminyak juga bisa disebabkan karena adanya faktor genetik atau keturunan. Walalupun demikian, produksi minyak yang berlebih masih bisa siminimalisir agar tidak menghasilkan minyak yang berlebih.
      
  • Kosmetik dan Produk Kecantikan 
    Menggunakan kosmetik atau produk kecantikan tertentu akan memberikan efek pada kulit wajah. Salah memilih kosmetik yang tidak sesuai dengan keadaan dan kondisi kulit akan memperburuk keadaan wajah sehingga produksi minyak akan semakin memburuk.
      
  • Perubahan Hormon
    Keadaan hormon yang tidak seimbang atau sering mengalami perubahan menjadi faktor penyebab produksi minyak berlebih pada wajah. Hal ini sering dialami oleh wanita yang sedang menstruasi atau sedang hamil.
       
  • Stress
    Stress yang dialami akan memberikan efek pada tubuh sehingga juga memicu pertumbuhan dan produksi minyak pada kulit menjadi berlebihan.
      
  • Pola Makan Tidak Sehat
    Sembarangan dalam mengonsumsi makanan tanpa adanya pemilahan apalagi makanan dengan kadar lemak tinggi akan memicu produksi lemak dalam tubuh menjadi lebih tinggi dan dikeluarkan melalui kulit.

Setelah kita mengetahui sejumlah alasan dan penyebab kenapa produksi minyak bisa berlebih pada kulit wajah, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk mengatasi produksi yang berlebih tersebut agar kulit wajah bisa kembali cerah dan terhindar dari kusam karena minyak yang menyelimuti wajah. Sebagai jalan keluar yang mudah, berikut ini tips cara mengatasi minyak berlebih pada wajah yang cukup efektif dan berguna.

Mengatasi Wajah Berminyak Berlebih

  • Timun
    Mengatasi minyak dengan menggunakan buah timun akan meminimalisir keberadaan minyak pada wajah. Caranya yaitu dengan mengiris timun secara melintang tipis kemusian tempelkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air. Selain mengurangi minyak pada wajah, irisan timun akan membuat wajah menjadi lebih segar.
      
  • Kertas Minyak
    Kertas minyak akan sangat efektif dan bisa digunakan dimana saja. Kertas minyak mudah didapat di banyak toko yang menyediakan perawatan kecantikan. Kertas minyak akan menyerap minyak pada wajah dengan cara menempelkan kertas minyak pada wajah atau menepuk-nepukkan kertas minyak pada wajah.
      
  • Daun Seledri
    Daun selendri akan dipotong-potong dan kemudian direbus dengan satu gelas air selama 5 menit. Setelah itu dinginkan air rebusan tersebut kemudian digunakan untuk dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan hingga air tersebut meresap dalam kulit dan mengering lalu dibersihkan dengan air bersih. Aplikasikan dua hari sekali dan minyak berlebih pada wajah berangsur-angsur akan menghilang.
      
  • Air Garam
    Air garam akan membersihkan minyak pada wajah yaitu sehari sekali mencuci muka dengan air yang dicampur dengan air garam dan minyak pada wajah akan menghilang dan wajah akan cerah kembali.
      
  • Masker Wajah
    Lakukan perawatan dengan menggunakan masker pada wajah minimal satu minggu sekali dan tentunya masker yang digunakan akan mengatasi masalah kulit berminyak. Bisa menggunakan buah-buahan tertentu untuk dijadikan sebagai masker agar minyak berlebih pada wajah bisa diatasi.
      
  • Produk Kecantikan yang Sesuai
    Ingin selalu tampil cantik namun tidak memperhatikan kondisi kulit maka hasilnya adalah sia-sia. Jadi, pilihlah produk kecantikan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit sehingga wajah akan selalu tampil cantik dan tanpa kilap.

Cara mengatasi minyak berlebih pada wajah yang disampaikan diatas merupakan tips dan cara yang sangat sederhana dan juga mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, selalu menjaga kebersihan kulit wajah akan menjadi solusi kesehatan kulit wajah yang diinginkan. Tidak perlu mahal untuk tampil cantik, dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan maka kecantikan kulit wajah akan terpancar dengan sendirinya. Diabetes menjadi masalah yang sering kita temui, dan apa penyebab serta bagaimana cara mengatasinya? Baca: Penyebab dan Mencegah Diabetes.

Berlangganan untuk email update gratis: