Tips Mencegah Penyakit Diabetes


Tips Mencegah Penyakit Diabetes
Tips Mencegah Penyakit Diabetes. Penyakit diabetes menjadi penyakit dengan jumlah penderita terbesar ke dua setelah penyakit Jantung di Indonesia. Gaya hidup yang tidak sehat disinyalir menjadi penyebab utama mengapa penderita penyakit degeneratif ini begitu banyak di negara berkembang, seperti Indonesia. Kebutuhan hidup yang banyak dan sempitnya peluang kerja membuat orang dalam usia prosuktif bekerja keras memenuhi kebutuhan hidup. 

Gaya hidup seperti ini, bekerja keras tanpa mengenal waktu dan pola makan yang tidak teratur, meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes. Karenanya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelumdivonis terkena diabetes sebaiknya dari sekarang mengubah pola hisup dengan hidup sehat, makan makanan sehat, olahraga dan diet yang sehat. Sebelum membahas tips mencegah penyakit diabetes, tidak ada salahnya apabila mengetahui penyebab penyakit diabetes terlebih dahulu. Agar kita semua bisa waspada dan mencegah dnegan benar.

Penyebab Penyakit Diabetes

  • Stress Tinggi
    Beban kerja yang tinggi sering kali mendatangkan beban pikiran yang menekan begitu berat. Akibatnya anda mengalami stress. Semakin banyak stress semakin tubuh tidak sehat karena banyaknya tekanan, pola makan yang kacau dan pola istirahat yang tidak menentu. Hal inilah yang mengakibatkan penyakit diabetes mengintai. Makanan tidak teratur mengakibatkan hormon dan gula darah naik turun tidak terkontrol. Tubuh dapat sedikit demi sedikit kehilangan kemampuan untuk mengontrol gula darah yang akhirnya menyebabkan diabetes.
     
  • Merokok
    Jangan salah, merokok juga bisa mengakibatkan resiko terserang penyakit diabetes lebih tinggi. Selain kandungan nikotin dan racun racun lain yang terkandung di dalamnya, rokok juga menyebabkan penikmatnya sering melewatkan waktu makan. mereka lebih memilih tidak makan dari pada tidak menghisap rokok. Karena inilah, perokok mempunyai resiko mengindap diabetes lebih tinggi. Sayangnya, Indonesia adalah negara dengan salah satu jumlah perokok terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia menjadi produsen rokok dunia.
      
  • Suka Ngemil
    Bagi anda yang menyukai ngemil, hati hatilah! Diabetes juga mengintai mereka yang menyukai mengudap makanan tanpa henti. Kandungan karbohidrat dan gula juga garam yang tinggi membuat tubuh tidak sehat dengan tumpukan lemak yang mengakibatkan tubuh menjadi gemuk. Semakin banyak ngemil, semakin besar lingkar pinggang anda, semakin tinggi resiko terserang diabetes. Terutama negmil makanan manis dan gurih.

Tiga penyebab penyakit diabetes di atas bisa memberikan langkah awal bagi kita untuk menentukan tips mencegah penyakit diabetes sebelum menyerang. Berikut adalah tips mencegah penyebab diabetes.

Mencegah Penyakit Diabetes

  • Diet Sehat
    Diet sehat disini berarti memperhatikan asupan makanan, apa yang dimakan, mana yang boleh dan tidak. Semuanya harus dipilih dengan seksama. Sebaiknya pilihlah makanan rendah karbohidrat, terutama bagi anda yang tidak punya waktu untuk berolahraga, namun kaya serat. Pilihlah makanan yang banyak mengandung buah dan sayuran. Kedua bahan makanan ini sangat bagus untuk tubuh, selain kaya serat, juga kaya vitamin dan zat zat lainnya yang berguna untuk kesehatan tubuh.
      
  • Perbaiki Pola Makan
    Perhatikan pola makan, bila biasa makan satu hari dua kali maka perhatikan jam makan anda. jangan lewatkan sarapan. Sarapan penting agar anda tidak merasa terlalu lapar saat siang hari. Makan siang harus diperbanyak dengan makan sayur dan buah dan sedikit karbohidrat. Makan malam usahakan makan tidak terlalu banyak dnegan menghindari karbohidrat berlebihan. Dengan pola makan yang baik, berat badan pun akan terjaga dan diabetes pun bisa diatasi.
      
  • Kurangi Gula dan Garam
    Kurangi asupan gula dan garam dalam makanan. Utamanya gula. Mengurangi makan makanan manis menjadi kunci utama agar tubuh tetap dalam kondisi fit, tapi bukan berarti menghindari gula dan garam sama sekali. Tubuh masih memerlukan gula dan garam, hanya saja batasi sekecil mungkin. Pilihlah gula rendah kalori sehingga tidak ada timbunan gula berlebih dalam darah.
       
  • Rajin Olahraga
    Olahraga menjadi kunci utama hidup dengan sehat. Olahraga membakar kelebihan lemak, membuat badan fit dan siap menghadapi apapun. Olahraga juga mengurangi tingkat stress yang kita alami. Lakukan olahraga paling tidak selama satu jam setiap harinya seminggu tiga kali. Dengan demikian badan jauh lebih sehat.

Dari beberapa tips mencegah penyakit diabetes diatas semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan bagi anda yang ingin mengatasi masalah wajah, bisa mencoba Tips Mengatasi Wajah Kusam.

Berlangganan untuk email update gratis: