Penyebab Penyakit Asma dan Cara Mengatasinya secara Alami


Penyebab Penyakit Asma dan Cara Mengatasinya secara Alami
Penyebab Penyakit Asma dan Cara Mengatasinya secara Alami. Penyakit asma merupakan penyakit gangguan saluran pernapasan yang mana keadaan paru-paru/bronchial tubes mengalami pembengkakan. Hal tersebut membuat keadaan pada terbatasnya kemampuan seseorang untuk bernapas. Ketika serangan asma menghinggapi seseorang maka segala sesuatu menjadi terganggu dan aktivitas yang dilakukan menjadi terbengkalai. Serangan asma yang selalu tiba-tiba memang sangat merepotkan karena seseorang yang menderita asma tidak akan bisa memprediksi kapan penyakitnya akan kambuh.

Penyakit asma merupakan penyakit yang akan membuat otot pada bagian dinding tenggorokan mengecil atau menyempit. Kemudian pada saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir yang berlebihan sehingga jalan napas akan tersumbat. Kejadian itulah yang akan menjadi penyebab penyakit asma yang dideritan. Ketika penyakit asma kambuh banyak gejala yang ditimbulkan dan pada setiap orang terkadang menghasilkan gejala yang berbeda dan terkada bisa membahayakan jika tidak dipedulikan dengan serius.

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang belum diketahui cara penyembuhannya secara total namun gejala yang menjadi penyebab penyakit asma bisa dikontrol. Pengontrolan itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang membuat asma kambuh. Pengontrolan tersebut bisa dilakukan secara medis ataupun secara tradisional dalam upaya menghidari kambuhnya penyakitnya asma yang lebih parah lagi.
  
   

Penyebab Penyakit Asma

Penyebab-penyebab pemicu munculnya penyakit asma memang harus diwaspadai oleh penderita ataupun orang yang memimiliki gejala asma. Bagi yang belum mengetahui apa saja penyebab penyakit asma, berikut ini adalah daftarnya.
  • Keturunan
    Banyak sekali jenis penyakit yang dibawa sejak lahir atau turunan, salah satunya adalah penyakit asma. Penyakit asma yang di derita oleh seorang anak disebabkan karena ada keluarga yang juga menderita penyakit yang sama baik itu dari pihak ayah atau pihak ibu. Walaupun demikian, penyakit asma bukanlah penyakit menular yang membahayakan.
      
  • Lingkungan
    Lingkungan yang kurang sehat dan kurang bersi juga bisa menjadi penyebab penyakit asma. Misalnya adalah lingkungan yang penuh dengan debu, asap, dan lainya.
      
  • Makanan
    Penyebab penyakit asma lainnya adalah karena mengonsumsi makanan yang tidak cocok seperti makanan siap saji yang mengandunga banyak penyedap MSG dan juga pengawet, minuman dingin dan es, kacang atau coklat mengandung allergen, dan kacang tanah.
      
  • Cuaca Dingin
    Suhu udara yang terlalu dingin juga bisa menjadi penebab penyakit asma menjadi kambuh dan juga timbul. Selain itu, penggunaan pendingin ruangan AC juga akan memicu penyakit asma menjadi kambuh.
Setelah mengetahui sejumlah penyebab terjadinya penyakit asma seperti daftar di atas, maka perlu dilakukan tindakan pengobatan dan pencegahan. Segera melakukan sejumlah pemeriksaan dan berkonsultasi ke dokter spesialis juga bisa mengurangi gejala asma yang dirasakan. Elain itu, selalu membawa alat semprot khusus untuk penyakit asma juga bisa menjadi penolong pertama ketika penyakit asma sewaktu-waktu kambuh. Melakukan pengobatan sedini mungkin akan mengurangi gejala yang menjadi penyebab penyakit asma walalupun tidak bisa sembuh sepenuhnya.
   
  

Cara Mengatasi Penyakit Asma

Selain dengan melakukan pengobatan secara medis, penyebab penyakit asma juga bisa diatasi dengan melakukan perawatan secara tradisional dan alami yaitu dengan mengonsumsi sejumlah ramuan dari bahan alam. Cara pengobatan penyakit asma secara alami adalah dengan ramuan berikut.

Seledri dan Daun Randu
Mengatasi penyakit asma dengan seledri dan daun randu caranya adalah dengan menggunakan 3 batang seledri ditambah 9 lembar daun randu kemudian ditumbuk halus untuk diambil airnya. Campurkan dengan segelas air hangat dan gula aren serta garam kemudian aduk. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari secara rutin hingga asma tidak kambuh lagi.

Bawang Putih dan Madu
Mengurangi gejala asma juga bisa diatasi dengan bawang putih dan madu caranya adalah dengan menggunakan 5 siung bawang putih kemudian di iris-iris dan di rebus dengan segelas air. Setelah air rebusannya berkurang menjadi ½ gelas campurkan dengan satu sendok makan madu. Minumlah ramuan ini dua kali sehari pagi dan sore hingga gejala asma tidak kambuh lagi.

Bunga Kenanga
Ramuan lainnya adalah dengan menggunakan bunga kenanga. Caranya adalah dengan menggunakan 15 gram bunga kenanga dan direbus dengan 200 cc air setelah airnya sudah tinggal setengah tuang ke dala gelas dan tambahkan dengan 1 sendok makan gula. Aduk rata lalu saring ramuan sebelum diminum.

Bunga Matahari
Pengobatan tradisional lainnya adalah dengan meminum ramuan dari bunga matahari. Caranya adalah dengan menggunakan sekuntum bunga matahari  dan gula batu lalu direbus dengan 500 cc air. Ketika air rebusan sudah tinggal setengah lalu tuangkan ke dalam gelas dan di saring sebelum di minum.

Dengan penyebab dan cara mengatasi penyakit asma tentunya akan diminimalisir agar tidak kambuh lagi dalam jangka waktu tertentu. Selain itu jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang manfaat pisang silahkan baca disini.

Berlangganan untuk email update gratis: