Inilah Penyebab sering Munculnya Penyakit Kulit


Inilah Penyebab sering Munculnya Penyakit Kulit
Inilah Penyebab sering Munculnya Penyakit Kulit. Penyakit kulit dapat dengan mudah menyerang tubuh kita, karena kulit adalah organ terluar di tubuh yang bisa dihinggapi berbagai jenis penyakit. Penyebab umum penyakit kulit adalah bakteri, alergi, virus, dan daya tahan tubuh yang lemah. Berikut ini adalah penyebab penyakit kulit dan jenis penyakit kulit yang menyerang tubuh kita, yaitu:


Penyebab Munculnya Penyakit Kulit

Dermatitis
Dermatitis atau eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan gelembung kecil pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Dermatitis dapat diobati dengan obat antihistamin. Untuk menghindari masalah kulit keirng, hindari mandi terlalu lama dan penggunakan sabun yang keras atau produk lain yang dapat mengganggu kulit.

Masalah Kulit Larena Infeksi
Infeksi kulit dibagi 3, yaitu infeksi yang disebabkan jamur, bakteri, dan virus. Tinea adalah infeksi jamur yang menyebabkan kulit merah dan daerah yang putih dan lembab. Tinea dapat diobati dengan krim anti jamur. Maka itu, jagalah kulit agar tetap kering dan hindari bahan yang dapat membuat kulit gatal.
  • Foliulitis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh ragi, foliulitis dapat diatasi dengan obat anti jamur.
  • Impetigo adalah infeksi bakteri pada kulit, dnegan luka berlapis keras berwarna merah-kuning. Impetigo dapat menularkan akar rambut, dengan menyebbakan bisul dan abses. Impetigo dapat diatasi dengan antibiotik.
  • Jerawat kecil yang seperti mutiara dapat disebabkan moluskum atau kriptokokus. Moluskum dapat menyebar dengan cepat dan harus segera diobati.

Cahaya Matahari
Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik untuk kulit dan cahaya matahari yang menyengat juga dapat menyebabkan kulit terbakar. Maka itu gunakan sunblock yang mengandung spf tinggi seperti lotion sunblock yang mengandung SPF 30/PA++ agar kulit anda terlindungi dari bahaya cahaya matahari.

Mandi
Penggunaan sbaun yang keras  misalnya sabun yang mengandung desinfektan dapat memperburuk masalah kulit. Jadi anda bisa menggunakan sabun yang halus, seperti sabun cair khusus bayi. 

Penyakit Kulit Viral
Penyakit ini disebabkan oleh virus. Cacar air dan campak adalah penyakit kulit viral. Penyakit kulit ini ditandai dnegan demam dan ruam kulit yang bisa menular.

Kanker Kulit
Kanker kulit atau neoplasia kulit banyak dialami oleh pria. Kanker kulit disebbakan oleh radiasi sinar matahari tertentu. Kanker kulit yang banyak terjadi adalah jenis sel basal karsinoma yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Karsinoma sel basal diawali dnegan benjolan kecil seperti kubah, tampak bening dan juga mengkilap.

Kusta
Kusta disebablam oleh myvrobacterium lepra yang interseluler obligat. Biasanya diawali dengan menyerang saraf tepi, lalu ke kulit, mukosa mulut, saluran pernafasan bagian atas, sistem endotelial, mata, oto, tulang, dan testis. Kusta adalah penyakit infeksi kronis. Tanda penyakit ini adalah bercak putih kemerahan, mati rasa pada otot tangan, kaki, dan mata, dan juga saraf tepi yang menebal.

Kurap
Kurap disebabkan oleh jamur, kurap sering muncul di rengkukg dan leher. Gejala usta adalah kulit menebanl, bersisik, berair, bercak keputihan dan gatal.

Bisul
Bisul disebabkan oleh bakteri (stafilokokus aureus) di kulit. Bisul bisa muncul melalui foikel rambut, kelenjar minyak atau keringat. 

Itulah beberapa penyebab penyakit kulit dan jenis-jenis penyakit kulit. Agar terhindar dari penyakit kulit, jagalah selalu kebersihan diri terutama kebersihan kulit. Ini dimaksudkan agar anda terhindra dari virus, jamur, dan bakteri yang biasanya menyebabkan timbulnya penyakit kulit. Baca juga Cara Mengatasi Stres pada Ibu Hamil.

Berlangganan untuk email update gratis: