Cara Mudah Mengatasi Stress pada Ibu yang Sedang Hamil


Cara Mudah Mengatasi Stress pada Ibu yang Sedang Hamil
Cara Mudah Mengatasi Stress pada Ibu yang Sedang Hamil. Memiliki anak untuk sepasang suami istri menjadi hal yang membahagiakan dan yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Dengan memiliki anak, maka kebahagiaan keluarga semakin lengkap. Hamil merupakan salah satu hal yang membahagiakan bagi perempuan, karena dengan hamil dan melahirkan bayi, seorang perempuan merasa telah menjadi wanita yang sempurna. Tapi dalam menjalani kehamilan pasti selalu ada masalah, seperti stress, depresi, dan emosi yang tidak stabil. Ini dikarenakan ketidak seimbangan hormon pada wanita hamil.

Wanita hamil membutuhkan ketenangan agar tetap bisa menjaga kehamilannya dengan baik dan terhindar dari stress. Stress dapat berakibat terhadap kesehatan ibu dan janin, serta kurang baik bagi pertumbuhan janin dalam kandungan ibu. Ada bebera faktor penyebab yang membuat ibu hamil mengalami tekanan mental atau stress, faktor-faktor tersebut, adalah:


Faktor Penyebab Ibu Hamil Stress

Kehamilan yang Tidak Diharapkan
Faktor ini timbul karena rasa cemas dan sedih pada ibu hamil yang disebabkan proses kehamilan yang tidak diinginkan sang ibu ataupun suaminya. Atau juga faktor ini dapat timbul karena kehamilan di luar pernikahan, mengingat pergaulan di kalangan muda tau remaja yang semakin bebas.

Perubahan pada Ibu Hamil
Perubahan hormonal misalnya gejala-gejala mual dan muntah ataupun karena bentuk tubuh yang semakin besar serta jerawat yang timbul pada wajah dapat menyebabkan stress pada ibu hamil.
  
Rasa Cemas saat Menghadapi Persalinan
Kurangnya pengetahuan tentang proses persalinan dapat membuat ibu hamil mengalami stress karena rasa cemas yang berlebihan.

Masalah Ekonomi
Mempunyai anggota keluarga baru berarti menambah pengeluaran yang harus dikeluarkan. Dari mulai biaya perawatan, biaya persalinan, biaya untuk perlengkapan bayi, dan biaya jangka panjang seperti untuk biaya sekolah sang anak kelak. Semua itu dapat memicu stress, pada ibu hamil bila tidak diiringi dengan kemampuan ekonomi yang cukup.
  

Cara Mengatasi Stress pada Ibu Hamil

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
    Ibu hamil harus selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ibu hamil juga harus pandai mengatur pola makan. Ini semua untuk kesehatan ibu dan janinnya.
      
  • Menjalani Masa Kehamilan dengan Bahagia
    Menjalani masa-masa kehamilan dengan perasaan bahagia adalah cara mudah mengatasi stress pada ibu hamil. Ini juga bisa mempererat keharmonisan dalam rumah tangga.
      
  • Mencari Pengetahuan tentang Cara Menjaga Kehamilan
    Ibu hamil dapat mencari-cari informasi dan pengetahuan dalam menjaga kesehatan ibu dan janinnya.
      
  • Banyak Bertanya
    Ibu hamil dapat banyak bertanya pada ibu-ibu yang sudah mempunyai pengalamn dalam proses kehamilan, persalinan, dan masa menyusui bayi nantinya.

  • Mendapat Dukungan dari Suami dan Keluarga Besar
    Dukungan dari suami dan keluarga besar penting  untuk mengatasi stress pada ibu hamil dan juga untuk memberikan semangat pada ibu hamil.
     
  • Istirahat dengan Nyaman
    Selain istirahat di rumah, ibu hamil dapat pergi berlibur dan memilih tempat berlibur yang nyaman. Perhatikan pola istirahat dan posisi tidur ibu hamil agar ibu hamil merasa nyaamn.
      
  • Mendengarkan Musik Klasik
    Mendengarkan musik klasir dapat meningkatkan mood dan dapat memberikan pengaruh baik terhadap janin. Lagu seperti beethoven atau lagu klasik lainnya dapat memebri ketenangan untuk ibu hamil dan janinnya.
      
  • Melaksanakan Senam Hamil
    Dengan melakukan senam hamil, maka mood dapat meningkat dan dapat berguna untuk memperlancar proses persalinan nantinya. Senam hamil dapat ibu lakukan sendiri dengan panduan video atau baiknya dengan di dampingi instruktur senam hamil.

Itulah beberapa cara mengatasi stress pada ibu hamil, semoga dengan adanya cara ini dapat mempermudah anda dalam mengatasi stres, selain itu dapat juga anda baca cara mudah mengatasi sakit gigi.

Berlangganan untuk email update gratis: