Tips Sehat untuk Penderita Asma WAJIB BACA


Tips Sehat untuk Penderita Asma
Tips Sehat untuk Penderita Asma. Asma atau sesak napas adalah salah satu penyakit yang sulit disembuhkan. Gejala asma dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.  Para penderita asma harus mengetahui tips sehat yang dapat dilakukan atau dijalani oleh para penderita asma. Berikut ini adalah tips ampuh mengatasi asma atau sesak napas, yaitu:'

  

Mengatasi Asma

Perhatikan Pola Makan Anda
Penderita asma sebaiknya menghindrai makanan yang banyak memproduksi lendir. Seperti susu, peremn, dan nasi putih. Ini memicu produksi lendir yang berlebihan yang dapat membuat paru-paru anda merasa terganggu dan sulit untuk bernafas. Kurangnya asupan cairan juga pada paru-paru juga dapat memicu terjadinya penyumbatan lendir. Maka dari itu penting bagi anda untuk banyak minum air putih bahkan kalau bisa minumlah air putih 10 liter sehari,  agar paru-paru anda dapat bekerja dnegan normal.

Jaga Kestabilan Emosi Anda
Penyakit asma dapat kambuh ketika anda tidak dapat mengontrol emosi anda. Ketika anda emosi maka sistem pernafasan menjadi berat dan sulit untuk menghirup udara. Sebaiknya hindari kondisi yang membuat emosi anda naik. Untuk memperlancar pernapasan pada penderita asma adalah datang ke tempat yang asri dna bersantai sejenak disana. Hindari kebiasaan merokok, sebab kandungan rokok dan asap rokok dapat berbahaya bagi paru-paru. 

Konsumsi Madu Hitam
Madu hitam memiliki manfaat bagi penderita asma atau sesak napas. Cobalah konsumsi madu hitam pahit ini sebanyak satu sendok setiap pagi dan malam hari. Dengan ini maka asma akan segera membaik.

Selain tips ampuh untuk mengatasi asma seperti yang sudah diapaparkan di atas, ada juga makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita asma. Makanan yang bagus untuk dikonsumsi penderita asma adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung antioksidan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Ini adalah beberapa buah dan sayuran yang baik untuk penderita asma:
  

Makanan untuk Penderita Asma

Kubis 
Kubis berguna untuk menghilangkan radikal bebas yang membantu kontraksi otot polos di saluran pernapasan bagian dalam. Kubis mengandung betakaroten yang merupakan antioksidan yang bisa mencegah dan mengurangi gejala asma.

Bayam
Banyak mengkonsumsi bayam dapat mengurangi resiko asma. Ini disebabkan karena bayam mengandung betakaroten, vitamin C, vitamin E, dan magnesium.

Pisang
Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2011 oleh tim peneliti Imperial College London, bahwa dengan makan pisang setiap hari bisa mencegah  datangnya penyakit asma. Peneliti tersebut menemukan bahwa anak yang makan 1 buah pisang perhari ternyata mengalami penurunan risiko gejala asma hingga 34 persen.

Jahe
Jahe mempunyai kandungan antioksidan yang mampu meredakan gejala asma dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Kunyit
Kunyit mengandung anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang dapat menyebabkan pembengkakan. Kunyit dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan ketegangan otot.

Itulah makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita asma. Selain tips ampuh untuk mengatasi asma dan makanan yang baik dikonsumsi penderita asma, ada beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan oleh penderita asma.
  

Olahraga untuk Penderita Asma

Yoga
Yoga adalah latihan pernapasan dan dapat mengaktifkan bagian paru-paru. Studi telah menemukan bahwa orang yang berlatih yoga 2,5 jam seminggu dan dilakuakn selama 10 mingu mampu mengurangi ketergantungan pada obat asma. 

Berjalan
Studi terbaru telah menemukan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 3 bulan dapat meningkatkan kontrol tubuh dan kebugaran sehingga resiko serangan asma dapat berkurang. Lakukanlah jalan dengan kecepatan sedang selama durasi setengah jam pada satu waktu dengan lima menit pemanasan dan lima menit pendinginan. 

Itulah beberapa tips sehat bagi penderita asma. Mulai dari cara ampuh mengatasi asma, makanan yang baik bagi penderita asma, dan olahraga yang baik dilakukan oleh penderita asma. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga Penyebab seringnya muncul penyakit kulit.

Berlangganan untuk email update gratis: