Mengatasi Pinggang Sering Terasa Sakit


Mengatasi Pinggang Sering Terasa Sakit
Mengatasi Pinggang Sering Terasa Sakit. Sering kali saat kita berdiri, duduk, membungkuk, jongkok, memutar atau memiring merasakan rasa sakit di pinggang hal tersebut bisa saja dikarnakan kesalahan sikap badan serta kurangnya berolahraga. Pada umumnya keluhan sakit pinggang erat hubungannya dengan susunan dan fungsi tulang belakang, tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi sehingga dapat melakukan gerakan-gerakan yang diinginkan seperti berdiri, duduk, jongkok, membungkuk, memutar atau miring.

Deretan tulang belakang tersebut membentuk lengkungan ke depan pada daerah leher dan pinggang dan lengkungan ke belakang pada daerah dada dan pinggul. Diantara tulang belakang yang satu dengan yang lainnya terdapat persendian sehingga memungkinkan gerakan berputar ke kanan dan kiri, diantara bagian-bagian dari unit fungsional tersebut semuanya mempunyai persarafan yang dapat mengantar rangsangan nyeri seperti proses penarikan, robekan, atau tekanan pada bagian tersebut peradangan pada bagian-bagian tersebut juga dapat menimbulkan gejala sakit pinggang. 

Nyeri dan kaku pada pinggang yang dirasakan pada pagi hari serta bertahun-tahun lama-kelamaan akan merambat ke atas tulang belakang yang dapat pula berakibat punggung menjadi lebih kaku dan punggung akan menjadi bungkuk. Ada beberapa cara mengatasi pinggang yang sering terasa sakit antara lain:

Mengatasi Pinggang Sakit

Latihan dan Olahraga
Olahraga teratur mengurangi nyeri pinggang dengan memperkuat dan peregangan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu mencegah cedera di kemudian hari. Untuk mengatasi rasa sakit pinggang anda dapat melakukan hal seperti berjalan jarak pendek, stretch dan melakukan latihan fleksibilitas, gunakan sepeda stasioner serta berenang.

Menurunkan Berat Badan 
Menurunkan berat badan juga bisa menjadi pereda nyeri pinggang. Hal ini karena kelebihan berat badan dapat membuat sakit pinggang menjadi memburuk karena semakin berat badan anda maka pinggang akan bekerja ekstra untuk membopong berat badan tersebut akibatnya pinggang menjadi sering terasa sakit.

Kompres
Setelah terkena cedera di punggung dianjurkan menggunakan kompres es di atas area cedera. Lakukan kompres es ini sampai 20 menit beberapa kali setiap hari jika masih terasa nyeri setelah 2 sampai 3 hari gunakan kompres hangat guna membantu mengendurkan otot-otot dan meningkatkan aliran darah serta mempercepat pemulihan.

Terap Fisik 
Istirahat dan olahraga merupakan cara yang biasa dipakai dalam mengatasi nyeri pinggang akan tetapi tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Terapi fisik manual adalah metode pengobatan nyeri pinggang bawah yang menggunakan jenis khusus dari terapi fisik untuk meredakan nyeri pinggang.

Terapi Pijat 
Terapi pijat lebih efektif dari pada chiropratic dan akupuntur untuk menghilangkan rasa sakit karena kejang otot termasuk nyeri pinggang. Manfaat dari terapi pijat ini yaitu perbaikan sirkulasi yang membantu meringankan nyeri otot, relaksasi otot yang membantu otot-otot bergerak tanpa rasa sakit dan meningkatkan endorfin (hormon yang dihasilkan tubuh sebagai penghilang rasa sakit alami).

Mandi Air Hangat 
Air hangat dapat mengurangi sakit pinggang dengan cara mengendurkan otot, membuat otot menjadi rileks dan melancarkan aliran darah sehingga nyeri pinggang akan segera pulih.

Penggunaan obat untuk mengatasi nyeri pinggang tidak di dilarang namun ada baiknya penggunaan obat ini jangan terlalu sering mengingat sebagian besar obat penghilang rasa nyeri memiliki efek samping yang kurang bagus bagi kesehatan lambung anda. Sakit pinggang ini biasanya tidak berlangsung lama sebagian besar nyeri pinggang berakhir atau hilang dalam beberapa hari sampai beberapa minggu dan jarang bertahan lebih dari 3 bulan akan tetapi apabila sakit pinggang berlangsung lama dan tak kunjung sembuh ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter guna mencegah penyakit tertentu. Baca juga Cara mengatasi keracunan.

Berlangganan untuk email update gratis: