Macam-Macam Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diketahui


Macam-Macam Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diketahui
Macam-Macam Penyakit Pada Bayi Yang Harus Diketahui. Masalah pada bayi janganlah dianggap sepele, pasalnya beberapa dari penyakit bayi bisa merenggut nyawa sang bayi hal ini dikarnakan bayi belum mempunyai kekutan untuk bertahan dibandingkan dengan orang dewasa, bayi  ataupun balita lebih rentan terhadap penyakit. Kondisi ini menunjukan geografis indonesia yang berada di daerah tropis menjadi variasi mikroorganisme yang merupakan penyebab penyakit lebih beragam.

Diperlukan pengetahuan terhadap penyakit-penyakit yang biasa menghinggapi bayi agar ayah ibu dapat bertindak cepat dan tepat dalam mencegah dan menanggulangi kondisi tersebut. Beberapa penyakit mungkin dianggap ringan dan biasa namun tetap saja anda harus waspada karena penyakit ringan pun bisa berakibat fatal bahkan bisa  mengancam nyawa sang bayi atau balita tersebut. Berikut penjelasan macam-macam penyakit pada bayi yang harus anda ketahui sebagai berikut:

Penyakit pada Bayi

Apnea (tidak bernafas spontan)
Apnea merupakan penyakit dimana seseorang tidak bernafas selama beberapa detik secara spontan ketika tidur. Tidak hanya orang dewasa, bayi yang baru lahir dan khusunya bayi prematurpun bisa mengalami apnea.

Sesak Napas
Bayi yang mengalami sesak napas akan mengalami kesulitan menarik nafas atau nafas bayi berbunyi disertai batuk dan wajah bayi akan berubah menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.

Ruam Popok 
Ruam popok merupakan penyakit yang membuat kulit bayi iritasi biasanya iritasi ini disebabkan oleh pemakaian popok yang tidak benar.

Kuning (jaundice)
Penyakit kuning ini biasanya membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning sampai batas tertentu penyakit ini tidak berbahaya akan tetapi harus  waspada jika kuning pada bayi tidak kunjung hilang.

Eksim Susu (dermatitis atopi)
Eksim susu merupakan salah satu masalah kulit paling umum ditemukan pada bayi mitosnya, dinamakan eksim susu karena ASI yang mengenai kulit di sekitar mulut bayi yang dapat menyebabkan bercak merah.

Batuk dan Pilek 
Virus bisa menjadi penyebab penyakit ini menyerang bayi. Segera bawa ke dokter jika batuk pilek tidak kunjung sembuh dalam waktu seminggu.

Infeksi Saluran Pernafasan
Infeksi saluran pernafasan merupakan segala bentuk infeksi yang menyerang saluran pernafasan atas (ISPA) tak jarang juga saluran pernafasan bawah. Infeksi saluran nafas ini bisa saja terjadi pada bayi baru lahir (newborn).

Infeksi Telinga Tengah 
Infeksi telinga tengah menyerang salah satu bagian telinga, yaitu telinga bagian tengan atau daerah sekitar gendang telinga.

Sembelit 
Biasanya terjadi karena bayi kekurangan cairan atau akibat perubahan makanan dan dimulainnya pemberi makanan padat pertama. Waspada jika sembelit masih terjadi lebih dari satu bulan.

Muntah 
Muntah bisa terjadi karena bayi kekenyangan ataupun terlalu banyak udara dalam lambung dan sebagainya.

Diare 
Virus yang biasa disebut rotavirus seringkali menjai penyebab diare. Ibu harus waspada jika diare disertai dengan darah.

Sakit Tenggorokan 
Sakit tenggorokan pada bayi bisa karena kuman atau virus yang menyerang tenggorokan, tanda-tanda fisiknya tenggorokan bawah merah  yang dapat terlihat pada bagian leher dan juga bayi terlihat seperti kesakitan, rewel dan biasanya sulit untuk menelan makanan.

Alergi 
Banyak hal yang dapat menyebabkan alergi pada bayi, yang paling sering alergi susu sapi ataupun susu formula. 

Jika terjadi kejang-kejang pada bayi disertai panas ataupun tidak harus segera di bawa ke rumah sakit terdekat agar mencegahnya terjadinya kerusakan otak pada bayi. Penyakit-penyakit tersebut memang biasa terjadi pada bayi akan tetapi bila kondisi semakin parah dan penyakit tak kunjung sembuh sebaiknya segera bawa ke dokter guna menghindari suatu jenis penyakit tertentu yng dapat membahayakan bayi anda. Baca juga Inilah Penyebab Penyakit Asma.

Berlangganan untuk email update gratis: