Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag


Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag
Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Maag. Penyakit maag atau gastritis, dan bisa dikenal juga dengan istilah tukak lambung ini bukan merupakan penyakit tunggal. Sakit maag mengacu pada beberapakondisi yang menyebabkan peradangan pada lambung. Biasanya, peradangan yang terjadi merupakan akibat dari adanya infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka pada lambung. Namun ada factor lain yang dapat memicu penyakit maag antara lain stress, pola hidup kurang sehat atau pola makan yang tak teratur.
   
Medis mengatakan  bahwa sakit maag atau gastritis didefinisikan sebagai kumpulan gejala (sindrom) rasa sakit atau rasa tidak nyaman di ulu hati, saluran pencernaan bagian atas dan organ sekitarnya. Gejala yang menyertainya adalah rasa mual, kembung, cepat kenyang, kurangnya nafsu makan, bahkan ada juga yang sampai muntah dan diare.
 

Makanan Penyebab Penyakit Maag

Cokelat
Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.

Minuman Bersoda
Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan pada lambung. Pasalnya, minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman.

Makanan yang Digoreng
Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati.

Minuman Beralkohol
Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Produk Olahan Susu yang Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak.

Cara Mengobati Penyakit Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang tidak bisa sembuh total, karena bisa sewaktu-waktu kambuh kembali, namun maag dapat diatasi. Selain dengan pengobatan menggunakan obat farmasi, penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Berikut ini ramuan tradisional untuk mengobati sakit maag, antara lain ialah :

Kunyit
Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.
diperlukan 2 jari tangan kunyit.
  1. Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang.
  2. Setelah itu, diperas melalui kain bersih.
  3. Hasilnya didiamkan dan diambil airnya.
  4. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Lidah Buaya (Aloe vera)
Aloenin dan Magnesiun laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung.
  1. Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum.
  2. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak 2 kali.
  3. Untuk memperbaiki rasa gel bisa diberi madu secukupnya.
  4. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini.

Kemangi hutan / Lampes (Ocimum sanctum)
Kemangi hutan berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 – 1,50 m. Dapat ditemui di seluruh Jawa dari dataran rendah.
Caranya adalah : sebagai obat tukak lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari.

Kencur (Kaempferia galanga)
Caranya: 1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari.

Cincau (Cylea barbata)
Caranya: 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.

Melihat dari penyebab di atas, pastinya sangat sering kita temui penyebab tersebut bahkan sangat nikmat sekali untuk dinikmati, tetapi tidak selamanya akan tetap nikmat. Salah satunya akan muncul penyakit maag, dan lebih baik mencegah dari pada mengatasi. Baca juga khasiat jahe untuk kesehatan akan kesehatan lebih terasa indah.

Berlangganan untuk email update gratis: