Manfaat Khasiat Jahe untuk Kesehatan


Manfaat Khasiat Jahe untuk Kesehatan
Manfaat Khasiat Jahe untuk Kesehatan. Jahe dalam bahasa latin yaitu Zingiber Officinale adalah tanaman yang sangat populer untuk menjadi rempah-rempah dan juga bisa dijadikan obat. Jahe termasuk tamanan rimpang, rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dari jahe sendiri lebih cenderung pedas yang di karenakan senyawa keton yang di sebut dengan Zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah dari jahe sendiri diberikan oleh Willian Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dan dari bahasa Sanskerta disebut juga Singaberi.

Jahe mempunyai kandungan, Kandungan dalam Jahe: Jahe merupakan salah satu tamanaman yang kaya akan khasiat kesehatan, misalnya salah satu senyawa yang terkandung didalam jahe yaitu Phenol, senyawa ini terbukti  memiliki efek anti-radang dan telah diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang di alami oleh otot. Selain phenol, rimpang jahe juga mengandung zingiberene dan shogol. Senyawa ini dikenal baik sebagai antioksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker dan juga jantung.

Senyawa penting lainnya  yang dijumpai pada rimpang jahe adalah minyak atsiri. Minyak atsiri juga mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah mereduksi nyeri, sebagai anti imflamasi dan juga membasmi bakteri yang tidak baik. Selain untuk kesehatan, minyak atsiri ini juga diketahui membawa aroma yang khas pada jahe. Semetara itu, minyak atsiri tersebut memiliki sensasi pedas jahe berasal dari zingiberen dan zingiberol yang juga sangat menggungah rasa.

Selain memiliki kandungan yang telah tertulis diatas, jahe masih memiliki banyak sekali komponen zat lain yang ditemukan dalamnya. Zat aktif tersebut antara lain mineral sineol, fellandren, minyak dammar, kamfer, zingiberin, borneol, zingiberol, gigerol (paling banyak terkandung pada jahe merah), asam aminos, vitamin A, B1, C, zingeron, lipidas, protein, niacin dan masih banyak lagi kandungan dalam jahe yang bermanfaat untuk kesehatan.
 

Manfaat Jahe untuk Tubuh

Membantu Pencernaan
Jahe mampu membantu melancarkan pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Obat Mual dan Masuk Angin
Jahe berguna juga sebagai obat untuk mengeluarkan angin dari tubuh, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Dengan mengkonsumsi jahe atau makanan olah jahe membuat lambung menjadi terasa nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas
Jahe mengandung antidioksidan yang dapat membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh masuk nya radikal bebas yang berada di dalam tubuh.

Mengobati Penyakit Rematik
Jahe juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit rematik ada cara sebelum mengkonsumsi olahan jahe tersebut, caranya adalah:
  1. Siapkan 1 sampai 2 rimpang jahe.
  2. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara
  3. Kemudian tumbuklah
  4. Hasil tumbukkan tersebut tempelkan pada bagian tubuh yang sakit rematik
  5. Obat Kompres Jika Demam

Tidak hanya jahenya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, daun jahe pun bisa digunakan untuk kesehatan yang salah satu nya obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Ada cara untuk menggunakan daun jahe ini untuk pengobatan, caranya antara lain:
  1. Siapkan beberapa daun jahe dan air
  2. Tumbuklah daun jahe tersebut dan diberikan sedikit air
  3. Hasil tumbukan bisa langsung digunakan sebagai obat pada sakit kepala dan dapat dipercikan airnya ke wajah orang yang sedang menggigil.
  4. Mencegah Siklus Menstruasi Tak Teratur

Manfaat jahe berikutnya adalah memberikan manfaat keteraturan siklus menstruasi untuk wanita. Jahe gula merah yang dicampurkan dalam the banyak dikonsumsi untuk mengurangi kram saat dating bulan seperti yang dilakukan di China contohnya.

Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah Untuk Penderita Diabetes
Para pakar kesehatan di berbagai rumah sakit ketika mendapati pasiennya menderita penyakit diabetes maka ia sangat menganjurkan kepada pasiennya untuk mengkonsumsi minuman jahe setiap pagi dengan rutin, karena hal tersebut akan mampu mengontrol kadar gula darah.

Menyehatkan Jantung
Dengan teratur mengkonsumsi jahe dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi resiko terkena penyakit stroke karena pada dasarnya jahe yang di konsumsi secara teratur mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dan akan berdampak pada jantun sehingga lebih sehat.

Menghilangkan Gatal Pada Tenggorokan
Tenggorokan yang gatal, dan berujung batuk – batuk bisa anda atasi dengan cara menjadikan jahe sebagai minuman hangat yang bisa anda konsumsi sebanyak tida kali dalam satu hari.

Dari manfaat jahe untuk kesehatan di atas, anda sudah bisa memilih mana yang baik mana yang tidak. Jadi, mengkosumsi jahe sangat baik untuk kesehatan masa depan anda. Baca juga manfaat khasiat tomat untuk kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: